5 Video K-Pop dengan Visual Ciamik

CNN Indonesia | Minggu, 11/08/2019 16:49 WIB
5 Video K-Pop dengan Visual Ciamik Red Velvet. (Dok. SM Entertainment via youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tata visual dan artistik dalam video musik para musisi K-Pop sering dinilai memiliki 'rasa' yang berbeda dari video musik pada umumnya.

Mereka berani bermain di ranah visual, mulai dari warna dan konsep yang tidak biasa. Mereka juga dinilai berani menambahkan elemen-elemen yang dinilai 'aneh' sehingga memiliki ciri khas tersendiri.

Dari begitu banyak video musik K-Pop yang unik nan ciamik, CNNIndonesia.com memilih lima di antaranya yang patut Anda


LOONA - Butterfly (2019)

LOONA adalah sebuah grup idola besutan agensi baru bernama Blockberry Creative.

Mereka beranggotakan 12 orang dan telah memperkenalkan anggotanya dengan single solo masing-masing sejak 2016. Mereka kemudian debut sebagai grup lengkap pada 2018 dan melepas mini album [ + + ].

Single 'Butterfly' adalah lagu comeback pertama mereka. Lagu ini merupakan lagu utama dari album [ X X ], kemas ulang dari album [ + + ].

Lagu 'Butterfly' memiliki pesan emansipasi untuk para perempuan yang mereka tuangkan dalam video musiknya. Video itu menampilkan representasi para perempuan di seluruh dunia dari berbagai ras, agama, dan bentuk tubuh.

Video musik ini dirilis pada Februari lalu dan juga merupakan video musik K-Pop pertama yang menampilkan perempuan berhijab.

[Gambas:Youtube]

Red Velvet - One of These Nights (2016)

Red Velvet merilis video musik 'One of These Nights' pada 2016. Lagu ini merupakan lagu utama dari album mereka 'The Velvet'.

Video musik ini disebut-sebut terinspirasi dari sebuah dongeng tradisional Korea Selatan 'Gyeonwu dan Jinkyeo'.

Video ini menampilkan sisi melankolis dan elegan dari Red Velvet, mulai dari musik sampai tata warna dalam video.

Hal ini benar-benar berseberangan dengan lagu comeback mereka sebelumnya 'Dumb Dumb', yang menawarkan musik energik dan warna yang cerah.

[Gambas:Youtube]

SEVENTEEN - Oh My! (2018)

Video dari lagu 'Oh My!' mendapatkan penghargaan dari Mnet Asian Music Awards 2018 untuk penampilan tari terbaik dari grup pria. SEVENTEEN memang sering dinilai oleh netizen Korea sebagai grup pria dengan koreografi paling rapi dan kompak.

Video 'Oh My!' menawarkan sisi belia dan ceria dari SEVENTEEN yang digambarkan dengan warna yang cerah dan kontras. Video ini juga menyajikan tata artistik yang minimalis yang sudah dapat dilihat dari adegan pertama saat video dimulai.

[Gambas:Youtube]

TXT - Nap of a Star (2019)

TXT atau 'Tomorrow x Together' adalah boyband besutan Big Hit Entertainment, agensi dari boyband fenomenal BTS. Lagu ini adalah lagu R&B dengan tempo lambat, berbeda dengan lagu debut mereka yang energik bertitel 'CROWN' (2019).

Musik video yang dibuat untuk lagu ini terlihat sangat unik. Video ini menyajikan layaknya sebuah film pendek yang dibagi menjadi 3 babak dengan durasi 5 menit 33 detik. Mereka menyajikan cerita layaknya sebuah film fantasi yang agak gelap dengan cerita tentang kebersamaan.

[Gambas:Youtube]

Tiffany Young - Runaway (feat. Babyface & Chloe Flower) (Korean Remix)

Sejak hengkang dari SM Entertainment pada 2017, Tiffany mulai berkarir solo di AS. Pada April 2019, ia merilis EP bertajuk 'Lips on Lips' dan memuat 'Runaway' sebagai salah satu lagunya. Dalam lagu ini, ia berkolaborasi dengan seorang penyanyi R&B Amerika.

Lagu 'Runaway' versi asli dinyanyikan penuh dalam bahasa Inggris, namun Tiffany memutuskan untuk membuat versi bahasa Korea dari lagu ini dan menggandeng pianis klasik Chloe Flower Juni lalu.

Video musik untuk lagu remix ini memberikan kesan hangat karena menyajikan palet warna kuning. Tiffany menyuguhkan tema vintage ala '60-an yang dapat dilihat dari tata rias dan tata busana.

[Gambas:Youtube] (taj/end)