Laura Basuki Terintimidasi Jadi 'Susi Susanti' di Biopik

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 14:26 WIB
Laura Basuki Terintimidasi Jadi 'Susi Susanti' di Biopik Aktris Laura Basuki didapuk menjadi Susi Susanti dalam proyek biopik 'Susi Susanti: Love All' yang akan edar mulai 24 Oktober mendatang. (Foto: Time International Film)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehidupan atlet Susi Susanti diungkap dalam biopik bertajuk Susi Susanti: Love All. Disutradarai oleh Sim F, serta diproduksi oleh Damn I Love Indonesia Movies bersama Oreima Films, East West Synergy dan Melon Indonesia, film ini menceritakan kisah perjalanan Susi sejak anak-anak sampai bertanding di Olimpiade Dunia Barcelona 1992 dan Piala Thomas Uber 1998, yang mengokohkannya sebagai ikon badminton.

Aktris Laura Basuki dan Dion Wiyoko dipercaya berperan sebagai Susi Susanti dan Alan Budikusuma. Berakting sebagai seorang atlet peraih medali Olimpiade, Laura mengatakan dirinya tak pernah akrab dengan olahraga badminton.

Laura mengaku, meski tak punya latar belakang badminton ia harus menjalani pelatihan khusus, serupa seperti Susi Susanti kala masih menjadi atlet. Ia bahkan sempat mempertanyakan keputusannya berperan dalam Susi Susanti: Love All.


"Pas terima (peran), semangat. Pas latihan pertama, [berpikir] 'oh my God, what am I doing?'" katanya di acara perilisan trailer Susi Susanti: Love All di kawasan Pengangsaan, Jakarta, Rabu (18/8).

Pelatihan intensif tersebut langsung diawasi oleh pelatih asli Susi Susanti, Liang Qiuxia. Menurut Laura, dari pelatihan itu ia jadi tersadar bahwa menjadi atlet harus mempunyai mental tangguh, termasuk soal mendorong mental diri agar menang di pertandingan.

Kehadiran Liang Qiuxia sendiri disebut Laura membuatnya gugup. Ia merasa terintimidasi oleh nama besar dan rekam jejang Liang Qiuxia, meski sang pelatih disebutnya sangat sabar.

"Deg-degan sih pertama kali ketemu, dan ternyata orangnya baik banget, ngayomi, terus juga sabar, karena kan saya mulainya (latihan badminton) dari nol banget," ujar Laura.

Ia menambahkan, "Dia (Liang Qiuxia) sudah 70 tahun, dan dia yang ngajarin gerak geriknya, footwork-nya."
Laura Basuki Terintimidasi Jadi 'Susi Susanti' di BiopikSusi Susanti dan Alan Budikusuma dalam kehidupan nyata. Dalam biopik 'Susi Susanti: Love All', pasangan ini diperankan oleh Laura Basuki dan Dion Wiyoko. (Foto: Dokumen Pribadi)
Dalam film Susi Susanti: Love All, Liang Qiuxia juga tampil, diperankan oleh Jenny Zhang. Selain itu, juga dihadirkan orang-orang yang berperan penting dalam kehidupan dan karier Susi, antara lain mendiang MF Siregar (diperankan Lukman Sardi), atlet Hermawan (diperankan Rafael Tan), serta atlet Ardi B Wiranata (diperankan Nathaniel Sulistyo).

Produser Daniel Mananta mengungkapkan, membuat film Susi Susanti: Love All bagai mewujudkan hasrat yang diimpikan sejak delapan tahun lalu. Mimpi itu berawal dari perjumpaan Daniel dengan Susi Susanti dalam sebuah acara.

"Di belakang panggung, Ci Susi ceritain soal [Piala] Thomas, Piala Uber ini. Thomas Uber Cup ini membuat saya merinding banget. Dari ceritanya sudah merinding banget, dan saat itu saya kayak bilang sama Susi, 'kalau bisa, yuk kita bikin filmnya'," kata Daniel.

Susi Susanti: Love All akan tayang serentak di seluruh jaringan bioskop Indonesia pada tanggal 24 Oktober 2019.

[Gambas:Video CNN] (daf/rea)