Sinopsis 'The Santri', Film Livi Zheng yang Tuai Protes

Tim, CNN Indonesia | Senin, 16/09/2019 13:40 WIB
Sinopsis 'The Santri', Film Livi Zheng yang Tuai Protes Film The Santri karya Livi Zheng dijadwalkan tayang pada Oktober mendatang. (dok. NU Channel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Film terbaru Livi ZhengThe Santri baru-baru ini menuai reaksi dari Ketua Umum Front Santri Indonesia (FSI), Hanif Alathas, yang juga menantu Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab. Menurut Hanif, film itu tidak mencerminkan akhlak dan tradisi santri yang sebenarnya.

Atas faktor tersebut, dia meminta kepada para santri dan para jemaah agar tidak menonton film The Santri yang akan tayang pada Oktober mendatang.

Berikut sinopsis dari film The Santri, dikutip dari laman situs PBNU.


The Santri akan mengangkat nilai-nilai kaum santri dan tradisi pembelajaran di pondok pesantren yang berbasis kemandirian kesederhanaan, toleransi serta kecintaan terhadap tanah air.

Menurut Imam Pituduh dari NU Channel, The Santri dipersembahkan sebagai wahana untuk menginformasikan dan mengkomunikasikan keberadaan dunia santri dan pesantren yang memiliki pemahaman tentang Islam yang ramah, damai dan toleran dengan komitmen cinta tanah air, serta anti terhadap radikalisme dan terorisme.

Serta memotret kehidupan keberagamaan dan komunitas lintas iman, kemudian mempromosikannya.

Dalam trailer resmi, kisah itu berfokus pada kehidupan di sebuah pondok pesantren yang sedang mempersiapkan perayaan Hari Santri. Seorang guru menjanjikan bahwa enam orang santri terbaik akan diberangkatkan dan bekerja di Amerika Serikat.
Sinopsis 'The Santri', Film Livi Zheng yang Diprotes FSIFilm 'The Santri' karya Livi Zheng menuai kontroversi bahkan sebelum ditayangkan. Protes datang dari pimpinan Front Santri Indonesia yang merupakan menantu Rizieq Shihab. (Foto: NU Channel)
The Santri merupakan film yang diinisiasi PBNU melalui NU Channel bekerja sama dengan sutradara Livi Zheng dan Ken Zheng dengan penata musik komposer Purwacaraka. Film ini akan dibintangi sejumlah pendatang baru seperti Azmi Askandar, Wirda Mansur, dan Veve Zulfikar.

Film tersebut direncanakan tayang pada Oktober mendatang, bertepatan dengan Hari Santri.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)