FOTO: Menyelami Pemikiran 40 Tahun Xu Bing

Bisma Septalisma, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 18:46 WIB

Jakarta, CNN Indonesia -- Xu Bing, perupa kontemporer kenamaan China, menggelar pameran pertama dan terbesar di Indonesia juga Asia Tenggara di Museum MACAN, Jakarta.

'Xu Bing: Thought and Method' adalah pameran restropektif Xu Bing terbesar dan pertama di Asia Tenggara. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pameran ini menampilkan lebih dari 60 karya Xu Bing yang dibuat selama lebih dari 40 tahun. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Karya tersebut melintasi berbagai medium, yakni, drawing, seni grafis, instalasi, film dan materi arsip. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Xu Bing yang lahir di Chongqing, menjadi salah satu relawan pemuda yang turun ke daerah pedesaan pada masa Revolusi Kebudayaan Tiongkok (1970-an). (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pengalaman tersebut memengaruhi cara Xu Bing melihat bagaimana bahasa dipakai sebagai salah satu alat politik. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Di awal 1990-an, ia bermigrasi ke New York, di kota itulah ia kemudian membentuk fondasinya sebagai perupa. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Ia banyak membahas topik-topik globalisasi, tindakan memata-matai, dan berbagai problem industri. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Pameran tunggal karya perupa asal Tiongkok, Xu Bing yang dsajikan dalam
Pameran ini akan berlangsung dari 31 Agustus 2019 sampai 12 Januari 2020. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)