Music at Newsroom

Grrrl Gang, Band 'Santai' yang Sampai ke Asia Tenggara

Tim, CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 15:21 WIB
Grrrl Gang, Band 'Santai' yang Sampai ke Asia Tenggara Grrrl Gang mengaku tak pernah membayangkan akan menjalani kesuksesan seperti hari ini. (Foto: CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Unit indie pop Grrrl Gang asal Yogyakarta yang digawangi oleh Angee (vokal/gitar), Akbar (bas) dan Edo (gitar) mengaku segala yang terjadi setelah ketiganya memutuskan mengusung nama yang sama adalah tak terduga.

Tidak ada yang menyangka mereka akan meraih popularitas seperti hari ini, atau berhasil memperdengarkan lagu mereka di platform-platform musik, juga manggung di puluhan kota, sampai negara-negara Asia Tenggara.

Dalam kunjungan ke CNNIndonesia.com beberapa waktu lalu, Angee mengungkapkan, awalnya ia diajak untuk mengisi band kampus. Namun Akbar justru mengajaknya mendirikan band sendiri, terlebih setelah ia mengetahui Angee bisa bernyanyi dan menulis lagu.


"Bikin band sendiri aja," kata Angee, menirukan ucapan Akbar saat itu, yang kemudian diturutinya sehingga melahirkan Grrrl Gang.


Akbar, tertawa mendengar ucapan kawannya, mengatakan ide bikin band lantaran merasa ada kekosongan di antara band-band Yogyakarta. "Konsep besarnya, kita kan nge-organize band-band yang tur ke Yogya, cari band-band lokal Yogya buat main," tuturnya.

"Waktu itu, kita ada di satu point di mana, 'kok band-nya itu-itu doang (yang main) yang dari angkatan kita. Saya ngerasa ada missing link di angkatan kita, enggak ada band. Karena urgensi itu, saya mengajak Edo sama Angee untuk bikin band," lanjut Akbar.

Kegiatan bermusik Grrrl Gang diakui hanya untuk mengisi kekosongan waktu. Namun melalui sejumlah lagu, terutama setelah Bathroom/Thrills dirilis lengkap dengan visualnya yang 'menggemaskan', ketiga sekawan yang berkuliah di salah satu universitas Yogyakarta ini serta dalam tur yang diinisiasi oleh pihak label mereka, Kolibri Records.

Grrrl Gang, Band 'Apa Adanya' yang Grrrl Gang mengaku menikmati berbagai pengalaman baru yang dijalani. (CNN Indonesia/Hesti Rika)

Setelah menyelesaikan tur, Grrrl Gang melepas mini album Not Sad, Not Fulfilled yang berisi lima lagu. Lebih banyak kepala menengok kali ini, lebih banyak perhatian yang berhasil dicuri, hingga akhirnya Grrrl Gang menjalani tur beberapa negara tetangga seperti Singapura dan Thailand.

"Enggak nyangka," kata Angee sambil menggelengkan kepala. Ia segera menambahkan, "Tapi senang, senang sekali."


Ketiga personel Grrrl Gang duduk di balkon kantor redaksi CNNIndonesia.com hari itu, ditambah seorang kawan yang ditugaskan menggebuk drum, terlihat malu-malu sekaligus bersemangat. Setelah tampil di acara-acara lokal yang kerap disebut sebagai gig, mereka mulai melebarkan sayap ke festival berkelas nasional. Perlahan, mimpi lebih besar mulai diangankan.

"Saya benar-benar ingin bermain di Glastonbury," ujar Angee kemudian.

Akbar yang membutuhkan waktu lebih lama untuk menjawab lantas berkata, "FKY deh. Festival Kesenian Yogyakarta. Soalnya kita belum pernah diundang main di sana."

Trio Grrrl Gang bakal hadir di Music at Newsroom CNNIndonesia.com pada Jumat, 26 Juli. Mereka akan membawakan lagu-lagu dari mini album Not Sad, Not Fulfilled yang rilis pada 2018. (rea)