Sinopsis 'Memories of Murder', Menguak Pembunuhan di Hwaseong

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 15:25 WIB
Sinopsis 'Memories of Murder', Menguak Pembunuhan di Hwaseong Song Kang-ho (kiri) berperan sebagai detektif yang mendapat kasus spesial, yakni pembunuhan berantai yang menggegerkan Kota Hwaseong di tahun 1980-an. (dok. CJ Entertainment via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Korea Selatan akhirnya berhasil mengetahui pelaku pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan penduduk Kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980an. Pelaku merupakan seorang pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.

Kisah nyata yang tak terungkap selama 30 tahun ini diangkat dalam sebuah film bertajuk Memories of Murder pada 2003. Film itu dibintangi Song Kang-ho jauh sebelum menjadi supir taksi dalam A Taxi Driver dan sebagai kepala keluarga miskin dalam Parasite.

Dalam Memories of Murder, Song Kang-ho berperan sebagai Park Doo-man, seorang detektif di kota kecil yang sedang berusaha memecahkan misteri pembunuhan berantai. Saat itu, ia dibantu Seo Tae-yoon (Kim Sang-kyung), detektif muda asal Seoul yang lebih berpengalaman dibandingkan Park Doo-man.


Kasus bermula pada 1986. Kala itu, seorang perempuan muda diperkosa dan ditemukan tewas dibunuh di selokan. Tak lama setelahnya, seorang perempuan lain ditemukan tewas terbunuh di sebuah lapangan, tak jauh dari lokasi pertama.

Park Doo-man kesulitan menyelesaikan misteri tersebut sebab tak pernah mendapat kasus seperti itu. Teknologi forensik belum ada di era 1980-an, serta sulitnya menemukan bukti membuat Park Doo-man kewalahan.

Namun, Seo Tae-yoon hadir dan menawarkan diri untuk membantu Park Doo-man. Tawaran tersebut malah berujung pertengkaran sebab Seo Tae-yoon dan Park Doo-man memiliki cara berbeda dalam mencari tersangka dan menyelesaikan perkara.

Setelah bertengkar, kedua tokoh itu perlahan mulai mengenali metode dan ciri khas cara tersangka beraksi. Mereka seakan mulai menemukan titik terang dari kasus tersebut.

Sinopsis 'Memories of Murder', Menguak Pembunuhan di HwaseongFilm 'Memories of Murder' menyajikan aksi dua detektif dalam menyibak misteri pembunuhan berantai yang terjadi di Kota Hwaseong di era 1980-an. (dok. CJ Entertainment via imdb.com)
Mereka bahkan sempat mengirimkan data ke Amerika Serikat untuk meminta bantuan dalam mengecek DNA yang diduga pelaku pembunuhan berantai tersebut.

Memories of Murder merupakan film kedua yang disutradarai dan ditulis langsung oleh Bong Joon-ho. Setelah tayang, film ini mendapat apresiasi dari penggemar film dan kritikus.

Hal itu berbuah serenteng penghargaan yang didapatkan Memories of Murder seperti sebagai Film Terbaik dalam Chunsa Film Art Awards, Grand Bell Awards, Korean Film Awards, serta Film Asia Terbaik di Tokyo International Film Festival.

[Gambas:Video CNN] (chri/rea)