Bumilangit Umumkan 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings'

CNN Indonesia | Sabtu, 07/09/2019 20:30 WIB
Bumilangit Umumkan 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' Peluncuran Virgo and The Sparklings. (CNN Indonesia/Aria Ananda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Belum redup euforia para penikmat film terhadap 'Gundala' yang telah tembus satu juta penonton, Screenplay Bumilangit resmi mengumumkan peluncuran film jagoan baru, yakni 'Patriot Taruna : Virgo and The Sparklings'.

Film ini menjadi salah satu film dalam Jagat Sinema Bumilangit atau Bumilangit Cinematic Universe (BCU).

"Kita sudah memberikan Informasi tentang Jagat Sinema Bumilangit, (yakni) film-film yang kita buat dalam sebuah cerita. Dan salah satunya, yang kita buat setelah Gundala, adalah Virgo and the Sparklings," ujar Joko Anwar, Creative Producer film 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings'.


Karakter utama film bertema jagoan super itu diambil dari karakter komik jagoan Indonesia yakni Virgo, karangan Jan Mintaraga pada tahun 1973. Peran Virgo sendiri akan dimainkan oleh Adhisty Zara, yang dikenal sebagai eks anggota grup girlband JKT48.
Joko mengungkapkan bahwa tujuan Virgo diumumkan setelah Gundala adalah untuk menunjukkan bahwa film-film BCU bisa dinikmati oleh semua kalangan, termasuk kalangan yang lebih muda.

Joko pun menyebutkan bahwa film 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' nantinya akan bertema lebih ringan dibandingkan 'Gundala'.

"Kenapa harus Virgo (diumumkan) setelah Gundala. Pertama, kami mau nunjukin bahwa Jagat Sinema Bumilangit bukan hanya untuk penonton (cakupan) lebih kecil. Kita juga ingin memberikan kepada penonton lebih muda. Tidak terbatas pada film yang sangat serius, tapi juga kita buat untuk teman-teman yang lebih suka tontonan lebih light (ringan)," Ucap Joko.

Joko menjelaskan bahwa selain 'Patriot Taruna : Virgo and The Sparklings', masih banyak film-film bertema jagoan lain yang akan dibuat dan masuk ke dalam BCU. Joko mengatakan syuting film-film tersebut pun akan segera dilakukan.
Namun, runutan waktu penayangan film masih belum dapat dipastikan. Ia menyebutkan ada kemungkinan bahwa film lain dapat ditayangkan lebih dulu daripada Virgo pada 2020 nanti.

"Sequence film akan dirilis tahun depan, tahun 2020. Syutingnya akan segera kita lakukan. Tapi mana yang lebih dulu (ditayangkan) apakah Virgo and the Sparklings, atau film yang lain yang belum disebutkan, nanti akan kita umumkan selanjutnya," Ungkap Joko.

Screenplay Bumilangit pun telah mengumumkan bahwa film 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' akan mulai diputar di bioskop Indonesia pada tahun 2020 nanti.

Sejak peluncuran pertama komiknya, Virgo menjadi salah satu karakter populer di Jagat Bumilangit.

Virgo kerap tampil sebagai karater sampingan di komik lainnya dan memegang peran di komik 'Patriot: Prahara' di mana 30 jagoan Jagat Bumilangit bertemu.
Jagat Bumilangit adalah perusahaan hiburan yang mengelola pustaka 1.000 lebih karakter jagoan ciptaan banyak komikus legendaris Indonesia, dan karakter Virgo serta Gundala adalah salah satu diantaranya.

Screenplay Films akan membuat alur cerita film 'Patriot Taruna: Virgo and The Sparklings' berdasarkan komik populer Webtoon berjudul 'Virgo and The Sparklings' ciptaan Komikus Annisa Nisfihani dan Ellie Goh pada tahun 2017 lalu, yang mengadaptasi dari komik original.

Komik tersebut kini telah memiliki 1,4 juta pelanggan di Webtoon, dan juga dapat dibaca dengan opsi 15 bahasa yang berbeda.

Di Komik tersebut, Virgo yang memiliki nama asli Riani, merupakan gadis remaja yang memiliki kemampuan synesthesia, yaitu kemampuan bisa melihat warna suara, serta dapat membuat energi menyerupai aliran listrik dari tangannya.

Riani juga berperan sebagai vokalis sekaligus gitaris di band Virgo and the Sparklings. (ara/age)