Reza Rahadian Doakan BJ Habibie Segera Jumpa 'Eyang Putri'

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 12/09/2019 15:46 WIB
Reza Rahadian Doakan BJ Habibie Segera Jumpa 'Eyang Putri' Reza Rahadian mendoakan agar BJ Habibie segera 'bertemu' dengan istrinya Ainun, usai Habibie dimakamkan di Kalibata, Kamis (12/9). (Foto: CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Aktor Reza Rahadian menghadiri upacara pemakaman Presiden Republik Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan, Kalibata. Usai menghadiri upacara pemakaman, ia berharap Habibie bertemu dengan istrinya, Hasri Ainun Besari, yang ia sebut dengan 'Eyang Putri'.

"Terima kasih, selamat jalan dan selamat bertemu dengan Eyang Putri," kata Reza ketika ditanya pesan terakhir yang ingin disampaikan kepada Habibie di Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9) siang.

Lebih lanjut, Reza menjelaskan kemungkinan ia bersama mereka yang terlibat dalam film Habibie & Ainun (2012) akan mengadakan acara penghormatan untuk Habibie. Namun ia belum tahu kapan acara tersebut digelar.


"Mungkin nanti akan ada acara (tribut untuk Habibie), tapi harus didiskusikan dulu dengan pihak keluarga," kata Reza.

Dalam film Habibie & Ainun, Reza berperan sebagai Habibie dewasa hingga tua. Sementara Ainun diperankan oleh Bunga Citra Lestari yang juga menghadiri upacara pemakaman tersebut

Film itu mengisahkan perjalanan awal Habibie saat menuntut ilmu di Jerman dan perjuangan cintanya bersama Ainun. Diceritakan pula bagaimana Habibie amat patah hati ketika Ainun meninggal dunia.

Beberapa tahun lalu, kepada CNNIndonesia.com, Reza mengaku berkat film tersebut dirinya bisa dekat dengan Habibie. Bersama Habibie, ia kerap membahas banyak hal, terutama soal politik.

Reza bahkan sudah dianggap Habibie bagai salah satu cucunya. Namun bukan secara biologis, Habibie mengistilahkannya dengan 'cucu ideologis'. Ketika mendatangi rumah duka di kawasan Kuningan, Jakarta, pada Rabu (11/9) malam, tangis Reza pecah tak tertahankan.

Reza Rahadian juga dipercaya untuk tetap menjadi Habibie untuk film Rudy Habibie yang dirilis pada 30 Juni 2016. Film yang masih digarap oleh Hanung Bramantyo ini berfokus pada kisah cinta Habibie, yang sempat jatuh hati pada seorang gadis Polandia sebelum menikah dengan Ainun.

[Gambas:Video CNN] (adp/rea)