5 Drama Korea dengan Rating Tertinggi, 'Sky Castle'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 13/09/2019 08:15 WIB
5 Drama Korea dengan Rating Tertinggi, 'Sky Castle' Serial 'Sky Castle' yang masa tayangnya usai pada Februari 2019 lalu menjadi salah satu drama Korea terfavorit sampai saat ini. (dok. JTBC via hancinema.net)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan yang diraih serial Hotel del Luna membuatnya disebut-sebut menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi di saluran televisi kabel Korea Selatan. Setelah tamat pada 1 September, drama yang dibintangi IU dan Yeo Jin-goo meraih rating 12 persen.

Namun, beberapa drama Korea lainnya yang juga tayang di saluran televisi kabel mendapatkan rating jauh lebih tinggi daripada Hotel del Luna.

Berikut lima drama dengan rating tertinggi yang pernah tayang di saluran televisi kabel Korea Selatan berdasarkan penelusuran CNNIndonesia.com dan perhitungan Nielsen Korea.


5. 100 Days My Prince

Drama yang dibintangi Do Kyung-soo atau D.O EXO bersama Nam Ji-hyun ini mendapatkan rating 14.4 persen. 100 Days My Prince yang tayang di tvN pada 10 September sampai 30 Oktober 2018 ini mengambil kisah dengan latar belakang dinasti Joseon.

D.O EXO berperan sebagai Pangeran Lee Yool yang jatuh hati dengan sahabat masa kecilnya, Yoon Yi Seo (Nam Ji-hyun) dan berencana menikahinya. Namun rencana itu terhalang intrik politik kerajaan yang membuat keluarga Yi Seo harus bersembunyi dan mengganti identitas.

Permasalahan berlanjut ketika Lee Yool mengalami amnesia dan hidup di luar istana dengan menyandang nama Won Deuk. Di kehidupan itu, ia kembali bertemu dengan Yi Seo yang juga telah mengganti identitasnya.

100 Days My Prince bisa ditonton di Viu.

[Gambas:Youtube]

4. Mr. Sunshine

Mr. Sunshine juga mengambil latar belakang era Joseon. Drama yang dibintangi Lee Byung-hun ini mendapatkan rating 18,1 persen setelah tayang pada 7 Juli sampai 30 September 2018.

Kisahnya bercerita tentang Eugene Choi (Lee Byung-hun), seorang warga Korea Selatan yang sempat menetap di AS. Hingga, ia kembali ke negara asalnya sebagai tentara Amerika.

Mr. Sunshine juga masuk daftar drama dengan biaya produksi tertinggi sepanjang masa. Drama yang tayang di tvN dan diproduksi Studio Dragon ini memakan biaya hingga 30 miliar won atau sekitar Rp355,5, miliar.

Mr. Sunshine bisa ditonton di Netflix.

[Gambas:Youtube]
Aktor Lee Byung-hun tampil mengesankan dalam Mr. Sunshine yang masuk daftar drama Korsel terlaris. (Frazer Harrison/Getty Images/AFP)
3. Reply 1988

Reply 1988 merupakan drama yang mengisahkan kejuaraan olimpiade antaruniversitas di Seoul. Drama ini mendapatkan rating 18,8 persen setelah tayang pada 6 November 2015 sampai 16 Januari 2016 di tvN.

Drama ini memilih fokus pada kisah lima orang sahabat yang diperankan oleh Park Bo-gum, Ryu Joon-yeol, Go Kung-pyo, Lee Dong-hwi serta Hyeri. Lambat laun, persahabatan itu mulai berubah menjadi kisah cinta.

Meski mendapat rating tinggi ternyata banyak penggemar K-drama yang tak puas dengan akhir kisah Reply 1998. Seorang penggemar asal Filipina bahkan mengagas sebuah petisi untuk meminta penjelasan lebih lanjut.

Reply 1988 bisa disaksikan di Viu.

[Gambas:Youtube]

2. Goblin (Guardian: the Lonely and Great God)

Goblin merupakan karya Kim Eun-sook lainnya setelah Mr. Sunshine yang masuk dalam daftar drama dengan rating tertinggi sepanjang masa.

Setelah tayang pada 2 Desember 2016 sampai 21 Januari 2017 di tvN, drama ini memperoleh rating 20,5 persen.

Goblin dibintangi banyak artis ternama mulai dari Gong Yoo, Lee Dong-wook, Kim Go-eun, Yoo In-Na serta Yook Sung Jae. Drama ini menceritakan tentang derita Gong Yoo yang hidup ribuan tahun karena masa lalunya.

Sementara itu, Lee Dong-wook berperan sebagai malaikat kematian yang memiliki misi di Bumi. Kim Go-eun serta Yoo In-na mengisi karakter manusia yang ternyata memiliki ikatan masa lalu dengan Gong Yoo dan Lee Dong-wook.

Goblin bisa ditonton di Netflix dan Viu.

[Gambas:Youtube]
Serial 'Sky Castle' menempati posisi tertinggi dalam daftar drama Korea dengan capaian rating tertinggi di saluran televisi kabel Korsel. (Foto: dok. JTBC via hancinema.net JTBC via IMDB)
1. Sky Castle

Sky Castle merupakan satu-satunya drama dari JTBC yang masuk lima besar drama dengan rating tertinggi di saluran televisi kabel Korea Selatan. Drama ini meraih rating 23,78 persen setelah tayang pada 23 November 2018 sampai 1 Februari 2019.

Sky Castle menceritakan kehidupan mewah beberapa ibu rumah tangga kaya raya yang ingin membuat suami mereka semakin sukses. Di dalamnya, juga ditunjukkan cara para ibu itu membesarkan anak-anak mereka, yang diperlakukan bak pangeran dan putri.

Permainan uang serta politik disertakan pula dalam drama yang dibintangi Yum Jung-ah, Lee Tae-ran, Yoon Se-ah, Oh Na-ra serta Kim Seo-hyung ini.

Sky Castle bisa disaksikan di Netflix dan Viu.

[Gambas:Youtube] (chri/rea)