5 Rahasia di Balik Layar Serial 'Friends'

Tim, CNN Indonesia | Jumat, 20/09/2019 19:49 WIB
5 Rahasia di Balik Layar Serial 'Friends' Kedua kreator serial 'Friends' membuka beberapa rahasia belakang layar dari sitkom yang tayang selama 10 tahun itu. (NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Serial Friends menandai usia ke-25 tahun sejak episode pertama yang tayang pada 22 September 1994. Serial yang berlangsung selama satu dekade ini tak hanya meninggalkan kesan tersendiri bagi para penggemar, tetapi juga menyimpan sejumlah rahasia.

Baru-baru ini, kreator Marta Kauffman dan David Crane serta produser eksekutif Kevin S. Bright berbagi sejumlah kenangan selama membuat serial hit tersebut. Berikut lima rahasia di balik serial yang dibintangi Jennifer Aniston, Matt LeBlanc, Matthew Perry, Lisa Kudrow, Courteney Cox, dan David Schwimmer, dikutip dari EW.

Lisa Kudrow Benci Mainkan Karakter Ursula


Karakter Ursula pertama kali dikenal lewat serial NBC Mad About You, sosok pelayan angkuh di restoran favorit Paul and Jamie. Kala Lisa Kudrow mendapatkan peran Phoebe, Crane dan rumah produksi berinisiatif untuk turut membawa karakter Ursula sebagai kembaran Phoebe.

"Suami saya Jeffrey [Klarik] adalah penulis naskah Mad About You. Kami harus menemui kreator serial itu Danny Jacobson dan Paul Reiser untuk meminta izin dan mereka dengan baik hati membiarkan kami melakukannya," kata Crane.

Crane kemudian menambahkan bahwa Kudrow tidak menikmati proses syuting adegan dengan karakter kembarannya di TV.

"Lisa benar-benar tidak bersenang-senang melakukannya. Dia tidak suka berakting dengan body double-nya, dan mungkin yang membuatnya lebih sulit karena yang menjadi body double-nya adalah saudara kandungnya sendiri [Helena]," ungkap Bright.

"Saya pikir [tekanan] yang dia alami adalah menempatkan sang adik perempuannya sebagai body double, jadi adegan-adegan itu cukup sulit untuk direkam. Namun akhirnya itu menjadi sangat menyenangkan ketika kau menggabungkannya," lanjutnya.

Rachel Green (diperankan Jennifer Aniston) dan Monica Geller (Courteney Cox) diceritakan sebagai teman satu apartemen dalam serial sitkom Friends. (Foto: NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Sensor Kata 'Kondom', 'Puting' dan 'Penis'

Selama 10 musim, tim produksi Friends harus bernegosiasi dengan tim standar dan praktik NBC tentang berbagai masalah. Salah satu yang paling diingat Kauffman adalah karena kondom.

"Kami memiliki sebuah episode di mana Monica dan Rachel berdebat tentang siapa yang dapat menggunakan kondom di akhir [musim kedua untuk episode The One Where Dr. Ramoray Dies]. Keduanya ingin berhubungan seks malam itu, itu adalah malam yang besar bagi mereka berdua, dan hanya ada satu kondom yang tersisa," katanya.

"Kami bisa menampilkan kotak itu, kami bisa mengocok kotak itu sehingga penonton bisa mendengar ada kondom di dalamnya, tetapi kami tidak bisa mengatakan 'kondom'," kenang Kauffman.

Selain kondom, kata-kata seperti puting dan penis juga dilarang diucapkan di serial Friends.

"Itu adalah dunia yang gila, seperti ketika kami pertama kali mulai kamu bisa mengatakan 'penis', tetapi kemudian tiga tahun setelahnya mereka memutuskan bahwa tidak bisa mengatakan 'penis'," kata Crane.

"Kau tidak bisa mengatakan 'puting' di awal. Kau bisa mengatakan 'penis' tetapi bukan 'puting'," tambah Kauffman.

"Dan kemudian 'penis' kembali [boleh diucapkan], seperti, di musim ketujuh," timpal Crane sambil tertawa.

Banyak yang Ingin Berperan sebagai 'Ugly Naked Guy'

Selain menjadi episode terbaik dari Friends, episode The One Where Everybody Finds Out juga menandai penampilan kedua dan terakhir dari tetangga geng tersebut, Ugly Naked Guy (diperankan oleh Jon Haugen). Namun di balik itu, Kauffman mengungkapkan bahwa banyak orang yang ingin memainkan karakter tersebut.

"Anehnya, ada orang yang ingin bermain Ugly Naked Guy. Padahal hanya disorot dari belakang dan tidak memiliki dialog," ungkapnya.

Lisa Kudrow Lepas dari Karakter Phoebe

Musim kelima serial Friends berpusat pada skema rumit Phoebe dan Rachel (Jennifer Aniston) untuk mengacaukan Monica (Courteney Cox) dan Chandler (Matthew Perry), yang diam-diam berkencan. Dalam upaya mempercepat rayuan palsu Phoebe terhadap Chandler, karakter Joey yang dimainkan Matt LeBlanc berusaha mengubah tampilan Phoebe agar lebih menggoda.

"Saat yang paling saya ingat adalah Matt LeBlanc mencoba membuka kancing bajunya, karena kami melakukan itu beberapa kali sebelum benar-benar berhasil," kata Kauffman.

Dan ketika itu berhasil, tambah Bright, "Itu mengejutkan Lisa pertama kali sehingga dia tertawa sampai lepas dari karakternya, jadi kami harus mengulanginya lagi."
Gunther, pemeran pendukung serial sitkom Friends yang diceritakan selalu mengagumi Rachel Green (Jennifer Aniston). Gunther diperankan oleh James Michael Tyler. (Toni A. Benson via Imdb)
Misteri Nama Belakang Gunther

Sebagai salah satu karakter pendukung paling berkesan, nama belakang manajer Central Perk tercinta, Gunther tidak pernah diketahui. Bahkan, sang pembuat serial sendiri tidak mengetahui secara pasti tentang asal-usul karakter tersebut.

"Apakah dia punya nama belakang?" tanya Crane. Bright pun menimpali, "Dia seperti Cher," seraya merujuk pada seorang penyanyi dan aktris senior AS yang telah berkarier sejak tahun 1960-an.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)