'Hawkeye' Minta Spider-Man Kembali ke Marvel

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 21/08/2019 22:55 WIB
'Hawkeye' Minta Spider-Man Kembali ke Marvel Aktor Jeremy Renner yang berperan sebagai Hawkeye terang-terangan tak setuju atas 'kepindahan' Spider-Man dari semesta Marvel. (REUTERS/Brendan McDermid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kabar karakter Spider-Man keluar dari Marvel Cinematic Universe (MCU) turut menarik perhatian pesohor. Aktor Jeremy Renner yang berperan sebagai Clint Barton alias Hawkeye dalam MCU ikut berkomentar.

Komentar itu ia sampaikan lewat akun Instagram pribadi bernama @renner4real. Ia mengunggah foto dirinya dalam film Avengers: Endgame sembari memberikan keterangan singkat.

"Hey @sonypictures kami ingin Spider-Man kembali ke @therealstanlee dan @marvel, terima kasih," tulis Renner.


[Gambas:Instagram]

Sebelumnya, Deadline melaporkan rumah produksi Sony Pictures yang memiliki lisensi Spider-Man tak lagi bekerja sama dengan Marvel Studios yang merupakan bagian dari Disney. Dengan begitu karakter Spider-Man otomatis keluar dari MCU.

Dua perusahaan film besar ini tak lagi bekerja sama lantaran tidak berhasil membuat kesepakatan baru. Perdebatan di antara mereka berdua sudah berlangsung sejak beberapa bulan belakangan.

Dari sekian banyak masalah, pangkal dari semua masalah antara Disney dengan Sony adalah uang. Disney meminta biaya produksi film Spider-Man yang akan datang dibagi rata 50:50.

Kemudian ada juga soal pembahasan mengenai pengembangan semesta Spider-Man. Dengan begitu, Sony dan Disney bisa membuat film lepas yang masih berkaitan dengan semesta pahlawan super itu.
'Hawkeye' Minta Spider-Man Kembali ke MarvelBerita kepindahan Spider-Man dari semesta Marvel menuai protes dari penggemar. (dok Marvel Entertainment)
Sumber Deadline menjelaskan Sony menolak permintaan tersebut. Namun Sony yang diwakili Tom Rothman dan Tony Vinciquerra memberikan penawaran lain yang saat ini belum dijelaskan kepada publik.

Disney tidak ingin melanjutkan kerja sama karena hanya mendapat 5 persen dari pendapatan kotor film yang diproduksi bersama. Sementara Sony tidak ingin berbagi waralaba terbesarnya dengan Disney.

Masalah yang tak kalah besar dengan uang adalah peran presiden Marvel Studios, Kevin Feige, sebagai produser dalam film-film MCU. Melansir The Hollywood Reporter, Sony mengklaim Feige tak akan lagi bertidak sebagai produser utama film waralaba itu.

Menurut Sony, Feige yang selama ini menakhodai MCU melepas Spider-Man karena terlalu banyak urusan. Mengingat Disney memperoleh karakter Marvel tambahan melalui akuisisi 21st Century Fox yang berpotensi masuk MCU.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)