Mantan Kekasih Goo Hara Terancam 3 Tahun Penjara

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 26/07/2019 20:19 WIB
Mantan Kekasih Goo Hara Terancam 3 Tahun Penjara Masalah hukum yang melibatkan Goo Hara dan mantan kekasihnya Choi Jong-bum telah mendekati babak akhir. (screenshot via Instagram/@koohara__)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jaksa disebut telah menuntut Choi Jong-bum, mantan kekasih dari penyanyi Goo Hara, yang didakwa atas penyerangan fisik dan intimidasi untuk dihukum 3 tahun penjara.

Dilansir dari Hankook Ilbo, sidang akhir dilaksanakan di Pengadilan Sentral Distrik Seoul atas kasus yang menimpa mantan kekasih wanita berusia 28 tahun tersebut. Hal itu diputuskan setelah Goo Hara memberikan kesaksian di persidangan awal bulan ini.

Jaksa menjelaskan, "Kejahatan ini muncul dari sesuatu yang minor dan telah meninggalkan luka yang tak akan pernah sembuh kepada korban yang notabene adalah seorang selebriti perempuan. Kejahatan mengancam untuk menyebarkan (video seks) individu lain berdasarkan balas dendam harus diberikan hukuman yang berat, terlepas korban adalah selebriti atau bukan."


Choi Jong-bum didakwa atas pelanggaran undang-undang kasus khusus mengenai hukuman kejahatan seksual, yang meliputi merekam anggota tubuh tanpa persetujuan, penyerangan yang mengakibatkan luka fisik, intimidasi atau pemerasan, pemaksaan, serta penghancuran dan perusakan properti.

Sampai saat ini, Jong-bum masih menyangkal semua tuduhan kecuali penghancuran dan perusakan properti.

Jaksa pun menyinggung hal ini dalam argumen penutup. "Meski kejahatan yang dilakukan parah, tidak hanya terdakwa tidak pernah meminta maaf, ia tidak pernah menunjukkan penyesalan dan bahkan mengklaim bahwa ia mengalami kerugian melebihi Hara. Tindakan yang ia lakukan memang keterlaluan, dan fakta bahwa ia menyebabkan kerugian sekunder harus dipertimbangkan dalam keputusan."

Namun, pengacara Jong-bum mengatakan bahwa tim investigasi dan media telah menjebak dengan menyebut terdakwa sebagai 'pelaku' dari penyebaran video asusila dari mantan personel KARA tersebut. Ia menambahkan agar para juri mempertimbangkan kembali jika benar Jong-bum benar-benar orang yang tak baik.

Goo Hara dikabarkan sempat menderita depresi dan berusaha bunuh diri karena bermasalah dengan mantan kekasih. (screenshot via Instagram/@koohara__)
"Harap pertimbangkan kembali apakah benar Choi Jong-bum benar-benar orang yang tercela. Pernyataan Goo Hara juga tidak bisa sepenuhnya dipercaya," ujarnya.

Pernyataan pihak Jong-bum tersebut menuai respons balik dari perwakilan Hara, yang mengatakan, "Choi Jong-bum tidak pernah menunjukkan rasa sesal sedikitpun dari apa yang telah ia perbuat, dan terus melakukan hal-hal yang mengakibatkan kerugian sekunder dengan berkelit menggunakan alasan tidak berdasar."

Persidangan keputusan akhir untuk Jong-bum akan dilaksanakan pada tanggal 29 Agustus mendatang.

Prahara ini diawali dengan Hara yang dilaporkan oleh mantan kekasih atas tuduhan penganiayaan yang kemudian berbuntut video asusila. Masalah menjadi rumit hingga terjadi saling tuding antara Hara dan Jong-bum.

Karena perkara ini, Hara sempat depresi dan mencoba bunuh diri. Ia sempat dilarikan ke rumah sakit dan menjalani perawatan. Kini Hara dilaporkan telah pulih dan kembali menjalani aktivitas.

[Gambas:Video CNN] (taj/rea)