Isabela Moner, 'Dora' Remaja yang Berkarier Sejak Belia

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 22:31 WIB
Isabela Moner, 'Dora' Remaja yang Berkarier Sejak Belia Isabela Moner, yang tampil sebagai 'Dora' remaja dalam 'Dora and the Lost City of Gold' memulai karier dari panggung teater. (Joe Scarnici/Getty Images for Elizabeth Glaser Pediatric AIDS Foundation /AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dora and the Lost City of Gold telah resmi tayang pada Agustus ini secara global. Film ini menyuguhkan versi live-action dari animasi Dora the Explorer, dengan cerita petualangan tentang Dora ketika tumbuh remaja.

Karakter Dora remaja ini sendiri diperankan oleh Isabela Moner, gadis kelahiran Amerika yang memiliki darah Latin.

Moner lahir setahun setelah animasi Dora the Explorer diperkenalkan pada 2000. Bahasa Spanyol, yang juga bahasa ibu Dora, adalah bahasa pertama yang dikenal Moner. Dia mengaku sempat kesulitan dan harus berusaha keras untuk berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris saat duduk di sekolah dasar.


Moner menegaskan bahwa dirinya lebih mencerminkan sebagai orang Peru ketimbang Amerika.

Sejak usia belia, ia telah memiliki cita-cita untuk menjadi seorang aktris. Keinginan kerasnya itu ia buktikan dengan terlibat di pentas teater yang terinspirasi dari film yang dibintangi Shirley Temple dan Judy Garland ketika Moner berusia enam tahun.

Namun, baru saat menginjak usia 10 tahun, dia bergabung di pentas Broadway profesional bertajuk Evita, di mana Moner menampilkan kemampuan bernyanyi dalam bahasa Latin dengan penyanyi Ricky Martin. Di saat bersamaan, dia merilis album Stopping Time.

Sejak itu, karier akting ditekuni dengan serius oleh Moner. Gadis yang kini berusia 18 tahun tersebut memulai karier di televisi dengan menjadi bintang utama dalam 100 Things to Do Before High School pada 2014-2016 di Nickelodeon. Di tahun yang sama, ia menjadi pengisi suara karakter Kare dalam animasi lepasan Dora, Dora and Friends: Into the City.

Pada 2015, ia muncul sebagai Lori Collins dalam film Splitting Adam dan tahun berikutnya, menjadi salah satu bintang utama di Legends of Hidden Temple sebagai Sadie.

Selain itu, ia sempat menjadi salah satu bintang di film waralaba Transformers: The Last Knight (2016). Sejumlah judul lain seperti Instant Family, Sicario: Day of the Soldado pun pernah melibatkan Moner sebelum akhirnya mendapatkan peran utama sebagai Dora.
Isabela Moner, 'Dora' Remaja Berkarier Sejak BeliaAksi Isabela Moner sebagai Dora remaja dalam film live-action 'Dora and The Lost City of Gold'. (dok. Paramount Players/Paramount Pictures)
Baginya, peran itu adalah salah satu pencapaian besar dalam karier.

"Saya merasa terhormat dan bersemangat membawa Dora dalam bentuk nyata. Saya besar dengan acara itu, dan bagi saya, terutama sebagai seorang Latin, Dora adalah contoh menakjubkan," kata Moner dalam pernyataan pada 2018.

"Dora adalah seorang yang kuat, petualang, dan gadis riang juga menyenangkan. Saya tak sabar mengenakan tas ransel di punggung saya dan memulai petualangannya," lanjutnya.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)