Tembus 1 Juta Penonton, 'Bumi Manusia' Belum Untung

tim, CNN Indonesia | Jumat, 30/08/2019 21:06 WIB
Tembus 1 Juta Penonton, 'Bumi Manusia' Belum Untung Pihak Falcon Studios selaku produsen 'Bumi Manusia' mengakui belum mereguk untung meski film Hanung Bramantyo itu resmi mendapatkan satu juta penonton. (dok. Falcon Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak Falcon Studios selaku produsen film Bumi Manusia mengakui bahwa pihaknya belum mereguk keuntungan meskipun film garapan Hanung Bramantyo itu resmi mendapatkan satu juta penonton.

"Belum untung," kata Frederica, produser Falcon Pictures kepada CNNIndonesia.com, Jumat (30/8), menyikapi keberhasilan dan keuntungan Bumi Manusia ketika mendapat satu juta penonton setelah dua pekan tayang di bioskop.

Namun Frederica enggan memberikan rincian lebih detail, terutama soal bujet Bumi Manusia yang diketahui membangun sendiri set lokasi untuk menciptakan nuansa era kolonial sesuai dengan latar cerita dari Pramoedya Ananta Toer.


Bukan hanya soal bujet, Falcon Pictures juga enggan memberitahukan terkait perolehan yang sudah mereka dapatkan dari angka satu juta penonton ini.

"Enggak usah ya," kata Frederica.

Sebelumnya berdasarkan data laman independen filmindonesia.or.id, film Bumi Manusia diketahui telah menjual 1,113 juta tiket.

Dengan capaian itu pula, Bumi Manusia berhasil mendarat di posisi sembilan film Indonesia terlaris pada 2019. Bumi Manusia hanya kalah sekitar 2.800 tiket dari Ghost Writer yang diproduseri Ernest Prakasa.

Berdasarkan capaian penjualan Bumi Manusia sebanyak 1.113.810 tiket per Jumat (30/8), film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan itu diprediksi memperolah pendapatan kotor sebesar Rp44,5 miliar.

Angka itu diperoleh dari penjualan tiket dikalikan asumsi rata-rata tiket bioskop seharga Rp40 ribu per tiket.
Tembus 1 Juta Penonton, 'Bumi Manusia' Belum UntungBerdasarkan capaian penjualan Bumi Manusia sebanyak 1.113.810 tiket per Jumat (30/8), film yang dibintangi Iqbaal Ramadhan itu diprediksi memperolah pendapatan kotor sebesar Rp44,5 miliar. (Dok. Falcon Pictures)
Dari angka penjualan tiket itu pula, film Bumi Manusia diprediksi membawa pulang Rp16,7 miliar mengingat studio memperoleh Rp15-17 ribu per tiket yang terjual, sedangkan sisanya adalah pendapatan bioskop selaku pihak yang menayangkan film.

Meski belum untung, Falcon Pictures masih memiliki kesempatan berharap penonton datang menyaksikan Bumi Manusia.

Film Bumi Manusia diketahui masih tayang di jaringan bioskop 21 Cineplex selaku jaringan terbesar, meskipun tak sebanyak dua pekan lalu. Di Jakarta saja, Bumi Manusia hanya tersisa di 22 lokasi bioskop 21 Cineplex.

Sukses meraih satu juta penonton, Bumi Manusia bercerita tentang Minke (Iqbaal Ramadhan), seorang pribumi yang bersekolah di HBS. Padahal pada masa itu, yang dapat masuk ke sekolah HBS adalah orang-orang keturunan Eropa.

[Gambas:Video CNN]

(end)