5 Momen Seru dari MTV Video Music Awards 2019

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 27/08/2019 13:47 WIB
5 Momen Seru dari MTV Video Music Awards 2019 Missy Elliott naik panggung MTV Video Music Awards 2019 untuk menerima penghargaan kehormatan Michael Jackson Video Vanguard Award. (Matthew Emmons)
Jakarta, CNN Indonesia -- Salah satu gelaran bergengsi dunia musik MTV Video Music Awards (VMA) telah usai. Menampilkan Taylor Swift sebagai pembuka, juga menghadirkan nama-nama yang tengah jadi topik hangat seperti Miley Cyrus, Shawn Mendes dan Camila Cabello, MTV VMA 2019 menuntaskan 20 lebih kategori, termasuk rapper senior Missy Elliott yang kembali ke panggung setelah 16 tahun.

Pada tahun ini, terdapat dua kategori baru, yakni Best K-pop dan Video For Food, dikhususkan untuk video-video musik yang menyampaikan pesan positif. Kategori Best K-pop mengundang kontroversi karena MTV VMA dianggap melakukan rasisme dengan pengelompokan berdasar geografis, terlebih karena grup-grup Korea banyak meraih prestasi internasional.

Dari New Jersey, berikut lima hal yang harus Anda tahu tentang MTV Video Music Awards 2019.


Taylor Swift

Untuk pertama kalinya, Taylor Swift membawakan Lover, single terbaru dari album ketujuh yang rilis pada pekan lalu, Jumat (23/8), secara langsung. Ia tampil sebagai pembuka acara, mencerahkan panggung dengan warna-warni ceria, sekaligus menunjukkan dukungan terhadap komunitas LGBTQ.

Swift mengajak serta pria-pria yang berdandan, biasa disebut sebagai drag queen, menampilkan banyak pelangi serta tulisan 'Equality Act' sebagai pernyataan sikap. Billboard melaporkan bahwa sebagian drag queen itu sudah pernah naik panggung untuk mendukung penampilan Miley Cyrus di VMAs 2015.

Swift memilih mereplika You Need To Calm Down untuk penampilan kali ini, lengkap dengan kursi pantai, sebelum mengenakan jaket dan meraih gitar, menyanyikan Lover.

Miley Cyrus

Miley Cyrus membuat penampilan publik juga untuk pertama kali, sejak perpisahannya dengan sang suami Liam Hemsworth. Ia mengenakan gaun warna hitam dan banyak aksesoris, memilih pencahayaan sederhana yang membuat pertunjukan jadi warna hitam dan putih.

Cyrus membawakan lagu Slide Away, single terbaru yang dipercaya menceritakan tentang hubungannya dengan Hemsworth. Ia disebut tampil emosional, CNN menulis bahwa ia memberi vibrasi sedih. Kedua orang tua Cyrus dilaporkan terlihat di antara para audiens.
5 Momen dari MTV Video Music Awards 2019Penampilan Miley Cyrus di MTV Video Music Awards 2019 disebut memberikan vibrasi kesedihan. (Kyle GRILLOT / AFP)
Missy Elliott

Rapper senior Missy Elliott seolah menegaskan mengapa dirinya layak dihormati. Di panggung VMAs 2019, ia membawakan sejumlah megahit termasuk Get Your Freak On dan The Rain (Supa Dupa Fly). Sekalipun saat ini rapper wanita AS telah beregenerasi, audiens tetap memberikan standing ovation dan meneriakkan namanya, "Missy! Missy!".

Mendapatkan penghargaan kehormatan Video Vanguard Award, Cardi B menyebut Elliott sebagai, "Suara yang kita perlukan."

Dalam pidato penerimaan, Elliott menyampaikan terima kasih untuk ibunya, dan menyinggung mendiang penyanyi Aaliyah. "Saya ingin mendedikasikan penghargaan untuk komunitas tari di seluruh dunia. Ketika Anda berada di atas panggung bersama para seniman ini, Anda bukan hanya properti. Anda semua adalah lapisan gula di kue [sama pentingnya]. Kalian adalah detak jantung," katanya.

Shawn Mendes dan Camila Cabello mesra melantunkan 'Senorita' di MTV Video Music Awards 2019. (REUTERS/Lucas Jackson)
Shawn Mendes, Camila Cabello

Sejak lagu kolaborasi Senorita beredar, di saat bersamaan rumor kedekatan Shawn Mendes dan Camila Cabello pun mencuat. Belum ada konfirmasi dari kedua bintang itu, namun foto-foto kebersamaan mereka kerap menghiasi pemberitaan.

Maka di atas panggung VMAs, mata audiens mengamati bagaimana penampilan Mendes dan Cabello terlihat 'memanaskan' acara lewat pandangan mata dan gestur tubuh masing-masing. Termasuk, kedekatan fisik yang intens kala menyanyikan Senorita.

BTS

Meskipun tak hadir di New Jersey lantaran masih mengambil cuti, BTS tetap menjadi pembicaraan, terlebih setelah acara usai. Keluar sebagai pemenang dari kategori Best K-pop dengan lagu Boy With Luv yang berkolaborasi dengan Halsey, penggemar memilih lebih berkonsentrasi mengenai mengapa pembagian kategori dibuat berdasarkan geografis.

Variety mencatat bahwa tidak ada penampil asal Korea yang jadi nomine di kategori 'global', misalnya Artist of the Year. Padahal dalam beberapa tahun terakhir sejumlah grup Korea berhasil mencatatkan prestasi internasional, seperti video musik Boy With Luv yang berhasil memecahkan segala rekor YouTube, termasuk yang dicetak oleh Taylor Swift.

[Gambas:Video CNN] (rea)