Lima Lagu Klasik yang Didaur Ulang Westlife

Tim | CNN Indonesia
Jumat, 02 Agu 2019 01:36 WIB
Grup vokal Westlife kerap dicemooh karena sering mendaur ulang lagu-lagu lama. Faktanya, You Raise Me Up sampai Uptown Girl versi Westlife sukses jadi hit. Westlife terkenal sebagai salah satu grup vokal yang kerap menyanyikan ulang lagu-lagu lama. (HANNIBAL HANSCHKE / POOL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Memiliki 10 album studio yang rilis sejak 1999 sampai 2010, grup vokal Westlife kerap mendaur ulang lagu-lagu lama. Kebanyakan tidak diaransemen ulang, hanya dibuat berbagi vokal saja. Karena hal ini, grup asal Irlandia tersebut kerap mendapat cemoohan.

Mulai dari Eminem sampai sesama personel grup vokal seperti Victoria Beckham dari Spice Girls dan Gary Barlow dari Take That, tak sedikit musisi dan penyanyi yang mengomentari pilihan daur ulang lagu tersebut.

Dalam sebuah wawancara, personel Westlife Mark Feehily mengungkapkan ia dan kawan-kawannya memang sering mendapat tawaran untuk menyanyikan ulang lagu-lagu lama. Bahkan, kata Feehily, mereka pernah ditawari membawakan lagu You Are Not Alone dari Michael Jackson.


Faktanya, keputusan itu tak salah. Formula lagu-lagu daur ulang itu terbukti berhasil, didengar dan disukai oleh publik. Berikut adalah lima lagu daur ulang yang sukses dibawakan oleh Westlife.

I Have a Dream

Lagu ini dinyanyikan pertama kali oleh grup vokal Swedia, ABBA. I Have a Dream termuat dalam album Voulez-Vous dan dirilis pertama kali sebagai single pada Desember 1979. Sejak awal kemunculannya, lagu tersebut telah meraih sukses besar, menduduki jawara tangga lagu di banyak negara dan diperdengarkan di mana-mana di Inggris saat minggu Natal tahun 1979.

Westlife bukan yang pertama membawakan ulang I Have a Dream. Sejak 1981, banyak sekali penyanyi yang melakukannya, termasuk di atas panggung sebagai setlist penampilan live. Namun versi yang dinyanyikan Westlife dalam debut tahun 1999 tercatat sebagai sukses terbesar. Uniknya, ABBA sendiri tak punya video musik resmi untuk lagu ini.

[Gambas:Youtube]

You Raise Me Up

Lagu gospel ini dilahirkan oleh duo Secret Garden. Meraih sukses, tetapi hanya dalam skala kecil di Inggris. Setelahnya You Raise Me Up laris dinyanyikan ulang oleh artis-artis lain, dan baru benar-benar meledak saat dibawakan oleh solois Josh Groban pada 2003, mencetak hit di Amerika.

Dua tahun kemudian, Westlife memasukkannya dalam album Face to Face (2005). Sekali lagi, mereka berhasil menambah nilai jual lagu ini. You Raise Me Up menjadi salah satu daur ulang tersukses Westlife sampai hari ini.

[Gambas:Youtube]

Lima Lagu Klasik yang Didaur Ulang Westlife Josh Groban pun meraup sukses besar dengan membawakan lagu You Raise Me Up. (REUTERS/Carlo Allegri)
Uptown Girl

Menceritakan soal seorang pria dari kelas pekerja yang jatuh cinta pada seorang gadis dari keluarga berada, Uptown Girl merupakan salah satu lagu dari musisi Amerika Billy Joel. Ia dirilis pertama kali pada September 1983, dari album kesembilan An Innocent Man.

Uptown Girl tidak sesukses Tell Her About It di Amerika. Seperti juga lagu-lagu klasik pada umumnya, Uptown Girl sempat dibawakan oleh banyak artis lain, meski tak ada yang sesukses Westlife. Lagu ini mengisi album Coast to Coast (2000).

[Gambas:Youtube]

Against All Odds

Diperdengarkan pertama kali pada 1984, Against All Odds merupakan buah tangan musisi veteran Phil Collins yang dibuat sebagai lagu tema dari film berjudul sama. Sejak awal, lagu ini memang dirancang sebagai balada cinta yang kuat dan lembut di saat bersamaan. Against All Odds sukses sejak awal rilis, terutama di Inggris, AS, Kanada, Irlandia dan Norwegia.

Pada September 2000, solois Mariah Carey dengan vokal melengkingnya berkolaborasi dengan Westlife untuk lagu populer ini. Against All Odds berhasil menduduki posisi satu di tangga-tangga lagu Inggris.

[Gambas:Youtube]

Mandy

Yang satu ini punya cerita sedikit lebih panjang. Tadinya, lagu ini bertajuk Brandy, ditulis oleh Scott English dan Richard Kerr pada 1971 untuk solo English. Ia didaur ulang masih dengan nama Brandy pada 1972, namun ketika solois Barry Manilow menyanyikannya kembali, ia mengubah Brandy menjadi Mandy karena pada saat yang sama, lagu Brandy (You're a Fine Girl) dari Looking Glass tengah populer.

Westlife lantas menyanyikan ulang pada 2003 di album Turnaround, berhasil menjadi sukses besar dengan menduduki posisi satu di Inggris.

[Gambas:Youtube]

[Gambas:Video CNN] (rea/rea)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER