5 Drama-Film Korea Adaptasi Misteri Pembunuhan Hwaseong

tim, CNN Indonesia | Kamis, 19/09/2019 19:33 WIB
5 Drama-Film Korea Adaptasi Misteri Pembunuhan Hwaseong Memories of Murder merupakan film pertama yang mengangkat misteri pembunuhan berantai di Hwaseong ke layar lebar. (Dok. CJ Entertainment via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepolisian Korea Selatan akhirnya berhasil mengetahui pelaku pembunuhan berantai yang sempat bikin geger penduduk Kota Hwaseong, Korea pada dekade 1980-an. Pelaku merupakan seorang pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.

Dalam rentang waktu lima tahun (1986-1991), 10 perempuan berbagai usia di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi, diperkosa dan ditemukan tewas.

Kasus yang terpendam dan tak kunjung selesai selama lebih dari 30 tahun itu beberapa kali diangkat ke layar kaca dan layar lebar Korea Selatan.


5. Gap-dong (2014)

Gap-dong merupakan salah satu drama Korea yang mengadaptasi kisah pembunuhan berantai tersebut. Kisah bermula ketika seorang gadis kecil dibunuh dengan brutal pada malam tahun 1996 di Kota Iltan.

Jauh sebelum itu, tepatnya pada 1993, pembunuhan berseri ini juga terjadi di sana dalam radius 12 km yang menewaskan sembilan perempuan.

Detektif Cheol Gon yang diperankan Sung Do-il meyakini pembunuhan itu dilakukan oleh Ha Il-sik, seorang pria yang menderita cacat. Polisi pun menyebutnya sebagai Gap Dong.

Namun, Ha Il-sik memilih bunuh diri demi menunjukkan dirinya bukan seorang pembunuh.

Meski sempat berhenti dan Iltan kembali 'damai', kasus serupa terjadi 17 tahun kemudian. Banyak pihak yang terlihat aneh seperti Gap Dong, salah satunya adalah Lee Joon mantan MBLAQ yang menjadikan Gap Dong sebagai tuhan dan pahlawan hidup.

Gap Dong dibintangi oleh Yoon Sang-hyun, Kim Min-jung, Sung Do-il, Lee Jon, Kim Ji-won, Jung In-gi, Jang Gwang serta Min Sung-wook.

[Gambas:Youtube]

4. Tunnel (2017)

Tunnel juga mengadaptasi kisah pembunuhan berseri yang terjadi di Hwaseong dengan sedikit bumbu fantasi.

Drama ini bermula ketika Detektif Park Gwang-ho yang diperankan Choi Jin-hyuk sangat ingin menangkap pembunuh berantai pada 1986. Saat mengejar pelaku, ia masuk sebuah terowongan dan ketika keluar sudah berada dalam situasi 2017.

Park Gwang-ho berulang kali mencoba kembali dan selalu gagal. Ia akhirnya berupaya menyelesaikan masalah yang telah terjadi 30 tahun lalu bersama beberapa detektif yang berada di masa kini yakni Kim Sun-jae dan Shin Jae-yi.

Ia sempat mengalami kendala karena metodologi pemecahan kasus pada 1986 dan 2017 berbeda. Perkembangan teknologi sempat membuat Park Gwang-ho sedikit kesulitan dalam beradaptasi.

Drama ini dibintangi oleh beberapa bintang ternama seperti Choi Jin-hyuk, Yoon Hyun-min, Lee Yoo-young, Jo Hee-bong, Kim Byung-chul, Kang Ki-young, Kim Min-sang, Lee Shi-a serta Cha Hak-yeon atau yang lebih dikenal dengan N VIXX.

Drama Tunnel bisa disaksikan di Viu.

[Gambas:Youtube]

3. Confession of Murderer (2012)

Confession of Murderer menawarkan sudut pandang baru dari kasus Hwaseong. Jika drama atau film kebanyakan fokus pada pemecahan perkara dan mencari pelaku, Confession of Murderer malah menunjukkan pengakuan dari pelaku pembunuhan berantai.

Kisah juga bermula dari pembunuhan berantai pada 1986-1990. Detektif Choi Hyeong-goo (Jung Jae-young) hampir kehilangan nyawa saat mengejar dan hendak menangkap pelaku. Hal itu membuat dirinya kehilangan sang pembunuh.

Namun, 17 tahun kemudian, seorang laki-laki bernama Lee Doo-seok (Park Si-ho) muncul dan mengaku dirinya pelaku pembunuhan berantai belasan tahun lalu.

Lee Doo-seok menuliskan hal itu dalam sebuah buku dan merilisnya. Hal tersebut menjadi bestseller dan membuat Lee Doo-seok menjadi selebriti.

Langkah Lee Doo-seok membuat Detektif Choi mencurigai motif pengakuannya. Kecurigaan bertambah ketika alah satu perempuan yang diduga korban masih menghilang atau belum ditemukan jenazahnya.

Confession of Murderer bisa disaksikan di Viu

[Gambas:Youtube]

2. Signal (2016)

Signal merupakan salah satu drama yang benar-benar mengadaptasi kisah tersebut hingga detail meski menambah bumbu fantasi di dalamnya.

Drama ini juga menjadi salah satu drama dengan rating tertinggi sepanjang sejarah televisi kabel.

Kisah bermula ketika pembunuhan berantai terjadi pada 1986-1991. Saat itu, 10 perempuan mulai dari nenek berumur 71 tahun hingga anak sekolah berusia 13 tahun menjadi korban pemerkosaan yang kemudian dibunuh.

Drama yang dibintangi Lee Je-hoon, Kim Hye-soo dan Choi Jin-woong ini menceritakan kerja sama detektif di zaman dahulu dan sekarang dalam memecahkan kasus pemerkosaan dan pembunuhan melalui walkie-talkie.

Drama ini memenangkan penghargaan Best Drama serta Best Screenplay dalam BaekSang Arts Awards 2016.

Signal bisa disaksikan di Viu.

[Gambas:Youtube]

1. Memories of Murder (2003)

Memories of Murder merupakan film pertama yang mengangkat misteri pembunuhan berantai di Hwaseong ke layar lebar. Film ini yang kemudian menjadi pemicu para sutradara membuat drama dan film lainnya mengenai misteri tersebut.

Kasus bermula pada 1986. Kala itu, seorang perempuan muda diperkosa dan ditemukan tewas dibunuh di selokan. Tak lama setelah itu, seorang perempuan lainnya ditemukan tewas terbunuh di sebuah lapangan tak jauh dari lokasi sebelumnya.

Detektif Park Doo-man sedikit kesulitan menyelesaikan misteri tersebut sebab tak pernah mendapat kasus seperti itu. Teknologi forensik belum ada serta bukti sulit ditemukan membuat Park Doo-man kewalahan.

Namun, saat itu Seo Tae-yoon hadir dan menawarkan diri untuk membantu Park Doo-man. Tawaran tersebut malah berujung pertengkaran sebab Seo Tae-yoon dan Park Doo-man memiliki cara yang berbeda dalam mencari tersangka dan menyelesaikan perkara.

Setelah pertengkaran tersebut, mereka perlahan mulai mengenali metode dan ciri khas cara tersangka beraksi. Mereka pun seakan mulai menemukan titik terang dari kasus tersebut.

Film ini dibintangi Song Kang-ho, Kim Sang-kyung, Kim Roi-ha, Park Hae-il, Byun Hee-bong dan disutradarai Bong Joon-ho. (chri/end)