5 Alasan untuk Menonton Drama Korea 'Hotel del Luna'

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 07/08/2019 18:31 WIB
5 Alasan untuk Menonton Drama Korea 'Hotel del Luna' Drama Korea 'Hotel del Luna' mencatat banyak peraihan yang bahkan memecahkan rekor mereka sendiri. (dok. Hancinema/ TvN)
Jakarta, CNN Indonesia -- Drama terbaru tvN, Hotel del Luna mendapat respons menakjubkan di Korea Selatan sejak penayangan episode pertama pada Juli lalu. Mulai dari episode pertama hingga episode delapan yang tayang akhir pekan lalu selalu mendapat rating tinggi.

Seperti pada awal pekan ini, melansir Good Data Corporation, Hotel del Luna berada di posisi puncak dengan 34,03 persen dalam daftar drama yang layak ditonton. Posisi itu sudah dipertahankan selama empat minggu berturut-turut.

Drama ini bahkan mengalahkan ratingnya sendiri pekan lalu. Berdasarkan Nielsen Korea, episode delapan yang tayang pada 4 Agustus meraih rating 10,1 persen. Angka itu mengalahkan perolehan episode sembilan dengan 9,1 persen.


Sejumlah pemeran Hotel del Luna masuk 10 besar artis terpopuler dalam sepekan. Mulai dari IU di posisi pertama, Yeo Jin-goo di posisi tiga, Lee Do-hyun di posisi lima serta Mina Gugudan di posisi 10.

Hotel del Luna menceritakan kisah IU yang berperan sebagai Jang Man-wol, seorang CEO hotel. Hotel itu merupakan tempat peristirahatan sementara para arwah di Bumi sebelum melanjutkan perjalanan ke alam baka.

Dalam pengelolaan hotel, IU merekrut Yeo Jin-goo, seorang lulusan Universitas Harvard yang baik hati namun takut pada hantu.

Lima hal di bawah ini bisa menjadi alasan pencinta drama bisa mulai menonton Hotel del Luna :

5 Alasan untuk Menonton Drama Korea 'Hotel del Luna'Aktris dan penyanyi IU mendapat karakter peran utama dalam drama Korea 'Hotel del Luna'. ( hancinema.net)
1. Ditulis Hong Sisters

Naskah Hotel del Luna ditulis oleh Hong Jung-eun dan Hong Mi-ran atau yang lebih dikenal dengan Hong Sisters. Mereka sudah lama berkecimpung dalam dunia drama Korea.

Sejumlah karya Hong Sisters kerap menjadi hit di Korea, bahkan Indonesia. Mulai dari Sassy Girl Chun-hyang, My Girl, You're Beautiful, My Girlfriend is a Gumiho, dan The Greatest Love.

Mereka pernah memenangkan penghargaan penulis drama terbaik melalui The Greatest Love dalam MBC Drama Awards 2011.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hong Sisters lebih sering membuat drama bergenre fantasi dan misteri namun tetap menambahkan sedikit unsur romantis dan komedi seperti Big, Master's Sun dan Hwayugi (A Korean Odyssey).

Hotel del Luna bisa dibilang paket lengkap sebab memiliki unsur fantasi, misteri, percintaan, komedi hingga horor. Termasuk menyelipkan isu yang sedang ramai dibicarakan saat ini, seperti kasus Jung Joon-young baru-baru ini.

Dalam satu episode, penonton bisa tertawa terbahak-bahak, terkaget-kaget bahkan menangis. Setiap episode mengandung misteri yang bisa membuat penonton mulai berpikir apa yang sebenarnya terjadi dalam drama ini.

Hong Sisters pun dengan piawai memotong tiap episode yang bisa membuat penonton tak sabar menantikan episode selanjutnya.

2. Sinematografi Menawan

Mulai dari episode pertama, Hotel del Luna sudah menyajikan sinematografi mengesankan. Drama yang memiliki alur maju mundur ini menunjukkan keindahan alam Korea ratusan tahun lalu serta perubahannya di zaman sekarang.

