Korea Selatan Pilih 'Parasite' Berlaga di Oscar 2020

tim, CNN Indonesia | Kamis, 29/08/2019 17:49 WIB
Korea Selatan Pilih 'Parasite' Berlaga di Oscar 2020 Korea Selatan memilih 'Parasite' sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020. (dok. CJ Entertainment/Korean Film Council)
Jakarta, CNN Indonesia -- Korea Selatan memilih film pemenang Cannes Film Festival, Parasite sebagai perwakilan di Best International Feature Film atau dulu dikenal sebagai Best Foreign Language Film pada Oscar 2020 mendatang.

Dewan Perfilman Korea mengatakan pada Kamis (29/8) bahwa mereka lah yang memilih film komedi gelap karya Bong Joon-ho tersebut.

Mereka mengatakan salah satu alasan memilih Parasite sebagai perwakilan resmi Korsel di Oscar 2020 adalah kemenangan film tersebut di Palme d'Or tahun ini, selain kualitas artistik dan sinematografinya.


Dengan capaian tersebut, Korea Selatan berpeluang besar menarik perhatian pihak the Academy of Motion Pictures Art and Sciences (AMPAS) untuk menjadikan film tersebut sebagai nominasi Best International Feature Film Oscar 2020.

Yonhap menyebut, hingga saat ini belum ada film Korea yang berhasil menjadi nominasi kategori tersebut, meski sudah memiliki industri film yang maju di Asia.

Parasite menceritakan kesenjangan sosial yang terjadi di kehidupan nyata. Bong Joon-ho mengemasnya secara apik dan menunjukkan perbedaan itu dalam satu ruang yang sama.

Cerita berfokus pada Keluarga Ki-taek yang terdiri dari empat orang pengangguran bermasa depan suram. Kehidupan mereka mulai berubah ketika anak sulung mereka, Ki-woo, menjadi guru les di rumah Keluarga Park.

Film ini juga menyajikan humor penuh satire dan gambar-gambar kontradiktif namun simpel. Alur cerita yang terasa sederhana ini juga memiliki serangan dadakan yang membuat penonton seperti dibawa bermain roller coaster.

Film Parasite juga diumumkan menjadi film Korea Selatan terlaris di Indonesia tahun ini. Hingga 13 Agustus, pihak distributor CBI Pictures mengumumkan penonton Parasite telah tembus lebih dari 485 ribu orang.



Lee Sun-kyun, salah satu pemeran film 'Parasite' yang dipilih Korea Selatan untuk ke Oscar 2020.Lee Sun-kyun, salah satu pemeran film 'Parasite' yang dipilih Korea Selatan untuk ke Oscar 2020. (Alberto PIZZOLI / AFP)
Sedangkan di Korea Selatan, Dewan Perfilman Korea menyatakan Parasite sukses menjual lebih dari 10 juta tiket dan berhasil mendarat di nomor 19 film Korea terlaris sepanjang masa.

Status film Korea Selatan terlaris sepanjang masa masih dipegang oleh Roaring Currents yang berhasil menjual 17,6 juta tiket. Film Extreme Job mengikuti dengan 16,2 juta tiket dan disusul Along with the Gods: The Two Worlds dengan 14,4 juta tiket.

Pengumuman Parasite sebagai perwakilan Korea Selatan ke Oscar 2020 ini datang setelah Jepang mengumumkan mengirim 'Weathering with You'.

[Gambas:Video CNN] (end)