5 Serial yang Terinspirasi dari 'Friends'

tim, CNN Indonesia | Sabtu, 21/09/2019 20:06 WIB
5 Serial yang Terinspirasi dari 'Friends' Setelah 'Friends' tayang sejak 22 September 1994 sampai 6 Mei 2004, beberapa serial baru bermunculan dengan konsep tak jauh berbeda.(Courtesy of Bright/Kauffman/Crane Productions & Warner Bros. Television)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kesuksesan yang diraih serial 'Friends' menginspirasi sejumlah acara TV untuk mengikuti jejaknya. Setelah serial yang tayang sejak 22 September 1994 itu berakhir pada 6 Mei 2004, beberapa serial baru bermunculan dengan konsep tak jauh berbeda.

Berikut lima serial TV yang terinspirasi dari serial tentang kehidupan enam sahabat, Rachel, Chandler, Monica, Joey, Phoebe, dan Ross, dikutip dari Indiewire.

"How I Met Your Mother" (2005-2014)


Tayang perdana hanya satu tahun setelah Friends tamat, "How I Met Your Mother" juga sebuah serial komedi situasi Amerika yang diciptakan oleh Craig Thomas dan Carter Bays, dan disutradarai oleh Pamela Fryman.

Berlokasi di Manhattan, serial ini menceritakan kehidupan sosial dan romantis Ted Mosby (Josh Radnor) dan teman-temannya Marshall Eriksen (Jason Segel), Robin Scherbatsky (Cobie Smulders), Lily Aldrin (Alyson Hannigan) dan Barney Stinson (Neil Patrick Harris).

Kisah ini dibuka dengan sudut pandang Ted, menggunakan sulih suara narasi oleh Bob Saget, pada 2030 yang menceritakan kepada putra dan putrinya peristiwa yang menyebabkan pertemuannya dengan ibu mereka.

Kisah itu kemudian menjadikan serial ini berfokus pada pengungkapan misteri tentang sosok wanita yang dinikahi Ted.

Sementara itu, rujukan cerita ini terhadap Friends adalah tempat mereka berkumpul bar MacLaren mengikuti gaya Friends yang gemar berkumpul di Central Park. Kemudian kisah cinta Ted dan Robin disebut bak asmara Ross dan Rachel.

"The Big Bang Theory" (2007-2019)

Sebagai salah satu sitkom terpopuler, The Big Bang Theory juga bercerita tentang sebuah grup kutu buku. Selain memiliki konsep utama tak berbeda, tapi serial ini justru menjadi pesaing berat 'Friends'.

Serial yang berakhir Mei 2019 lalu itu, disebut-sebut memberikan bayaran gaji besar seperti yang didapat bintang Friends di musim terakhirnya.

"New Girl" (2011-2014)

Kisah ini semula dibuka dengan konsep berbeda yang berfokus pada kehidupan unik tokoh Jess (diperankan Zooey Deschannel). Pada akhir musim ketiga, serial ini kemudian mengisahkan sekelompok dengan enam orang anggota.

Serial ini kemudian menciptakan beberapa adegan dinamika kelompok yang tumbuh melampaui kisah cinta masing-masing. Mereka juga masih mencoba mengikuti gaya 'Friends' untuk berpasangan dan memutuskan pasangan paling populer mereka, Nick (Jake Johnson) dan Jess (Deschanel).

"Perfect Couples" (2010)

Dengan konsep enam orang, bintang berbakat, dan durasi setengah jam, pertunjukan ini dilaporkan memang menjadi proyek NBC untuk melanjutkan kesuksesan Friends.

Kisahnya berfokus pada bagaimana pasangan berinteraksi dengan pasangan lain, berkembang dari waktu ke waktu, dan membaur dalam masyarakat modern.

"Coupling" (2003)

Serial ini disebut merupakan versi cepat dari 'Friends.' Saat itu, produser NBC dilaporkan sengaja memanfaatkan serial Friends yang akan segera berakhir. (agn/end)