Review Konser

Terpesona Kejahilan Anggota Running Man

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Minggu, 18/08/2019 11:56 WIB
Terpesona Kejahilan Anggota Running Man Kim Jong Kook dan Ji Seok Jin. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh anggota Running Man akhirnya datang menyapa penggemarnya di Jakarta pada Sabtu (17/8). Hal itu menjadi yang pertama kali setelah beberapa kali mereka sebenarnya sudah bolak balik datang ke Indonesia sejak 2014 tapi tidak dengan semua anggota.

Dalam fanmeeting bertajuk, Keep On Running Live in Jakarta, penggemar benar-benar bisa melihat Yoo Jae-suk, Ji Seok-jin, Kim Jong-kook, Song Ji-hyo, Ha Dong-hoon, Lee Kwang-soo, Jeon So-min dan Yang Se-chan dari dekat bahkan bisa bermain bersama mereka.

Running Man bisa dibilang memiliki penggemar dari segala umur. Sebelum masuk, banyak perempuan dan laki-laki kisaran 20-30 tahun yang mengantre di depan Istora Senayan. Tapi tak sedikit juga orang tua bersama anaknya yang berusia belasan tahun ikut mengantre untuk melihat Running Man.


Begitu masuk, penggemar akan disambut dengan panggung kotak besar seperti ring tinju di tengah Istora Senayan yang bisa dilihat penggemar dari segala sisi. Penonton yang duduk di tribune tak perlu khawatir sebab layar besar yang menghadap empat sisi disiapkan bagi mereka.

Sekitar pukul 18.30 WIB Istora Senayan menghitam. Gemuruh teriakan penonton memenuhi lokasi sebagai tanda fanmeeting Running Man dimulai. Satu per satu anggota muncul dari dalam gelap sambil menyanyikan lagu Only One For Me yang dipopulerkan oleh boyband Korea Selatan BTOB.

"Indonesia, Jakarta," teriak member Running Man yang disambut dengan riuh sorakan penggemar.


Mereka satu per satu mengungkapkan kebahagiannya bisa kembali ke Indonesia dengan tim yang lengkap. Acara dilanjutkan dengan kuis Yes or No bagi setiap member. Di awal permainan, member Running Man hanya berdiri menghadap satu sisi saja hingga Yoo Jae-suk mengajak anggota lainnya berputar empat sisi setelah menyelesaikan pertanyaan.

Penggemar bisa melihat interaksi antaranggota seperti yang biasa dilihat di layar kaca, mulai dari kejahilan Yoo Jae-suk kepada Ji Seok-jin yang lebih tua tapi debut belakangan darinya serta godaan HaHa kepada Lee Kwang-soo mengenai harta dan pengkhianatan.

Belum lagi keusilan Kim Jong-kook 'bully' member yang lebih lemah darinya seperti Ji Seok-jin dan HaHa hingga kegalauan para member muda untuk memilih antara Kim Jong-kook atau Yoo Jae-suk.

Terpesona Kejahilan Anggota Running Man di JakartaSong Ji Hyo dan Jeon So Min. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Setelah menyapa serta memperkenalkan diri, mereka akhirnya berganti pakaian menjadi polo shirt kuning serta name tag yang tertempel di punggung seperti yang kerap digunakan saat bermain. Penggemar yang beruntung secara bergantian ikut bermain bersama mereka.

Delapan penggemar ikut bermain relay game bersama member Running Man mulai dari lompat tali bersama, sit up, lempar balon dan memecahkan balon. Gim-gim itu memang kerap dilakukan member Running Man baik di Korea Selatan maupun ketika mengunjungi negara lain.

Tim A yakni Yoo Jae-suk, HaHa, Lee Kwang-soo serta Jeon So-min memenangkan gim ini dengan unggul beberapa detik dari Tim B. Para penggemar yang berada di Tim A mendapatkan barang-barang milik member mulai dari sepatu, kaus, topi hingga tag nama. Mereka juga berkesempatan foto bersama member.


Keseruan berlanjut ketika pirate roulette game dikeluarkan. Gim ini menjadi salah satu ciri khas Running Man. Keberuntungan tiap member diuji oleh pisau mainan serta boneka perompak. Dalam gim ini dua orang biasanya dicap sebagai member tersial karena setiap memasukkan pisau, boneka bajak laut langsung terpental. Mereka ialah Yoo Jae-suk dan Lee Kwang-soo.

Benar saja. Tak lama setelah gim pirate roulette dimulai, Yoo Jae-suk langsung tersisihkan. Satu per satu mulai kalah termasuk Song Ji-hyo yang dikenal sebagai member paling beruntung.

Tapi nasib Lee Kwang-soo berbeda di Jakarta. Ia bersama salah seorang penggemar tetap bertahan hingga tiga besar bersama Kim Jong-kook dan HaHa. Hal itu membuat para member bingung.

"Lee Kwang-soo sepertinya cocok di Jakarta karena dia bisa berhasil sejauh ini," kata Yoo Jae-suk.

Kwang-soo benar-benar beruntung di Jakarta. Hingga pisau terakhir, boneka bajak laut tak terpental ke udara. Mereka pun menyelesaikan gim dengan suit Jepang: gunting, batu, kertas oleh penggemar yang menjadi pasangan member saat bermain.

