Sutradara Enggan Pertemukan 'Joker' dengan Batman

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 10/09/2019 20:44 WIB
Sutradara Enggan Pertemukan 'Joker' dengan Batman Sutradara Todd Phillips tak tertarik dengan peluang mempersatukan Joker milik Joaquin Phoenix dengan Batman dari Robert Pattinson dalam satu film. (dok. Warner Bros Pictures via YouTube/Warner Bros. Pictures)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara film Joker yang terbaru, dibintangi oleh Joaquin Phoenix, Todd Phillips tidak terlihat gembira dengan ide mempertemukan aktornya dengan Robert Pattinson yang baru-baru ini diumumkan mendapat peran sebagai Batman.

"Tidak, pastinya tidak," kata Todd Phillips kepada Variety, menjawab peluang perjumpaan Joker dan Batman dalam satu film.

"Uniknya, di negara ini, buku komik sudah menjadi seperti karya Shakespeare, dan kau bisa membuat banyak versi 'Hamlet'. Kelak, masih akan ada banyak Joker lainnya, saya yakin, di masa mendatang," kata Phillips kemudian.


Saat ini, Joker adalah salah satu film yang paling ditunggu penggemar. Terlebih setelah trailer final film dirilis, di mana Joaquin Phoenix tampil benar-benar melebur dalam karakter Joker. Sejak awal, Todd Phillips telah menegaskan bahwa Joker terbaru ini akan amat berbeda dari film-film terdahulu.

Menurut Phillips, ia memilih untuk menampilkan Joker seutuhnya dalam cerita orisinal dan tidak berhubungan dengan besutan DC Universe sebelumnya. "Apa yang hebat dari Joker adalah ia seorang narator yang tak dapat diandalkan dan ia tak memiliki cerita asli," katanya.

"Kami punya kebebasan itu. Kami memilih beberapa adegan dari komik. Itu benar-benar membebaskan," ujar Phillips lagi.

Ia mengakui selalu memikirkan Joaquin Phoenix saat menulis naskah, meski ternyata tak mudah meyakinkan Phoenix untuk mau berperan sebagai Joker.

"Saya selalu bilang, dia [Joaquin Phoenix] tak pernah benar-benar setuju untuk tampil dalam film ini. Dia hanya tiba-tiba muncul untuk mencoba kostum," katanya mengingat.
Sutradara Pastikan 'Joker' Takkan Bertemu 'Batman'Aktor Joaquin Phoenix tampil cemerlang dalam perannya sebagai Joker. (Foto: PIZZOLI / AFP)
Jika Joker versi Joaquin Phoenix dipastikan tayang pada awal Oktober 2019, Batman versi Robert Pattinson disebut dijadwalkan tayang pada 2021. Todd Phillips menilai, kedua karakter itu tidak saling berkaitan satu sama lain.

"Saya tidak melihat koneksi keduanya di masa depan. Ini cuma film," kata Phillips.

Meski belum tayang di bioskop, film Joker sudah tayang lebih dulu di Venice Film Festival, Italia, Sabtu (31/8) lalu. Pemutaran tersebut disambut baik, bahkan banjir apresiasi dari berbagai pihak. Ketika film usai, penonton memberikan standing ovation selama delapan menit.

Mayoritas kritikus memuji film yang dibintangi oleh Joaquin Phoenix ini. Mulai dari cerita yang gelap serta menegangkan, sampai film yang menjadi studi karakter karena menampilkan karakter yang mengidap penyakit mental. Kini, Joker digadang akan mendapat sukses besar di gelaran Oscar mendatang.

[Gambas:Video CNN] (rea)