Festival Musik Lil Wayne Mendadak Rusuh, Ada Penjarahan

CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 12:40 WIB
Festival Musik Lil Wayne Mendadak Rusuh, Ada Penjarahan Festival musik yang diadakan oleh rapper Lil Wayne mendadak rusuh karena ada hoaks soal penembakan dan perkelahian. (REUTERS/Steve Marcus)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah orang terluka dalam sebuah festival musik yang diadakan oleh rapper Lil Wayne setelah kerusuhan mendadak terjadi di tengah acara, Sabtu (7/9) malam waktu New Orleans.

Sebagian kerumunan dari 15 ribu penonton yang ada di festival tersebut mendadak lari terbirit-birit yang menyebabkan beberapa orang terluka.

Kehebohan itu terjadi setelah penampilan Meek Mill di acara Lil WeezyAna Fest yang diadakan oleh rapper Lil Wayne.


The New Orleans Advocate melaporkan polisi setempat juga tak mengetahui secara persis penyebab kerusuhan tersebut. Namun mereka menduga hoaks penembakan dan perkelahian adalah penyebab kepanikan itu terjadi.

"Adik saya mengatakan kepada saya dan sepupu saya 'lari sudah lari saja'. Saya enggak tahu apa yang terjadi," kata pengacara lokal Melanie Melasky.

"Saya sempat berputar balik untuk melihat apa yang terjadi. Namun semuanya lari tunggang langgang," lanjutnya.

AP melaporkan belum jelas pula jumlah orang yang terluka dalam kejadian tersebut. Media lokal melaporkan banyak penggemar yang berjatuhan ke tanah, mengalami luka, baret, dan memar.

Namun korban luka-luka tersebut dikabarkan dirawat oleh petugas medis setempat.

Kerusuhan itu menyebabkan kondisi kacau di lokasi. Sebuah tenda medis yang didirikan dekat panggung banjir pasien. Sedangkan tenda medis lainnya roboh dan compang-camping hingga bercecer di tanah.

Pagar yang membatasi penonton pun roboh dan rusak tak keruan. Meja-meja terbalik. Tenda minuman dekat panggung utama rusak parah.

"Saya tak tahu apa yang terjadi," kata George Krider, seorang pegawai Bev Inc, perusahaan katering yang mengoperasikan tenda minuman di Lil WeezyAna Fest.

"Itu penyerbuan. Pertama kali yang terbersit 'apakah itu tembakan?' Saya pikir ada yang berkelahi," katanya.

Pihak kepolisian disebut sudah melakukan pemeriksaan dan kemudian mengatakan tak ada yang tertembak di festival tersebut.

Akan tetapi, bukan hanya kerusuhan yang terjadi di acara Lil Wayne itu. Sejumlah pekerja menyebut beberapa orang menjarah selama kerusuhan terjadi. Mereka mencuri uang tunai di kasir dan kotak tip.

Sejumlah penonton festival itu pula mengambil paksa botol minuman keras dan minuman lainnya ketika para petugas festival menyelamatkan diri dan meninggalkan tenda.

Setelah tenda minuman rubuh, dan uang juga minuman keras dicolong, Krider mengatakan dirinya dan sejumlah karyawan menutup tenda tersebut.

"Kami menyelamatkan apa bisa kami selamatkan," kata Krider.

Namun acara terus berlanjut meskipun ada keributan dengan penampilan Meek Mill selama 30 menit, rapper Travis Scott dan Lil Wayne.

Lil WeezyAna Fest pertama kali diadakan pada 2015 untuk memperingati 10 tahun badai Katrina dan sebagian dimaksud sebagai perayaan pemulihan kota tersebut.


(AP/end)