Reza Rahadian Sentil Bekraf Soal Perhatian ke Pentas Musikal

tim, CNN Indonesia | Rabu, 28/08/2019 16:20 WIB
Reza Rahadian Sentil Bekraf Soal Perhatian ke Pentas Musikal Reza Rahadian menyinggung peran pemerinta terutama Badan Ekonomi Kreatif yang mestinya memberikan perhatian lebih kepada para pelaku pentas musikal. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Reza Rahadian mengapresiasi penampilan 13 peserta 'Indonesia Menuju Broadway' yang unjuk gigi lewat penampilan khusus bertajuk 'What I Did For Love', Selasa (27/8).

Sebelumnya, 13 peserta itu berguru langsung ke jantung industri teater Broadway, New York, Amerika Serikat.

Mereka mendapatkan kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama tim broadway papan atas yang terdiri dari sutradara, direktur musik, koreografer, dan tim pendukung produksi Broadway pada 8 - 12 Juli lalu.


"Buat saya luar biasa, bahwa musikal adalah salah satu genre yang saya suka dan buat saya mereka tampil dengan amat maksimal. Keren banget penampilannya apalagi dengan persiapan mereka yang termasuk sebentar untuk tampil seperti itu, dan keseriusan anak-anaknya keliatan banget," kata aktor Habibie & Ainun itu yang ditemui usai pertunjukan.

Selain itu, Reza mengutarakan bahwa pertunjukan seperti itu semestinya mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah, terutama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf).


"Saya rasa harusnya sih hal seperti ini dilihat oleh Bekraf, jadi mereka enggak sendirian. Coba deh Bekraf kasih atensi lebih ke mereka untuk tahu bahwa 'Ini loh kita punya talent luar biasa, bahwa kita bisa mengembangkan Broadway," ujarnya.

Selama 5 hari di New York, para peserta memiliki kesempatan eksklusif untuk berkolaborasi bersama spesialis teater musikal terbaik dan memainkan karya-karya musikal Broadway ciptaan penulis dan komposer terbaik dari Amerika Serikat.

Peserta terpilih ini juga melihat langsung pertunjukan Broadway dan mendapatkan akses untuk bertemu langsung dengan para artis Broadway.

Di akhir pelatihan, mereka kemudian menampilkan hasil pelatihan intensif dalam showcase bertajuk What I Did For Love yang menampilkan lebih dari 40 lagu-lagu Broadway yang dikemas dalam sebuah pertunjukan musikal.
Reza Rahadian Sentil Bekraf Soal Perhatian ke Pentas MusikalDalam pertunjukan itu, Reza menjadi satu dari tiga penonton yang sempat ditarik ke atas panggung oleh peserta. (Dok.Djarum Bakti Budaya Foundation)
Mengetahui proses itu, Reza pun berharap ke depan para peserta bisa meneruskan bakat mereka dengan tampil menyuguhkan cerita Indonesia.

"Menurut saya, akan lebih mudah mereka belajar terus balik ke sini, dan mereka tampil, mungkin selanjutnya bisa pakai bahasa Indonesia, diciptakan lagi. Ini kan pakai yang sudah jadi," kata Reza sembari kembali menyinggung Bekraf.

"Jadi nanti di Indonesia mereka bisa buat pertunjukan musikal lagi, dengan unsur Broadway yang kuat, dengan cerita dan lagu-lagu Indonesia," lanjutnya.

"Menurut saya ini tugasnya Bekraf. Jadi pak Triawan, pesan saya tonton deh show-nya," tegas Reza Rahadian.

Dalam pertunjukan itu, Reza menjadi satu dari tiga penonton yang sempat ditarik ke atas panggung oleh peserta. Dia diajak terlibat pada salah satu adegan yang dimainkan oleh tiga orang pemeran wanita.


Terlepas dari itu, Reza sendiri mengungkapkan bahwa dia tak menutup kemungkinan untuk terlibat dalam genre musikal baik di film maupun panggung teater.

Sebelumnya, Reza sempat menunjukkan bakat akting di panggung teater lewat pentas Bunga Penutup Abad, Perempuan-perempuan Chairil, serta Cinta Tak Pernah Sederhana.

"Pentas saya yang terakhir itu 'Cinta Tak Pernah Sederhan' bentuknya semi musikal. Kalau ada lagi mungkin ya tunggu saja, Happy Salma kalau sudah ketemu Hagai Pakan suka muncul ide luar biasa. Let's wait and see," ungkapnya. (agn/end)