Museum MACAN Bakal Gelar Acara Serupa Met Gala

tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 02:20 WIB
Museum MACAN Bakal Gelar Acara Serupa Met Gala Ilustrasi pameran di Museum MACAN. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Museum MACAN mengumumkan bakal menggelar acara amal serupa Met Gala di New York. Acara pameran sekaligus gala amal itu akan diselenggarakan di Grand Ballroom Ritz-Carlton Jakarta pada Rabu (28/8).

Acara yang diberi tajuk '2019 MACAN Gala' ini disampaikan demi mendukung program pendidikan dan program pengayaan komunitas Museum.

"Kita tahu bahwa jumlah seni dan pendidikan itu penting. Itulah alasannya kami sangat bersemangat untuk mengembangkan program pendidikan kami," kata Aaron Seeto, selaku Direktur Museum MACAN dalam siaran pers yang diterima CNNIndonesia.com, Rabu (28/8).


"Dan kami menyadari bahwa untuk membuat dampak besar dengan bangsa yang beragam ini, kami membutuhkan pemimpin yang berpikiran sama dari berbagai sektor untuk memberikan dukungan pada mereka, membantu mendorong kreatif, artistik dan masyarakat yang inovatif," lanjutnya.

Lelang amal internasional mencakup lukisan karya seniman konseptual terkenal Amerika Jenny Holzer, sebuah karya oleh fotografer humanis legendaris Henri Cartier-Bresson.

Selain itu, lukisan karya seniman Tiongkok Xu Bing (yang terkenal retrospektif dan akan dipajang di Museum pada 31 Agustus 2019) dan karya baru seniman kontemporer Christine Ay Tjoe yang khusus dibuat untuk pelelangan.

Acara Gala ini diketuai oleh pendiri Museum MACAN Foundation, Haryanto Adikoesoemo dan Sintawati Ongkowijoyo, kemudian Pendiri Time internasional dan donatur MACAN Irwan Mussry bersama sang istri yang juga pengusaha dan musisi Maia Estianty, serta pasangan Maulana Indraguna dan Dian Sastrowardoyo.

Tokoh seni, fesyen, dan hiburan terkemuka pun disampaikan telah berkomitmen sebagai Duta Gala. Di antaranya ada Fenessa Adikoesoemo (Ketua, Yayasan Museum MACAN), Amalia Wirjono, Daisy Musin, Jasmine Prasetio, Jessie Setiono, Marsha Timothy.

Selain itu, ada Nicholas Tan, Raline Shah, Reza Rahadian, Rio Pasaribu, osalindynata Gunawan-Bakrie, Titi Rajo Bintang, Velove Vexia, Wilsen Willim dan Winda Malika Siregar.

"Kami sangat bersemangat untuk Gala! Kami telah mengundang teman-teman kita untuk bergabung dengan meja kita, dan akan mendandani mereka untuk malam itu. Ini akan menjadi malam yang baik, untuk tujuan yang baik," ujar Wilsen Willim, desainer muda yang juga menjadi donatur MACAN.

Sementara itu, acara ini akan dipandu oleh Phillips, juru lelang kelas dunia. DJ Anton Wirjono, Robot DJ Smith dan DJ Nix ditetapkan untuk menutup acara dengan pesta. (agn/end)