5 Rekomendasi Film Tentang Hutan di Amazon

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 23/08/2019 19:59 WIB
5 Rekomendasi Film Tentang Hutan di Amazon Ilustrasi kebakaran hutan Amazon. (REUTERS/Bruno Kelly)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran yang melanda hutan Amazon menjadi sebuah tragedi internasional. Kebakaran Amazon yang terjadi tahun ini merupakan yang terparah sepanjang sejarah. Beberapa kota di Brazil pun gelap karena terselimuti asap tebal.

Tragedi kebakaran Amazon ini disebut menjadi sebuah tragedi internasional, karena hutan Amazon menyumbang 20 persen oksigen di seluruh dunia dan memegang peran penting untuk memperlambat pemanasan global. Selain itu, hutan di Amazon merupakan tempat tinggal bagi banyak spesies flora dan fauna, seperti ular anaconda, dan suku-suku pedalaman Brazil yang disebut tak ramah terhadap pendatang.

Dari insiden Amazon yang mengerikan, CNNIndonesia.com telah merangkum lima film dengan latar belakang yang tidak hanya memperlihatkan, namun mengedukasi tentang kehidupan di Amazon.


Embrace of the Serpent (2015)

Embrace of the Serpent merupakan film yang sangat sukses pada tahun 2016. Film ini menggambarkan sebuah hubungan antara seorang dukun Amazon bernama Karamakate dan orang-orang terakhir yang ada di sukunya.

Karamakate dan orang-orangnya melakukan perjalanan bersama dua orang ilmuwan dalam rentang waktu 40 tahun untuk mencari tanaman sakti. Film ini telah memenangkan banyak penghargaan di festival film internasional dan menjadi nomine Oscar untuk kategori Film Asing Terbaik. 

[Gambas:Youtube]
5 Rekomendasi Film Tentang Hutan di AmazonHutan hujan di Amazon. Tahun ini, kebakaran hutan Amazon mencapai rekor terparah dalam sejarah. (Neil Palmer via Wikimedia/CC-BY-SA-2.0)
Amazonia (2013)

Amazonia merupakan film edukasi yang berlatar hutan Amazon. Film ini mengikuti karakter utama bernama Sai, seorang monyet kapucin yang lahir dan dibesarkan di dalam kandang. Sai harus berjuang di medan yang sama sekali baru setelah sebuah kecelakaan pesawat membuatnya terlantar di hutan hujan Amazon, sendirian dan tersesat di kedalaman hutan tanpa intuisi hewan sebagaimana seharusnya. 

Fitzcarraldo (1982)

Film ini adalah film petualangan dari Jerman Timur, bercerita tentang seseorang yang terobsesi dengan opera. Ia memiliki ambisi untuk mendirikan sebuah rumah opera di tengah hutan. Untuk memenuhi obsesi itu, ia harus melakukan banyak hal, salah satunya adalah membawa sebuah perahu uap besar melintasi gunung kecil agar dapat mencapai kawasan karet yang kaya raya di lembah Amazon. 

Fitzcarraldo terinspirasi dari peristiwa bersejarah yang dialami oleh Carlos Fitzcarrald, seorang pelaut yang pada akhirnya menjadi pemilik perkebunan karet di akhir abad 19.

The Emerald Forest (1985)

The Emerald Forest berkisah tentang anak seorang insinyur bernama Bill Markham yang diculik oleh orang-orang suku pinggiran hutan di Brazil. Markham menghabiskan 10 tahun untuk mencari anaknya itu. Saat ia berhasil menemukannya, sang ayah menyadari bahwa putranya sudah menjadi bagian dari suku pedalaman Amazon tersebut.

The Sacred Science (2011)

The Sacred Science merupakan film dokumenter tahun 2011, bertutur tentang delapan orang dari dunia Barat yang tinggal di tengah hutan Amazon selama sebulan. Mereka memiliki penyakit yang berbeda-beda dan mencari kesembuhan dari obat-obatan tradisional, dengan mengikuti ritual penyembuhan dari orang-orang tradisional suku setempat.

[Gambas:Video CNN] (taj/rea)