Kisah Suram dari Lagu Tema 'Friends', 'I'll Be There For You'

CNN Indonesia | Minggu, 22/09/2019 12:51 WIB
Kisah Suram dari Lagu Tema 'Friends', 'I'll Be There For You' Meski dikenal dengan kesan ceria, lagu tema 'Friends', 'I'll Be There For You' aslinya merupakan lagu yang suram. (NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lagu I'll Be There For You yang dinyanyikan oleh duo The Rembrandts tak bisa dilepaskan dari bayang-bayang serial 'Friends'. Lagu ikonis yang menjadi tema dari serial tersebut diproduseri oleh kreator Friends sendiri, David Crane dan Martha Kauffman.

Pada saat itu, The Rembrandts secara khusus direkrut sang kreator untuk membuat lagu tema serial Friends. Selama proses pembuatan, The Rembrandts mengaku bahwa mereka terinspirasi dari musik the Beatles, khususnya lagu "I Feel Fine".

Bila mendengar dengan seksama, ada sejumlah melodi familiar yang mirip di bagian awal lagu. Lagu "I Feel Fine" sendiri ditulis oleh John Lennon dan dirilis pada tahun 1964.


Bagi The Rambrandts, The Beatles memang memiliki arti sendiri bagi karier mereka. Salah satu personil the Rembrandts, Danny Wilde mengaku bahwa ia mengawali kariernya setelah melihat penampilan the Beatles saat kecil.

"Itu benar-benar mengubah arah kehidupan mudaku. Saya tidak peduli dengan sekolah atau apa pun - saya hanya ingin bermain [musik] rock dan menulis karya!" kenang Wilde kepada Yahoo Entertainment.

Kesuksesan yang diraih serial Friends ini turut menaikkan popularitas lagu tersebut. I'll Be There For You tercatat sempat berada di posisi ke-17 dalam Billboard Hot 100 charts dan memuncaki Billboard Hot 100 Airplay chart selama delapan minggu.

Selain itu lagu ini juga berhasil mencapai top 10 di berbagai negara seperti Australia, New Zealand, Norwegia, Irlandia, serta Britania Raya pada 1995 dan 1997.

Pembuka yang ear-catching dan reff gitar yang mudah diingat juga membuat lagu ini menjadi salah satu lagu serial TV yang paling populer sepanjang masa.

Aslinya, lagu I'll Be There For You hanya memiliki durasi satu menit karena memang sengaja dibuat sebagai lagu tema saja. Namun, Pengarah Program Radio Charlie Quinn, serta Penyiar Radio Tom Peace kemudian menyunting lagu tersebut menjadi berdurasi tiga menit untuk bisa diputar di radio.

Berkat suntingan itu, lagu tersebut pun menjadi hit besar hingga The Rembrandts pun akhirnya merekam ulang lagu tersebut menjadi lagu utuh berdurasi sekitar 3 menit 14 detik
Kisah Suram dari Lagu Tema 'Friends', 'I'll Be There For You' The Rembrandts secara khusus direkrut sang kreator untuk membuat lagu tema serial Friends. (NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Di balik proses pembuatannya, Wilde mengungkapkan bahwa semula lagu I'll Be There For You diciptakan dalam versi lebih gelap dari versi yang banyak orang ketahui. Namun, setelah diskusi lagu itu pun akhirnya digubah kembali menjadi lebih ceria.

"Kami menciptakan yang lebih gelap. Kami berada dalam suasana hati yang lebih gelap pada saat itu; album kami yang saat itu akan rilis memiliki suasana hati yang lebih suram. Kemudian ketika produser mendengar itu, mereka berkata, "Um, hei, bagaimana kalau kita berkumpul dan berkolaborasi pada lirik ini?" ungkapnya.

Hanya saja, Wilde mengatakan bahwa ia lebih menyukai versi aslinya. "Beberapa penggemar kami-- kau tahu penggemar fanatik kami-- memiliki versi itu. kau bisa melihatnya bocor di mana-mana, sesekali."

Di sisi lain, ia juga berbagi pengalaman bahwa selama kesuksesan lagu itu ia sempat berada dalam masa pahit. Grup itu merasa seolah langkah mereka seolah terhenti.
Para kreator Friends, Kevin Bright, Marta Kauffman and David CranePara kreator Friends, Kevin Bright, Marta Kauffman and David Crane (John Lamparski/Getty Images for Tribeca TV Festival/AFP)
"Kami seperti menjadi kesayangan radio dan begitu lagu Friends mulai mengambil alih segalanya, itu benar-benar mengubah arah karier kami dan ke mana kami ingin pergi. Fanbase kami mulai berkurang," katanya.

Dia menambahkan, "Di kepala kami, kami masih 'orang' yang membuat musik 'keren', tapi kami tidak bisa mendapatkan video kedua atau ketiga kami di MTV, karena MTV hanya ingin memutar lagu 'Friends'."

Dua tahun setelah kesuksesan I'll Be There For You, grup ini sempat terpecah karena tekanan yang dirasakan. Bagi Wilde, keputusan itu diambil untuk mereka beristirahat dan membiarkan hal itu memudar. Namun kini, Wilde mengatakan bahwa dirinya sudah jauh lebih bersyukur.

"Pada akhirnya, 25 tahun kemudian, masih ada satu langkah di pintu. Setiap band di planet ini berjuang keras untuk memiliki kesempatan memiliki lagu di acara TV atau iklan sekarang. Kami telah berada di sana sedikit awal, saya kira, tapi itu hal yang luar biasa," kata Wilde.

Album studio pertama Rembrandts dalam 18 tahun, Via Satellite, akan dirilis bulan ini, tetapi duo ini mengatakan bahwa itu tidak pernah diniatkan bersamaan dengan peringatan 25 tahun Friends.

[Gambas:Youtube]

Menginjak tahun ke-25 sejak penayangan perdana, serial Friends akan kembali ditayangkan di stasiun televisi NBC setelah sebelumnya ditayangkan di Netflix.

Sebagai bentuk perayaannya, rumah produksi Warner Bros. pun menggaet Meghan Trainor untuk menyanyikan ulang lagu I'll Be There For You. Nantinya, lagu itu direncanakan rilis pada 22 September.

Anak member The Beatles George Martin, Giles, yang bertanggung jawab atas penerbitan ulang album Sgt. Pepper's Lonely Hearts Club Band, The White Album, dan Abbey Road, telah diminta ke studio rekaman Abbey Road Studios dengan London Metropolitan Orchestra untuk menciptakan versi orkestra lagu tema ikonis Friends.

"Kami merasa terhormat untuk dibawa ke dunia Friends, dan menambahkan sedikit kesenangan untuk merayakan ulang tahun seri ke-25," kata Giles, dikutip dari Yahoo.

Menurutnya, proyek musik yang ia produseri itu atas permintaan langsung dari sang Produser Eksekutif 'Friends,' Kevin Brights.

Sebelumnya sejumlah band rock seperti The Goo Goo Dolls dan Pink Lincolns sempat membuat cover dari lagu ini dengan sedikit perubahan dalam liriknya.

[Gambas:Youtube] (kir, agn/end)