'No. 6 Collaboration Project' Ed Sheeran Rajai Billboard

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 23/07/2019 08:55 WIB
'No. 6 Collaboration Project' Ed Sheeran Rajai Billboard Ed Sheeran tercatat meraih sukses besar dengan album 'No.6 Collaboration Project' yang telah lama diantisipasi. (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)
Jakarta, CNN Indonesia -- Album kolaborasi dari musisi Inggris, Ed Sheeran yang bertajuk No. 6 Collaboration Project menduduki posisi nomor satu di Billboard 200. Album ini dirilis pada 12 Juli lalu oleh Atlantic Records dan terjual sebanyak 173,000 kopi, termasuk 70,000 penjualan fisik dan hal ini tercapai hanya dalam waktu satu minggu.

Dengan kata lain, No. 6 Collaboration Project menempatkan Sheeran sebagai musisi pop terbesar tahun ini selama satu minggu. Album yang sama masuk dalam jajaran tujuh besar album terlaris tahun ini, mengikuti Jonas Brothers dengan Happiness Begins, (414.000 unit), Ariana Grande dengan Thank U, Next (360.000 unit), Billie Ellish yang memiliki When We All Fall Asleep, Where Do We Go? (313.000 unit), Backstreet Boys dengan DNA (234.000 unit), BTS yang berjaya lewat Map of The Soul: Persona (230.000 unit), dan Khalid dalam Free Spirit (202.000 unit).


Billboard menyebut album keempat Sheeran itu dengan 'bertabur bintang'. Di dalamnya, banyak nama-nama besar terlibat, seperti Eminem, Justin Bieber, Bruno Mars, Camila Cabello, Travis Scott, Cardi B, dan masih banyak lagi.


No. 6 Collaboration Project adalah album ketiga pelantun Shape of You yang berhasil menduduki posisi yang cemerlang di jajaran Billboard top 200, yang sebelumnya ditempati oleh album ÷ (Divide) pada 2017 dan X (Multiply) pada 2014.

Penampilan Ed Sheeran di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Mei 2019 lalu. (PK Entertainment, Sound Rhythm dan AEG Presents)

Setelah Sheeran, di peringkat dua ada album dari Billie Ellish yang bertitel When We Fall Asleep, Where Do We Go? yang tergeser dari posisi pertama. Di nomor tiga, ada The Revenge of The Dreamers III dari Dreamville yang merosot dari nomor 1 ke nomor 3 di minggu keduanya.

EP bertajuk 7 dari pelantun Old Town Road, Lil Nas X masih berada pada posisi ke empat, diikuti oleh album Indigo dari Chris Brown yang turun dari posisi tiga ke posisi terakhir. Menempati posisi enam, ada Lizzo dengan Cuz I Love You, sementara posisi ketujuh diduduki oleh Free Spirit dari Khalid.


Album dari rapper Post Malone Beerbongs & Bentleys menempati peringkat delapan. Dua nomor terakhir masing-masing diduduki oleh album terbaru Jonas Brothers berjudul Happiness Begins, dan ditutup oleh album Baby On Baby oleh rapper DaBaby.

Sheeran sendiri tak main-main dengan No. 6 Collaboration Project. Menurutnya, mengerjakan album tersebut membuatnya gembira. Bukan saja selalu menyukai kolaborasi, ia mengaku mengagumi rekan-rekan musisi yang membantunya. 

Sejauh ini, ia telah merilis sejumlah video musik dari album No. 6 Collaboration Project, antara lain I Don't Care bersama Justin Bieber yang sekaligus menjadi single pertama, disusul oleh Beautiful People bersama Khalid, Blow berkolaborasi dengan Chris Stapleton dan Bruno Mars, serta yang terbaru, Antisocial bersama Travis Scott.

[Gambas:Youtube] (taj/rea)