Taylor Swift, 'Korban' Kanye yang Lebih Kaya dari Beyonce

tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 09:54 WIB
Taylor Swift, 'Korban' Kanye yang Lebih Kaya dari Beyonce Sedekade lalu, Taylor Swift jadi korban perundungan oleh Kanye West. Kini, Swift mampu menghasilkan kekayaan dua kali lipat dari Beyonce. (Kevin Winter/Getty Images for DIRECTV/AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sepuluh tahun lalu Taylor Swift dikenal sebagai penyanyi country pendatang baru yang diinterupsi Kanye West saat menang di MTV Video Music Awards (VMA) 2009. Kini, penyanyi yang baru merilis album ketujuhnya itu berada dalam situasi yang 180 derajat berbeda.

Swift ditetapkan sebagai salah satu peraih nominasi terbanyak MTV VMA tahun ini. Dia bahkan berhasil membawa pulang penghargaan tertinggi di ajang itu, Video of The Year 2019.

Di balik itu, penyanyi berusia 29 tahun ini baru dinobatkan sebagai Wanita Berpenghasilan Tertinggi di bidang Musik 2019.


Menurut Forbes, Swift yang juga menjadi pelaku dunia hiburan dengan penghasilan tertinggi di dunia saat ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak US$185 juta (Rp2,5 triliun) sebelum akhir tahun, dua kali lipat dari Beyonce. Beyonce sendiri tercatat mengumpulkan sebanyak US$81 juta (Rp1,1 triliun).

Sebagian besar pendapatan Swift itu berasal dari Reputation Stadium Tour yang meraup pendapatan sebesar US$266 juta (Rp3,7 triliun).

Swift juga baru menguangkan sembilan angka kesepakatan baru dengan anak perusahaan Universal Music, Republic Records dan album barunya Lover yang dirilis pekan lalu siap untuk menambah dollar ke kantongnya usai membuka ajang MTV VMA 2019.

"Taylor dan timnya memahami cara 'pelan tapi pasti' dalam menciptakan momen-momen penting," kata Kim Kaupe, alumni Forbes 30 Under 30 dan salah satu pendiri Superfan Company, yang telah mengerjakan paket album dengan Swift di masa lalu.

"Momen-momen ini tidak hanya ditangkap dengan sempurna oleh penggemar dan outlet media, tetapi mereka adalah potongan sempurna, ukuran humas yang disukai oleh siklus berita," tambahnya.

Sementara itu, Beyonce dilaporkan bahwa sebagian besar pendapatannya terkumpul dari tur dia bersama Jay Z dalam On The Run II, album live Homecoming, serta penayangan khusus di Netflix.

Di bawah Beyonce, Rihanna menempati posisi ketika dengan pendapatan US$62 juta (Rp883 miliar)yang dikumpulkan dari hasil bisnisnya Fenty Beauty dengan barang mewah LVMH.

Dalam daftar itu, nama-nama seperti Katy Perry, P!nk, Ariana Grande. Jennifer Lopez, Lady Gaga, Celine Dion, Shakira pun turut masuk di 10 Besar Wanita dengan Penghasilan Tertinggi di Bidang Musik 2019.

[Gambas:Video CNN] (agn/end)