Iqbaal Tuduh LANY Bohongi Fan Soal Kisruh Konser

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 15/08/2019 13:44 WIB
Iqbaal Tuduh LANY Bohongi Fan Soal Kisruh Konser Iqbaal Ramadhan mengaku kecewa kepada band LANY, di mana seharusnya bandnya Svmmerdose menjadi pembuka konser yang diadakan di Jakarta, Rabu (14/8). (CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Musisi sekaligus aktor Iqbaal Ramadhan bercerita tentang kisruh konser LANY. Diketahui ada sejumlah masalah pada konser mereka di Jakarta.

Sedianya konser LANY berlangsung selama dua hari pada Selasa (13/8) dan Rabu (14/8). Penampilan hari Selasa dipindahkan ke hari Rabu dengan alasan kesehatan dan keselamatan.

Dengan begitu, penampilan LANY pada Rabu (14/8) terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama pukul 18:00 WIB sebagai penjadwalan ulang penampilan Selasa, sesi kedua pukul 22:00 WIB.


Melalui fitur Story di Instagram, Iqbaal menuliskan kronologi di belakang panggung yang tidak diketahui banyak orang. Menurutnya konser berjalan lancar meski sebelumnya terjadi diskusi alot. Band Iqbaal, Svmmerdose memang dijadwalkan tampil sebagai pembuka LANY, seperti yang tercantum di Instagram Vizion Vibe selaku promotor konser.

[Gambas:Instagram]

"Sebelumnya harus ada diskusi yang alot antara saya, @dindakamil, promotor dan manager LANY. Kami berdiskusi tentang apakah Svmmerdose tetap diizinkan main untuk jadi opening," tulisnya melalui akun @iqbaal.e.
Ia melanjutkan, "Sangat kecewa ketika saya tahu kalau kami hanya diberikan 2 channel dari tim LANY yang mana kami baru dikomunikasikan hal tersebut jam 3 sore (open gate jam 4)."

Pria berusia 19 tahun ini menjelaskan bahwa pembatalan penampilan Svmmerdose sebagai band pembuka hari pertama dilakukan sepihak oleh manajemen LANY. Pun akhirnya band asal Los Angeles ini tak tampil di hari pertama.

Padahal, promotor sudah memenuhi semua permintaan dan riders yang diajukan LANY. Namun pada tanggal 13 manajemen LANY meminta barang tambahan yang sulit didapat di Indoensia, bahkan tidak ada sampai konser selesai kemarin.

Setelah diskusi panjang, Svmmerdose dihadapkan dengan tampil atau tidak dengan dua channel. Kemudian mereka menjelaskan pada manajemen LANY bahwa alokasi listrik sudah sesuai standar mereka dan artis internasional yang pernah ke Indonesia.

Svmmerdose juga menjelaskan kalau mereka memiliki sistem audio sendiri sehingga tidak mengganggu sistem LANY. Tetapi Svmmerdose tetap hanya diizinkan untuk tampil dengan dua channel, satu untuk vokal dan satu lagi untuk gitar.
Iqbaal Tuduh LANY Bohongi Fan Soal Kisruh KonserFoto: Screenshot via Instagram @iqbaal.e

Iqbaal Tuduh LANY Bohongi Fan Soal Kisruh KonserIqbaal Ramadhan 'curhat' soal batalnya penampilan Svmmerdose sebagai pembuka konser LANY di Jakarta, Rabu (14/8). (screenshot via Instagram @iqbaal.e)
"Pihak promotor juga diam seribu bahasa ketika pihak LANY berdiskusi dengan saya, seakan-akan manut-manut saja padahal belum tentu paham apa yang kami bicarakan," tulis Iqbaal.

"Ketika pihak LANY meninggalkan ruangan, baru SEMUA orang mulai berbicara dan complain tentang betapa menyebalkan tim artis luar ini. Buat saya percuma kalau cuma complain ketika tidak ada orangnya, lalu semua diam dan tidak berargumen apa-apa."

Akhirnya Svmmerdose memutuskan tampil dengan dua channel, sehingga hanya vokalis Rinrin yang akan tampil dengan gitar akustik. Ketika diberikan waktu tampil selama 15 menit tanpa soundcheck, Rinrin menyanggupi.

Namun lima menit sebelum Rinrin naik panggung, manajemen LANY meminta penampilan dibatalkan. Svmmerdose kembali bernegosiasi dan meminta tampil dengan mixer sendiri sebelum penampilan kedua LANY.

"Akhirnya di-iya-kan dan membuat mereka kaget kalau ternyata alat kami lebih bagus dari yang mereka gunakan, dan ternyata kami sudah siap secara teknis. Kami diberikan waktu selama 20 menit untuk show ke-2 dan kali ini dengan soundcheck," tulis Iqbaal.

"Kami pun dijanjikan lighting oleh pihak LANY sebagai kompensasi tindakan mereka yang benar-benar sepihak. Rinrin pun naik panggung jam 21:20, dan membawakan 3 lagu dari album kami secara akustik."

Iqbaal mengklaim sambutan dari penonton meriah meski janji lighting tidak ditepati manajemen LANY. Setelah Rinrin menyelesaikan penampilan, Iqbaal dan Agy naik panggung untuk menghormati pengunjung yang kecewa.

"Saya menulis ini sebagai seorang fans dari band ini, juga sebagai musisi yang harusnya terlibat men-support kesuksesan konser tour mereka di Indonesia. Saya gak nyangka kalau ternyata pihak LANY ignorant dengan promotor, band saya, bahkan fans mereka," tulis Iqbaal.

Ia juga menjelaskan bahwa kisruh yang terjadi dalam konser LANY bukan 100 persen kesalahan promotor. Melainkan kesalahan LANY sendiri yang tidak berkomunikasi dengan baik dan menyulitkan promotor.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)