Dengan mengeluarkan batu, salah seorang penggemar membuat Kwang-soo dan dirinya sebagai pemenang utama permainan itu. Member lain Running Man benar-benar kaget sebab Kwang-soo hampir tidak pernah menjadi pemenang utama sejak variety show itu tayang sembilan tahun lalu.

Tetapi pemenang yang sesungguhnya ialah penggemar tersebut. Ia menerima hadiah berupa delapan barang pribadi member Running Man serta foto bersama mereka semua di atas panggung.

Terpesona Kejahilan Anggota Running Man di JakartaYang Se Chan, Yoo Jae Suk dan Jeon So Min. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Setelah itu, acara utamanya pun dimulai yakni konser para member Running Man. Usai berganti pakaian, Lee Kwang-soo keluar dengan menyanyikan lagu Beautiful yang dinyanyikan Crush sebagai original soundtrack drama Goblin.

Lantunan lagu yang manis itu malah disambut teriakan serta tawa penonton sebab Kwang-soo terlihat sangat serius menyanyikannya. Penonton kemudian menyalakan flashlight dari handphone, mengangkatnya sambil ikut bernyanyi bersama sampai akhir.

Situasi itu berubah ketika HaHa tampil di panggung membawakan lagu DANG DIGGI DANG. Beat beat cepat serta rap HaHa membuat suasana semakin heboh. Jika penampilan Kwang-soo diwarnai lampu sorot ungu serta biru, penampilan HaHa dimeriahkan dengan warna kuning, merah, serta hijau.

Kali ini Song Ji-hyo memberikan kejutan terutama bagi penggemar lama Running Man. Sedari dulu, Hot Issue oleh 4minute menjadi lagu andalan bintang drama dan film ini ketika harus tampil. Namun, Ji-hyo berhasil memberikan suatu yang baru dengan tampil menggunakan lagu Gashina oleh Sunmi.

Yang Se-chan pun tampil membawakan lagu New Face. Penggemar kembali bersorak sebab Son Na-eun yang kerap menjadi pasangan Se-chan di Running Man menjadi model dalam lagu yang dipopulerkan oleh Psy itu.

Keseruan berlanjut ketika HaHa dan Jae-suk duet menyanyikan I'm So Sexy oleh JYP. Penonton pun diajak 'beristirahat' ketika Ji Seok-jin menyanyikan lagu All of Me- John Legend. Kim Jong-kook pun menambah kehangatan dengan suaranya saat menyanyikan lagu-lagu andalannya yakni I Do dan One Man. Ia juga menyanyikan Not The Only One- Sam Smith.

"Indonesia tetap lah mencintai dan mendukung kami," ucap Kim Jong-kook sebelum lampu panggung dipadamkan.

Situasi hangat kembali memanas ketika Ji-hyo, Jeon So-min keluar dan menyanyikan Boom Boom layaknya member girlband Momoland. Tapi mereka tak tampil sendiri. Kwang-soo serta Se-chan turut tampil dengan wig rambut dikepang dengan sweater kuning menyala.

Sepanjang konser, penonton rapi dengan tetap duduk. Namun situasi berubah ketika HaHa kembali tampil dengan lagu Rosa. Kehadirannya di ujung panggung membuat penonton berdiri dan berlari ke arah panggung supaya bisa melihatnya lebih dekat. Ia pun menyalami satu per satu tangan yang terjulur ke arahnya.

Terpesona Kejahilan Anggota Running Man di JakartaKim Jong Kook dan Ji Seok Jin. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)

Hari semakin malam. Anggota Running Man pun mulai memberikan kode fanmeeting akan berakhir. Mereka mulai menyampaikan rasa terima kasih kepada penggemar dan berjanji akan kembali ke Indonesia dengan seluruh member.

"Saya tidak bisa mengungkapkan terima kasih dengan kata-kata. Kami akan kembali lagi. Kami ingin mengadakan waktu yang luar biasa sekali lagi dengan anda semua," kata Yoo Jae-suk.

Dalam kesempatan itu, penggemar di Indonesia menyiapkan kejutan perayaan ulang tahun bagi Yoo Jae-suk, Song Ji-hyo dan HaHa. Kue dibawa ke tengah panggung dengan iringan lagu Happy Birthday dalam Bahasa Korea.

Delapan anggota member Running Man pun kembali berterima kasih lalu merunduk memberikan hormat dan menghilang dalam kegelapan.

Tapi apa arti konser tanpa encore? Layar menunjukkan encore desibel (dB). Ketika teriakan semakin kencang. Member Running Man kembali ke panggung menampilkan Fire-BTS, Lovable- Kim Jong-kook, serta Busan Vancance- HaHa.

Mereka turun ke panggung dan menyalami penggemar. Para penonton yang duduk di tribune berbondong-bondong turun demi melihat Running Man di depan mata. Namun situasi masih sangat kondusif. Pagar besi masih memisahkan mereka.

Member Running Man tak ragu mengambil handphone penggemar untuk berfoto bersama mereka. Kwang-soo juga menerima hadiah boneka jerapah dari penggemar.

"Terima kasih Indonesia," kata delapan member Running Man sebagai penanda fanmeeting benar-benar selesai.

Terpesona Kejahilan Anggota Running Man di JakartaHaHa. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)


[Gambas:Video CNN]

(ard)