Wujud Hotel del Luna sendiri pun cukup menarik perhatian. Bagi orang biasa, hotel tersebut terlihat sangat biasa. Hotel del Luna ditampilkan sebagai bangunan tua berwarna merah bata.

Namun bagi para arwah atau manusia yang memiliki indra keenam, Hotel del Luna merupakan bangunan yang sangat megah dan menjulang seperti pencakar langit.

Hotel itu juga digambarkan memiliki lobi yang sangat megah, bahkan laut lepas sebagai kolam renang yang bisa digunakan para arwah. Kamar-kamarnya pun tak seperti hotel kebanyakan. Setiap kamar pasti berbeda karena disesuaikan dengan keinginan arwah yang hendak beristirahat di sana.

5 Alasan untuk Menonton Drama Korea 'Hotel del Luna'IU dan Yeo jin-goo terlihat memiliki koneksi kuat dalam drama Korea 'Hotel del Luna'. (dok. tvN)
3. Chemistry Para Bintang

Ikatan para pemeran dalam Hotel del Luna menambah keseruan sendiri saat menonoton. IU dan Yeo Jin-goo mampu memperlihatkan hubungan CEO hotel dan manajer yang menggemaskan.

Hubungan antara karyawan hotel dengan IU selaku CEO memberikan warna dan perasaan tersendiri saat menonton. Terlebih, ditambah penggambaran koneksi antara Mina Gugudan serta P.O Block B yang menarik perhatian.

Drama ini juga bertabur banyak bintang seperti Lee Do-hyun dan Lee Tae-sun dari masa lalu IU. Aktor senior Shin Jung-geun sebagai bartender serta Bae Hae-sun sebagai Kepala Layanan Kamar dalam Hotel del Luna.

Beberapa nama besar menjadi cameo Hotel del Luna seperti Oh Ji-ho, Lee Joon-gi, Lee Si-eon, Kim Mi-eun, Lee Yi-kyung, Pyo Ye-ji, Kim Joon-hyun dan Lee Min-ryeong.

Dalam episode selanjutnya, Sulli dan Nam Da-reum juga disebut akan menjadi cameo.

4. Orisinal Soundtrack

Keindahan visual serta sinematografi drama ini disempurnakan dengan lagu tema yang mampu mengaduk-aduk emosi ketika menonton.

Seluruh orisinal lagu tema Hotel del Luna diproduseri Song Dong-woon yang sebelumnya menangani lagu tema drama Descendants of the Sun, It's Okay, That's Love dan Scarlet Heart: Goryeo.

Hotel del Luna tak main-main pengisian lagu tema. Musisi yang sudah punya nama sebagai pengisi lagu tema drama hadir dalam Hotel del Luna, mulai dari Gummy, Taeyeon SNSD, Paul Kim, Heize, 10cm, Punch dan Monday Kiz serta Yang Da-il.

[Gambas:Youtube]

Lagu Remember Me yang dinyanyikan Gummy atau yang disebut sebagai OST Queen langsung menyapu bersih seluruh posisi pertama dalam tangga lagu Genie, Mnet, Bugs, Olleh Music, Soribada dan Naver ketika dirilis pada 4 Agustus.

[Gambas:Youtube]

5. Parade Fesyen dan Makanan

Dalam Hotel del Luna, IU digambarkan sebagai CEO yang gemar menghambur-hamburkan harta untuk pakaian, mobil mewah bahkan yacht.

Pakaian IU dalam setiap episode sangat menarik perhatian. Salah satunya, ia bahkan sempat terlihat seperti Audrey Hepburn.

IU juga gemar makan dalam drama ini. Dalam Hotel del Luna, IU dan Yeo Jin-goo punya banyak adegan makan, mulai dari dimsum hingga caviar.

Hal itu bisa dilihat dalam Instagram Jang Man-wol. Sejak episode pertama Hotel del Luna, akun @fullmoon.long sudah meramaikan dunia maya. Para penggemar meyakini IU sendiri yang mengelola akun Instagram tersebut.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)