Perjalanan Berliku Girls' Generation Selama 12 Tahun

Tim, CNN Indonesia | Senin, 05/08/2019 16:27 WIB
Perjalanan Berliku Girls' Generation Selama 12 Tahun Girls' Generation atau SNSD memiliki perjalanan berliku sebagai salah satu girlband senior di Korea Selatan. (dok. SM Entertainment via girlsgeneration.smtown.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Girlband Girls' Generation atau yang juga dikenal dengan SNSD genap berusia 12 tahun pada Senin (5/8). Pada 5 Agustus 2007, SNSD resmi debut ke industri musik Korea Selatan dengan lagu Into the New World.

Girlband buatan SM Entertainment ini awalnya beranggotakan sembilan orang yakni Taeyeon, Yuri, Hyoyeon, Sunny, Yoona, Tiffany, Jessica, Sooyoung dan Seohyun.

Saat itu, SNSD tak langsung meraih kesuksesan. Album pertama mereka, Girls' Generation terjual 56,804 kopi dan berada di posisi 12 dalam penjualan album terbaik tahun itu.


Perlahan tapi pasti, SNSD mulai menuju puncak kesuksesan pada 2009 ketika mereka merilis mini album Gee yang langsung terjual 100 ribu kopi di Korea Selatan.

Lagu Gee juga bertahan sebagai juara sembilan minggu dalam acara musik, Music Bank. Video musik ini telah ditonton lebih dari 233 juta kali sejak diunggah 10 tahun lalu.

[Gambas:Youtube]

Sejak saat itu, setiap single dan album terbaru SNSD pasti akan berada di posisi puncak setelah dirilis. Salah satunya adalah mini album kedua Tell Me Your Wish (Genie) pada Juni 2009.

SM Entertainment kemudian menyiapkan konser perdana SNSD pada November 2009. Tiket konser Into The New World langsung habis terjual dalam tiga menit.

Beberapa lagu SNSD yang sempat berada di posisi pertama lagu Korea adalah Oh!, Run Devil Run, Hoot, Mr. Mr, dan The Boys. Mereka pun kemudian 'dinobatkan' sebagai girl group nasional.

SNSD atau Girls' Generation menjadi salah satu grup vokal senior di dunia K-Pop. (dok. SM Entertainment via girlsgeneration.smtown.com)

Namun, SONE (panggilan bagi penggemar SNSD) harus mendengar berita buruk pada 29 September 2014 karena Jessica keluar dari SM Entertainment akibat permasalahan pengaturan jadwal. Girls Generation pun berlanjut dengan delapan anggota yang tersisa.

Pada Maret 2015, mereka kembali dengan lagu Catch Me If You Can.

Komposisi delapan anggota ini hanya bertahan hingga Oktober 2017. Tiga anggota lainnya, Tiffany, Seohyun dan Sooyoung hengkang dari SM Entertainment.

Saat itu, SM hanya mengatakan personel masih berdiskusi tentang keputusan mereka masih bisa mengikuti aktivitas SNSD atau tidak.

Lima member yang tersisa, Taeyeon, Yuri, Yoona, Sunny dan Hyoyeon pun kembali sebagai sub-unit baru Oh!GG dengan single Lil' Touch.

Meski sudah berbeda agensi, delapan anggota Girls Generation ini masih kerap terlihat bersama, seperti saat merayakan hari jadi SNSD ke-10 dua tahun lalu, pertemuan dadakan pada 18 Juli, hingga berkumpul untuk ulang tahun Tiffany.


[Gambas:Instagram]

Beberapa waktu lalu, Tiffany buka suara mengenai kemungkinan Girls' Generation kembali bersama. Hal itu disampaikan dalam konser solo, Tiffany Young Open Hearts Eve pada 3 Agustus.

Saat itu, Sooyoung dan Seohyun turut hadir dan menampilkan remix lagu-lagu debut Girls' Generation. Penggemar pun meneriakkan harapan supaya Girls Generation kembali bersama.

"Kami sering bertemu dan berfoto. Kami akan berikan itu sebagai hadiah bagi penggemar. Kalian tahu saya kan? Hasilnya harus baik. Kami akan mendiskusikannya (kembali) dengan baik," kata Tiffany.

[Gambas:Video CNN]
(chri/rea)