Para 'BJ Habibie' di Dunia Film Indonesia

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 11/09/2019 21:43 WIB
Para 'BJ Habibie' di Dunia Film Indonesia Sosok dan kisah kehidupan BJ Habibie beberapa kali diangkat dalam film layar lebar dengan diperankan oleh tiga aktor berbeda. (Foto: Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden ketiga RI BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Jakarta pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB.

Habibie merupakan tokoh dengan paket komplet yang dimiliki Indonesia. Ia memiliki kemampuan dan kecintaan di bidang teknologi. Mantan Menristekdikti ini juga pernah memecahkan masalah ekonomi saat krisis moneter.

Perjalanan serta peran Habibie di Indonesia beberapa kali diangkat ke layar lebar. Sejumlah aktor berkesempatan memerankan salah satu tokoh kebanggaan Indonesia dan Jerman ini.


Reza Rahadian

Jika membicarakan soal Habibie dan film, nama Reza Rahadian paling melekat di pikiran. Reza Rahadian merupakan aktor pertama yang dipercaya untuk memerankan Habibie untuk film Habibie & Ainun.

Film itu menceritakan perjalanan awal Habibie saat menuntut ilmu di Jerman dan perjuangan cintanya bersama Ainun yang diperankan oleh Bunga Citra Lestari.

Beberapa tahun lalu, kepada CNNIndonesia.com, Reza mengaku berkat film tersebut dirinya bisa dekat dengan Habibie. Mereka kerap membahas banyak hal, terutama soal politik.

Reza Rahadian bahkan sudah dianggap Habibie bagai salah satu cucunya. Namun bukan secara biologis, Habibie mengistilahkannya dengan 'cucu ideologis'.

Reza Rahadian juga dipercaya untuk tetap menjadi Habibie untuk film Rudy Habibie yang dirilis pada 30 Juni 2016. Film yang masih digarap oleh Hanung Bramantyo ini fokus pada kisah cinta Habibie, yang sempat jatuh hati pada seorang gadis Polandia sebelum menikah dengan Ainun.
Para 'BJ Habibie' di Dunia Film IndonesiaReza Rahadian dianggap sukses berperan sebagai BJ Habibie dalam film 'Habibie & Ainun' yang rilis pada 2012. (Foto: Rizky Sekar Afrisia)

Agus Kuncoro

Agus Kuncoro pernah memerankan Presiden ketiga Indonesia dalam film Di Balik 98. Ia bahkan pernah masuk daftar awal Hanung Bramantyo untuk memerankan BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun sebelum akhirnya dipercayakan kepada Reza Rahadian.

Agus Kuncoro pun dipercaya memerankan Habibie untuk film garapan Lukman Sardi, meski Di Balik 98 memang tak secara penuh membahas Habibie.

Tidak kalah dibandingkan Reza Rahardian, Agus Kuncoro dapat dengan mulus memerankan sosok BJ Habibie yang dalam film ini harus naik jabatan kala reformasi melanda.

Jefri Nichol

Jefri Nichol sebelumnya disebut berperan menjadi Habibie muda dalam film Habibie & Ainun 3. Film yang juga digarap oleh Hanung Bramantyo tersebut direncanakan tayang pada akhir tahun ini.

Namun ketika proses syuting telah selesai, Jefri Nichol ditangkap polisi karena kasus narkotika. Hanung mengatakan bahwa proses produksi Habibie & Ainun 3 disebut tak terpengaruh karena kasus tersebut.

Habibie & Ainun 3 memang lebih terfokus pada kehidupan masa muda Hasri Ainun Besari ketimbang Habibie. Aktris Maudy Ayunda terpilih untuk memerankan sosok Ainun muda.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)