Animasi 'Weathering With You' Bakal Tayang di China

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 16:01 WIB
Animasi 'Weathering With You' Bakal Tayang di China Film animasi Jepang 'Weathering With You' telah lolos sensor dan dipastikan bakal tayang di bioskop-bioskop China. (Foto: dok CoMix Wave Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Animasi Jepang Weathering With You yang disutradarai oleh Makoto Shinkai tengah disiapkan untuk tayang di bioskop-bioskop China. Film itu telah lolos sensor di Beijing, meski tanggal tayangnya belum ditentukan.

Weathering With You dirilis di Jepang pertama kali pada 19 Juli, mengumpulkan US$109 juta di box office domestik. Pergerakan Weathering With You terpantau perlahan tapi pasti. Hollywood Reporter memprediksi animasi itu akan mengalahkan live-action Disney, Aladdin yang telah mendapatkan US$112 juta sejak awal Juni.

Weathering With You digadang akan menjadi film bioskop tersukses di Jepang untuk 2019.


Film itu telah diantisipasi sejak kesuksesan karya Makoto Shinkai pada 2017 dengan Your Name yang mengumpulkan US$357,9 juta di seluruh dunia, dengan rincian US$235,3 juta di Jepang dan US$83,7 di China.

Jepang dan China sama-sama memiliki warisan sejarah yang menyakitkan, namun Tokyo dan Beijing bisa menikmati kondisi politik yang relatif lebih santai dalam beberapa tahun terakhir. Situasi tersebut terbilang membantu perkembangan sinematik Jepang.

Misalnya Hayao Miyazaki dari Studio Ghibli yang terkenal itu. Ia mendapatkan sejumlah uang dengan merilis ulang katalog lama seperti Spirited Away dan My Neighbor Totoro di China, masing-masing sejumlah US$69 juta dan US$25,8 juta. China dinilai menyukai dan menerima seni yang ada di Jepang.

Secara umum Weathering With You terbilang meraup sukses global. Weathering With You telah terpilih sebagai perwakilan Jepang dalam International Feature Film Awards di Oscar 2020, setelah lolos seleksi yang dilakukan oleh komite yang terdiri dari tujuh sutradara film, penulis naskah, dan kritikus.
Animasi Jepang 'Weathering With You' dipastikan bakal tayang di bioskop-bioskop China. (Foto: dok CoMix Wave Films)
Makoto Shinkai pun akhirnya disebut sebagai 'Hayao Miyazaki' selanjutnya. Keduanya terlihat memiliki ciri khas serupa seperti imajinasi dengan sentuhan mistis yang 'aneh', kerap kali menyinggung budaya Jepang, serta menggambarkan hubungan antar-tokoh dengan agak rumit namun mendalam.

Sebelum Your Name dan Weathering With You, Makoto Shinkai telah dikenal lewat film The Place Promised in Our Early Days (2004). Di sana, Makoto berperan sebagai produser. The Place Promised in Our Early Days dinobatkan menjadi Film Animasi Terbaik di Mainichi Film Award 2004. Dari sana, Makoto terus melahirkan karya-karya yang memiliki ciri palet warna cerah, visual pemandangan detail, dan imajinatif.

[Gambas:Video CNN] (rea)