'Old Town Road' Lil Nas X Bikin Kesal Pejabat Kota

Tim, CNN Indonesia | Senin, 12/08/2019 08:35 WIB
'Old Town Road' Lil Nas X Bikin Kesal Pejabat Kota Tak hanya sukses, Lil Nas X juga sebabkan masalah melalui lagunya 'Old Town Road'. (Noam Galai/Getty Images for BuzzFeed/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rapper Lil Nas X tidak hanya menikmati sukses besar melalui lagu Old Town Road, belakangan ini ia juga 'menyebabkan' beberapa masalah.

Old Town Road yang dirilis pada Desember 2018 itu pertama kali populer melalui aplikasi TikTok. Hasilnya, Lil Nas X mengikat kontrak dengan Columbia Records yang lantas mendistribusikan lagu itu. Sampai sekarang, lagu itu telah dinobatkan sebagai pemegang posisi puncak Billboard Hot 100 terlama, melampaui capaian One Sweet Day milik Mariah Carey dan Boyz II Men.

Masalahnya, Old Town Road benar-benar ada di Massachusetts, AS, menjadi nama jalan di kota Wellesley. NME melaporkan, kini masyarakat tak dapat berhenti mencuri papan penanda jalan itu.


Di Wellesley, para pejabat setempat telah berurusan dengan orang-orang yang mencuri tanda jalan Old Town Road, setidaknya tiga kali dalam beberapa minggu terakhir.

"Tindakan seperti ini lebih seperti seseorang yang membuat lelucon, tetapi membuat kota mengeluarkan banyak uang dan menghabiskan waktu untuk menggantinya, memasang ulang dan memperbaiki yang rusak," kata manajer komunikasi Wellesley, Stephanie Hawkinson.

Ia lantas memperingatkan bahwa ada konsekuensi serius jika orang tetap mencuri tanda jalan itu, terlebih jika tindakan itu menyebabkan permasalahan lebih lanjut. "Bisa saja berhubungan dengan hidup-mati seseorang. Saya tahu hal itu terdengar dramatis, tetapi itu betul dan menjadi kemungkinan menakutkan," katanya.

Belakangan, Wellesley memutuskan untuk tidak mengganti papan dengan yang baru bila Old Town Road masih diperdengarkan di mana-mana. Alih alih, mereka memilih untuk menjual replika penanda jalan.

Melalui layanan streaming musik, Old Town Road telah mendapat banyak capaian. Sejauh ini, lagu itu telah di-remix sebanyak empat kali, termasuk oleh Diplo dan RM dari BTS. Ia pun menjadi raja di banyak negara Eropa sampai Australia.

[Gambas:Youtube]

Mariah Carey sendiri sempat mengunggah apresiasi atas capaian Lil Nas X itu. Melalui Instagram, ia mengucapkan selamat dan menyempatkan diri menyinggung karyanya One Sweet Day yang rilis pada 1995.

[Gambas:Instagram]

"Mengirim cinta dan selamat kepada Lil Nas X atas memecahkan rekor menjadi lagu dengan posisi puncak terlama dalam sejarah musik!," kata Carey dalam unggahan tersebut.

"Kami telah diberkati untuk memegang rekor ini dengan sebuah lagu yang bermakna besar bagi Boyz II Men dan saya sendiri, juga bagi banyak orang," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN] (rea)