Brad Pitt Akui 'Tak Peduli' Soal Oscar

Tim, CNN Indonesia | Rabu, 18/09/2019 18:11 WIB
Brad Pitt Akui 'Tak Peduli' Soal Oscar Brad Pitt mengaku dirinya tak mengejar kesuksesan Oscar 2020, sekalipun ia dianggap berpeluang besar. (Foto: AFP PHOTO / ADRIAN DENNIS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Brad Pitt memutuskan untuk lebih 'bersantai' jelang pagelaran Oscar tahun depan. Ia dirumorkan akan menjadi nomine setidaknya satu dari dua perannya yang mengesankan tahun ini, yakni dalam Once Upon a Time in Hollywood karya Quentin Tarantino dan Ad Astra besutan James Gray.

Berperan sebagai Cliff Booth di Once Upon a Time in Hollywood dan beradu akting dengan Leonardo DiCaprio, Brad Pitt mendapat banyak ulasan positif. Film yang mengambil latar tahun 1960-an itu merupakan kerja sama keduanya bersama sutradara eksentrik Quentin Tarantino.

Terlebih, Once Upon a Time in Hollywood menjadi film pertama Brad Pitt dalam dua tahun terakhir, setelah War Machine yang tayang di Netflix.


Publik berspekulasi bahwa Brad bisa menjadi salah satu nomine kategori Best Supporting Actor. Namun itu sebelum film Ad Astra muncul ke permukaan, di mana ia berperan sebagai Roy McBride. Ad Astra pun langsung mencuri perhatian, dan telah banyak diantisipasi.

Dinilai memiliki peluang besar di Oscar 2020, Brad justru menyatakan diri akan 'absen'. Ia tak mau mengkampanyekan dirinya sendiri agar lancar mendapatkan Oscar.

"Oh, saya akan absen," katanya kepada Entertainment Weekly.

"Maksudnya, kau tidak akan pernah tahu, dan memang sangat menyenangkan jika karyamu berhasil [jadi nomine Oscar]. Tetapi tujuan film ini adalah agar ada, untuk 'berbicara' kepada seseorang entah hari ini atau satu dekade dari sekarang," lanjut Brad Pitt.

Ia menambahkan kemudian, "Saya menemukan bahwa mengejar [kesuksesan di Oscar] itu merugikan kemurnian niat Anda menceritakan sebuah kisah, dan bisa membelenggu fokus [pada film]."

Sutradara Ad Astra, James Gray menilai bahwa Brad Pitt sepenuhnya memahami karakter Roy McBride. Baginya, Brad telah menunjukkan talenta sesungguhnya justru dengan kemampuan mengontrol diri.

"Dalam beberapa cara, karena dia adalah seorang bintang, akting Brad itu 'underrated'. Dapat mengendalikan penampilan dan tetap bisa menyampaikan ide dan emosi yang perlu untuk film, menurut saya itu sangat sulit," ujarnya.
Brad Pitt mengambil peran utama sebagai Roy McBride dalam film 'Ad Astra' yang tayang mulai 20 September. Ia mengakui mulai mengurangi berperan di layar lebar. (dok. 20thCenturyFox/YouTube)
Dalam kesempatan itu, James pun menyempatkan memuji akting Brad Pitt dalam Once Upon a Time in Hollywood. "Menjadi agak mencolok - dan saya tidak mengatakan hal ini karena ia berakting di film Quentin, yang menurut saya sangat cemerlang - tetapi kadang penampilan yang mencolok dapat membuat kita [penonton] sedikit kebingungan," katanya.

Nama Brad Pitt terbilang meredup dalam beberapa tahun terakhir ini. Bukan karena sudah tak laku, ia mengaku saat ini tengah mulai mengurangi penampilan di layar lebar.

"Akan lebih sedikit [bermain film] ke depannya, karena ada hal-hal yang ingin saya lakukan sekarang. Ketika kau merasa akhirnya bisa memeluk sesuatu, maka itu waktunya kau mencoba memeluk hal lain," kata Brad kepada The New York Times, awal bulan ini.

Ad Astra mengisahkan perjalanan seorang astronaut bernama Roy McBride yang melakukan perjalanan ke tepi luar tata surya untuk menemukan ayahnya yang hilang. Di saat bersamaan, ia juga harus mengungkap misteri sebuah eksperimen yang bisa mengancam kehidupan di Bumi.

Ad Astra mulai tayang pada 20 September.

[Gambas:Video CNN] (rea)