Jejak RM Menggapai Karier Internasional di Usia 25 Tahun

CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 19:52 WIB
Jejak RM Menggapai Karier Internasional di Usia 25 Tahun Rapper utama sekaligus pentolan boyband BTS, RM resmi memulai usia barunya ke-25 dengan banyak prestasi skala internasional. (dok. Big Hit Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hari ini merupakan momen spesial bagi pentolan boyband BTS, RM alias Kim Nam-joon. Ia hari ini berulang tahun ke 25. RM tergolong musisi jenius. Selain sebagai rapper utama, ia banyak terlibat dalam pembuatan musik BTS.

Lahir di Seoul pada 12 September 1994, RM tergolong anak yang jenius dan tercatat memiliki IQ 148.

Pada ujian masuk universitas, ia berhasil mendapatkan nilai amat bagus dan membuat dirinya masuk ke golongan murid top satu persen dalam pelajaran bahasa, Matematika, bahasa asing, dan studi sosial. RM juga fasih berbahasa Inggris karena sering menyaksikan serial Friends.


Namun karena kepintaran RM ini pula, ia sempat dilarang oleh orang tuanya terjun ke dunia musik.

RM pun berontak. Tanpa sepengetahuan orang tua, ia sempat mencoba audisi dengan Big Deal Records pada 2009. Namun pada putaran kedua, ia gagal karena lupa lirik.

Rezeki tak kemana. Kala mengikuti audisi itu, RM bertemu dengan rapper Korea Selatan Sleepy yang menyarankan dirinya mengikuti audisi di Big Hit Entertainment. RM pun diterima.

Ketika menjalani pelatihan, RM juga aktif dalam dunia hip-hop underground di Korea Selatan bersama Min Yoon-Gi dan Jung Ho-Seok yang sekarang lebih dikenal dengan Suga dan J-Hope BTS.

Setelah 3 tahun berlatih, RM pun debut dengan BTS pada Juni 2013. Berbeda dengan grup K-Pop kebanyakan, BTS mengusung konsep hip-hop yang sangat kental pada awal kemunculannya.

Selain itu lagu debut mereka, "No More Dream", juga dengan berani mengkritik masyarakat. Sayangnya BTS tidak mendapatkan banyak perhatian pada saat itu dan cenderung diremehkan.

Pada 2015, BTS mulai merasakan popularitas di Korea Selatan berkat lagu "I Need U". Lagu "Fire" yang keluar pada 2016 menambah kepopuleran BTS bukan hanya di dalam negeri saja tetapi juga di kancah Internasional.

Bersama BTS, RM menapak karier di panggung internasional.Bersama BTS, RM (ketiga dari kanan) menapak karier di panggung internasional. (Rich Fury/Getty Images for The Recording Academy/AFP)
Keberhasilan ini yang akhirnya membuka pintu untuk karier internasional RM. Berbagai tawaran kolaborasi dan kerjasama mulai berdatangan kepadanya. Pada 2017, ia pernah berkolaborasi dengan rapper asal Amerika Serikat, Wale, untuk lagu "Change".

Pada Desember di tahun yang sama, RM juga bergabung dengan Fall Out Boy dalam remix lagu "Champion". Kolaborasi tersebut berhasil menjadikan RM sebagai artis Korea Selatan pertama yang masuk dalam chart di Rock Digital Songs. Ia bertengger di urutan kedua pada daftar tersebut.

Sebelumnya pada 2015, RM sendiri diketahui pernah merilis mixtape solo pertamanya yang diberi nama "RM".

Mixtape tersebut berhasil meraih peringkat 48 dalam list "50 Best Hip Hop Albums of 2015" yang dibuat oleh majalah Spin.

Pada tahun tersebut ia juga berkolaborasi dengan Marvel untuk soundtrack film Fantastic Four dengan merilis single digital "Fantastic" bersama dengan Mandy Ventrice.

Selain musisi internasional, RM juga aktif berkolaborasi dengan musisi Korea seperti Kwon Jin-ah, Homme, dan MFBTY.

Tahun lalu, RM kembali merilis mixtape keduanya yang berjudul Mono. Album ini mendapatkan sambutan sangat baik dari masyarakat.

Berkat itu, RM tercatat sebagai artis Korea Selatan pertama yang mendapatkan peringkat wahid di "Emerging Artist Chart" Amerika Serikat. Duo Honne juga ikut berpartisipasi dalam pembuatan lagu-lagu di album ini.

Tahun ini, RM kembali melakukan kolaborasi dengan artis internasional, yaitu Lil Nas. Dengan kepopuleran BTS dan lagu Old Town Road, keduanya mengeluarkan remix dari lagu tersebut dengan penggantian judul menjadi "Seoul Town Road". (kir/end)