Fan Marah BTS Masuk Kategori K-Pop di MTV Video Music Awards

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 24/07/2019 13:47 WIB
Fan Marah BTS Masuk Kategori K-Pop di MTV Video Music Awards Kehadiran Best K-Pop, kategori baru di MTV Video Music Awards 2019 menuai protes dari para penggemar BTS, salah satu nomine. (Courtesy of Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tahun ini, untuk pertama kalinya, MTV Video Music Awards 2019 mengadakan kategori baru yang mengkhususkan penghargaan kepada para pelaku musik dari Korea, disebut sebagai Best K-Pop. Di dalamnya, ada BTS, BLACKPINK, Monsta X, NCT 127, EXO dan TXT.

Namun ternyata hal itu justru mengundang protes dari para penggemar BTS. Melalui Twitter, mereka mengecam kategori tersebut, menyebut MTV melakukan tindakan rasis dan xenofobia.

Beberapa penggemar berpendapat, BTS layak ditempatkan dalam satu kategori umum seperti Artist of The Year atau Video of The Year, misalnya, alih alih dikompetisikan dengan sesama artis Korea. BTS sendiri menjadi empat nomine, masing-masing di Best Collaboration bersama Halsey, Best Art Direction, Best Choreography dan Best K-Pop.


Salah satunya, seorang pengguna Twitter dengan nama akun @Ahlam_Neggaz yang menyempatkan diri membuat beberapa perbandingan. Ia mengungkapkan, Jonas Brother dan Billie Eilish masing-masing masuk nominasi kategori Video of The Year dan Artist of The Year, namun tidak dengan BTS yang penjualan album terbaru Map of The Soul: Persona telah melebihi penjualan Jonas Brothers maupun Eilish, baik secara digital maupun fisik.


Ia menjelaskan, BTS telah memecahkan begitu banyak rekor, seperti video musik Boy With Luv yang ditonton 74,6 juta kali dalam 24 jam pertama. Fan itu juga menyebutkan sejumlah pencapaian BTS lainnya.



Penjelasan tersebut segera mendapat sambutan dari penggemar lainnya. Akun @Jikookdaes berkata, "Kau tahu, saya tak peduli dengan acara penghargaan Anda. Catat ini. BTS akan mendapatkan Grammy tahun ini dan kami akan duduk dan menonton ketika Anda harus menjadikan mereka nomie untuk kategori artis terbaik tahun depan."



"Kau tahu apa yang membuat saya lebih marah daripada kategori K-Pop? Satu-satunya kategori lain di mana BTS menjadi nomine adalah Best Collaboration. Artinya, mereka butuh artis Barat agar bisa jadi nomine untuk kategori reguler. Situasi ini sungguh menyedihkan dan rasis," tulis akun @ivoryblossoms.



Fan Marah BTS Masuk Kategori K-Pop di MTV Video Music Awards BTS saat menerima penghargaan di Billboard Music Awards 2018. (REUTERS/Mario Anzuoni)
"Ada begitu banyak artis Barat berkata BTS adalah inspirasi. Nama mereka terangkat berkat visual video musik (BTS). (BTS) menjual album dengan empat versi dan warna berbeda. Mereka (artis lain) ingin berkolaborasi dengan BTS. Mereka menginginkan segala sesuatu dari BTS kecuali sebuah kompetisi dalam kategori di mana mereka tahu mereka tak akan menang," kata akun @JENDIOR.



Sementara akun @namjinheaven menambahkan, "VMA jika Anda akan melakukan hal ini (kategori K-Pop), di mana (kategori) Prancis-pop, Spanyol-pop, Jepang-pop, Brazil-pop, Martian-pop (diambil dari novel The Martian, kurang lebih artinya orang yang tinggal di Mars)? Katakan saja Anda tak mau memberi BTS apa yang seharusnya mereka dapatkan, dan menyingkirlah."



Melansir Variety, kategori K-Pop bukanlah satu-satunya yang spesifik. Kategori tersebut juga bukan yang pertama yang diperkenalkan dengan mewakili etnis atau wilayah asal tertentu. Sejak lama, MTV Video Music Awards telah memiliki kategori Best Latin.


Selain MTV VMA, pagelaran Grammy Awards pun melakukan hal serupa. Mereka mempunyai lebih banyak kategori, juga lebih spesifik seperti Best Latin Jazz Album, Best Gospel Album, serta Best American Roots Album.

Kategori-kategori spesifik itu pun tak luput dari kritik penggemar. Akun @vjkish18 menulis, "Jonas Brother untuk (kategori) Artist of The Year? LMAO! Dan apa yang dimaksud dengan kategori Latin-Pop dan K-Pop saat beberapa di antara mereka (para nomine) jelas-jelas lebih besar dan lebih menjual daripada artis berkulit putih? Bukankah semua artis layak jadi nomine dengan adil?"



Tak sedikit dari penggemar yang kontra tersebut mengancam untuk memboikot helatan MTV Video Music Awards. Hingga saat ini, belum ada komentar dari pihak MTV Video Music Awards maupun BTS sendiri.

[Gambas:Video CNN] (rea)