Mira Lesmana-Riri Riza Ungkap Perubahan 'Sunny' dalam 'Bebas'

tim, CNN Indonesia | Rabu, 18/09/2019 19:11 WIB
Mira Lesmana-Riri Riza Ungkap Perubahan 'Sunny' dalam 'Bebas' Mira Lesmana dan Riri Riza membongkar perubahan yang mereka lakukan kala menggarap film 'Bebas' yang diadaptasi dari film laris Korea Selatan, 'Sunny'. (Dok. Miles Films via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Produser sekaligus penulis skenario Mira Lesmana dan Riri Riza membongkar sejumlah perubahan yang ia lakukan kala menggarap film Bebas yang diadaptasi dari film laris Korea Selatan, Sunny.

Mira menyebut ada sejumlah aspek yang ia ubah dari Sunny. Salah satunya adalah latar waktu dalam cerita. Hal ini diakui Mira menimbulkan diskusi panjang dalam timnya.

"Ketika melihat Sunny sempat terpikirkan set 1998. Tapi kalau set '98, kebetulan saya ingat betul kejadian 1997 dan 1998," kata Mira Lesmana saat ditemui media di kawasan Senayan, Rabu (18/9).


"Keadaan saat itu sangat muram dan rasanya geng Bebas yang ekspresif jadi terlihat tak sensitif," lanjutnya.

Sehingga, mereka kemudian memutuskan mengambil latar waktu sekitar 1995, ketika budaya pop sedang berkembang di Indonesia tapi ada kekhawatiran terkait gejolak ekonomi dan politik.

Mira juga menyebut sejumlah karakter di versi Sunny diubah oleh sutradara Riri Riza dalam film Bebas. Riri mengatakan perubahan itu dilakukan demi memasukkan pengalaman pribadi mereka dalam film adaptasi itu.

Namun Riri Riza menjamin perubahan yang ada dalam film Bebas tak akan mengganggu pesan yang ada untuk penonton.

"Sebenarnya beban tidak terlalu dianggap beban. Kan karakternya kami ubah, timeline kami bebas mencari. Yang paling penting mencerminkan emosi 90-an," ucap Riri Riza.
Mira Lesmana-Riri Riza Ungkap Perubahan 'Sunny' dalam 'Bebas'Film Bebas mengisahkan Vina yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta pada 1995 setelah sepanjang hidup berada di Sumedang, Jawa Barat. (Dok. Miles Films via Youtube)
Film Bebas mengisahkan Vina yang baru pertama kali menginjakkan kaki di Jakarta pada 1995 setelah sepanjang hidup berada di Sumedang, Jawa Barat.

Di sekolah baru, Vina bertemu dengan Kris, Gina, Jessica, Jojo dan Suci. Mereka mulai berteman dan membentuk geng bernama Bebas.

Namun karena sejumlah sebab, mereka berenam berpisah dalam jangka waktu lama. Setelah 23 tahun, karena satu kesempatan, Vina bertemu dengan Kris.

Pertemuan itu berujung pada upaya Vina mencari empat teman lainnya supaya kelompok Bebas bisa bersama kembali.

[Gambas:Youtube]

Bebas merupakan hasil adaptasi dari film karya sutradara Kang Hyeong-cheol dan produser Ahn Byeong-ki dan Ahn In-ki.

Di Korea, Sunny yang dirilis pada 4 Mei 2011 dan meraih banyak penghargaan, salah satunya adalah Grand Prize for Film dalam Korean Culture and Entertainment Awards ke-19 serta Content of the Year Style Icon Awards keempat.

Film Sunny bisa disaksikan kembali melalui Viu. Sementara film Bebas akan tayang serentak di seluruh jaringan bioskop Indonesia pada 3 Oktober 2019.

[Gambas:Youtube]

(chri/end)