'Bumi Manusia' Bikin Iwan Fals Semangat Tulis Lagu

Tim, CNN Indonesia | Senin, 29/07/2019 03:57 WIB
'Bumi Manusia' Bikin Iwan Fals Semangat Tulis Lagu Iwan Fals akui dirinya penggemar penulis Pramoedya Ananta Toer. (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi legendaris Iwan Fals membaca banyak karya Pramoedya Ananta Toer saat pemerintahan Orde Baru. Larangan pemerintah saat itu tak mengurungkan niatnya untuk terus membaca Tetralogi Buru, termasuk Bumi Manusia.

"Saya baca Tetralogi Buru semuanya. Waktu itu bacanya masih 'gelap-gelapan' karena hanya baca bukunya Pak Pram saja kalau ketahuan kita bisa dipenjara waktu itu," ujar Iwan Fals di kawasan Jakarta Selatan beberapa waktu lalu.

Namun, hal itu malah membuat Iwan semakin terkagum-kagum kepada penulis asal Jawa Tengah itu. Terkhusus Bumi Manusia, buku itu ditulis ketika Pram masih diasingkan di Pulau Buru bersama ribuan tahanan politik lain karena dicap sebagai komunis.


Pramoedya Ananta Toer, dalam Bumi Manusia, juga menggambarkan masa kolonialisme Belanda saat itu. Semua dimasukkan secuil demi secuil sehingga mirip dengan kondisi asli dan bisa dijadikan salah satu referensi sejarah meskipun fiktif.

"Saya melihatnya (Pram) luar biasa orang ini. Bagaimana Pram dalam waktunya diasingkan tak jadi sia-sia," ucap Iwan.

Ia berterima kasih kepada Pramoedya Ananta Toer karena 'menemani' masa mudanya dengan karya-karya yang kuat dan mampu melecut pikiran untuk terus berkarya.

'Bumi Manusia' Bikin Iwan Fals Semangat Tulis LaguSolois Once Mekel mengaku tak merasakan pengalaman yang dijalani Iwan Fals terkait karya Pramoedya Ananta Toer. (CNN Indonesia/M. Andika Putra)
"Saya berterima kasih kepada Pak Pram karena menemani masa muda saya dengan bacaan semangat nasionalisme. Pas baca pagi tahu-tahu sudah sore, tahu-tahu sudah buka puasa. Tulisan Pak Pram sangat kuat dan membuat saya semangat menulis lagu," tuturnya.

Hal serupa disampaikan penyanyi Once. Ia mengatakan dirinya membaca buku Pramoedya Ananta Toer saat sudah 'terang benderang'. Dulu dirinya hanya mengetahui Pram merupakan penulis kelas dunia asal Indonesia dan yang menjadi satu-satunya yang diusulkan mendapat Nobel Sastra.

"Memang sangat menyentuh. Karakternya begitu hidup padahal dalam pengasingan risetnya relatif sedikit," tutur Once.

Once dan Iwan Fals akan 'menghidupkan' Bumi Manusia melalui lagu nasional Ibu Pertiwi. Lagu itu akan menjadi satu-satunya lagu tema film Bumi Manusia yang disutradarai Hanung Bramantyo. Suara solois Fiersa Besari juga akan mewarnai lagu Ibu Pertiwi.

Film Bumi Manusia akan menampilkan Iqbaal Ramadhan sebagai Minke, Mawar Eva De Jongh sebagai Annelies, serta Sha Ine Febrianti sebagai Nyai Ontosoroh. Ia juga didukung aksi Ayu Laksmi, Donny Damara, Jerome Kurnia, Giorgino Abraham, Bryan Domani, Christian Sugiono, Ciara Brosnan, dan Hans de Krekker.

Bumi Manusia akan tayang serentak di seluruh bioskop Indonesia pada 15 Agustus, bersamaan dengan film yang diangkat dari karya Pramoedya Ananta Toer lainnya, Perburuan.

[Gambas:Youtube] (chri/rea)