Mira Lesmana Akui Tak Terpikir Bakal Bikin Film 'Bebas'

CNN Indonesia | Rabu, 14/08/2019 21:10 WIB
Mira Lesmana Akui Tak Terpikir Bakal Bikin Film 'Bebas' Mira Lesmana mengungkapkan awalnya ia tak pernah terpikir untuk membuat film 'Bebas', apalagi diadaptasi dari film Korea Selatan. (Dok. Miles Films via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Riri Riza dan Mira Lesmana resmi merilis poster dan trailer resmi film 'Bebas', Rabu (14/8), sebelum tayang di bioskop pada 3 Oktober mendatang.

Trailer dari film ini merupakan pengembangan dari cuplikan yang dirilis bulan lalu, berisi gambaran dari plot film 'Bebas' yaitu tentang kerinduan untuk kembali ke masa remaja yang hilang.

Cerita berpusat pada Vina dewasa (Marsha Timothy) yang membuka album foto saat ia SMA dulu. Foto-foto dari album tersebut menunjukkan masa-masa yang penuh tawa, juga pada masa di mana Vina remaja pertama kali pindah sekolah ke Jakarta.


Pada suatu hari, Vina dewasa bertemu dengan Kris (Susan Bachtiar) dewasa di rumah sakit secara tidak sengaja. Kris yang divonis bahwa hidupnya tidak lama lagi meminta Vina untuk mengumpulkan kembali Geng Bebas untuk bertemu terakhir kalinya.

Vina kemudian menemukan sahabat-sahabatnya, Jessica (Indy Barends), Jojo (Baim Wong), Gina (Widi Mulia), sedangkan Suci yang misterius keberadaannya.

Film 'Bebas' ini diadaptasi dari film box office Korea, Sunny (2011). Sebelum mengerjakan film 'Bebas', Mira Lesmana mengaku ia tidak pernah memiliki bayangan akan membuat film yang mengadaptasi film dari negara lain.

"Saya tidak pernah membayangkan untuk mengadaptasi film dari negara lain. CJ (entertainment) menemui kami saat kami berada di Busan dan berkata bahwa mereka adalah penggemar dari AADC [Ada Apa dengan Cinta, 2002]," kata Mira Lesmana saat ditemui di acara perilisan poster dan trailer film 'Bebas' di Jakarta, Rabu (14/8).

"Kami ditawarkan untuk membuat film adaptasi dari 'Sunny'. Riri sudah nonton duluan, dan habis itu dia bilang 'Mir, lo pasti suka deh'. Dari situ saya setuju, karena dari sisi struktur sudah sangat bagus, dan itu adalah sebuah advantage bagi kami," lanjutnya.

Mira Lesmana juga mengatakan bahwa alasan lain yang membuatnya setuju membuat ulang film ini adalah karena cocok sebagai potret generasi '90-an dan sekarang.

[Gambas:Instagram]

Mira pun mengatakan, ia dan timnya tidak begitu mengubah struktur dari Sunny. Namun ia lebih menggali konten lokal, khususnya budaya remaja Jakarta juga Indonesia.

Film 'Sunny' sendiri merupakan film bergenre drama komedi.

Sunny berkisah tentang siswa pindahan sekolah menengah baru Na-mi (diperankan Shim Eun-Kyung) berasal dari sebuah kota kecil di Provinsi Jeolla ke sekolah barunya di ibu kota Seoul.

Pada hari pertama di sekolah baru, dia mendapatkan intimidasi oleh orang lain dan akhirnya mendapat bantuan dari sekelompok perempuan.

Geng gadis itu kemudian ada yang dikenal karena mampu bertarung, ada yang menggilai operasi plastik, gemar memaki, penggemar sastra, hingga bermimpi memenangkan ajang kecantikan.

Film 'Sunny' disutradarai oleh Kang Hyung-Chul (Swing Kids) dan pertama kali rilis di Korea Selatan pada 4 Maret 2011.

[Gambas:Youtube] (taj/end)