Duo Hondo 'Menikmati' Kehidupan Lewat Musik

CNN Indonesia | Sabtu, 07/09/2019 16:55 WIB
Duo Hondo 'Menikmati' Kehidupan Lewat Musik Hondo. (CNN Indonesia/M Andika Putra)
Bali, CNN Indonesia -- Mohamed Kamga dan Chevrina Anayang seperti tak pernah lelah mencoba hal baru. Setelah tak lagi bersama grup Tangga, mereka membuat grup Dekat bersama Tahir Hadiwijoyo yang karib disapa Tata.

Sampai saat ini Dekat telah merilis dua mini album bertajuk Lahir Kembali (2014) dan Meranggas (2016) serta satu album bertajuk Numbers (2018). Kamga menjelaskan Dekat dibentuk dan memproduksi lagu berdasarkan amarah.

"Kami marah, dengan sistem dan institusi. Seperti ada beban yang enggak bisa lepas, sudah ada tiga album tapi masih ke sana, masih marah," kata Kamga dalam diskusi di festival musik Soundrenaline 2019 di Garuda Wisnu Kencana, Bali, Sabtu (7/9).
Selain masalah di atas, kata Kamga, hal yang membuat mereka marah adalah jalan kehidupan yang tidak sesuai harapan. Ia pernah berharap mencapai sesuatu pada usia 30, sayang itu tidak tercapai.


Seiring berjalannya waktu, Kamga dan Chev memutuskan untuk membuat proyek baru bernama Hondo. Duo Hondo jelas berbeda dengan Dekat, pasalnya mereka membuat lagu atas dasar menikmati dan mensyukuri kehidupan, bukan amarah seperti Dekat.

"Di Hondo kami lebih ke 'yaudahlah jalani aja'. Ternyata gue gagal di usia 32 tahun ini, yaudah," kata Kamga sembari tersenyum.

Dari segi musik antara Hondo dengan Dekat jelas berbeda. Bila di musik Dekat terasa beat up, Hondo menyuguhkan musik yang chill alias santai, seperti single perdana bertajuk Thirty yang dirilis Juli lalu.

Chev sempat mengisahkan cerita di balik lagu Thirty lewat akun instagram pribadi. Ia merasa bersyukur pernah merasakan lika-liku kehidupan beserta jalan keluar suatu masalah.

[Gambas:Instagram]

"Kami sudah ada empat lagu, tapi yang rilis baru satu. Kami ingin setiap satu setengah bulan ada karya baru, jadi akhir tahun ada kumpulan karya. Bisa dalam bentuk album mini atau album," kata Kamga.

Tahun ini Hondo ikut kompetisi musik Go Ahead Challenge yang digagas Soundrenaline. Mereka berhasil lolos dari kompetisi tersebut dan berkesempatan tampil di Soundrenaline 2019.

Meski sudah terjun ke industri musik sejak awal 2000an, Chev menjelaskan tidak pernah merasa gengsi mengikuti kompetisi. Bahkan sebenarnya mereka khawatir ikut kompetisi.

"Kami malah kayak takut karena anak-anak sekarang kemampuannya gila banget," kata Chev.

[Gambas:Video CNN]

(adp/age)


BACA JUGA