Cerita di Balik Lagu 'Smelly Cat' Andalan Phoebe 'Friends'

Tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 02:42 WIB
Cerita di Balik Lagu 'Smelly Cat' Andalan Phoebe 'Friends' Phoebe Buffay sering membawakan lagu 'Smelly Cat' di depan para sahabat dan pengunjung Central Perk dalam serial 'Friends'. (NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Jakarta, CNN Indonesia -- "Smelly Cat, Smelly Cat,
What are they feeding you?
Smelly Cat, Smelly Cat,
It's not your fault!"

Bagi sejumlah penggemar serial Friends, penggalan lagu tersebut telah menjadi bagian yang tak kalah berkesan, di sisi cerita dan karakternya. Lagu itu menjadi ciri khas dari karakter Phoebe yang diperankan Lisa Kudrow.

Selain berprofesi sebagai pramupijat, Phoebe memang diceritakan memiliki ketertarikan sendiri pada bidang musik. Biasanya ia menyalurkan bakat tersebut dengan tampil sebagai penyanyi di kedai kopi Central Perk, tempat ia dan kawan-kawannya biasa berkumpul.


Lagu ini pertama kali muncul di episode The One With The Baby On The Bus di musim kedua, kala Phoebe tengah berbincang dengan Rachel. Di akhir episode, ia melantunkan lagu itu kembali saat mengajarkan kepada musisi Stephanie Schiffer (diperankan oleh bintang tamu Chrissie Hynde) untuk memainkan Smelly Cat.

Di antara lagu-lagu Phoebe yang lain, Smelly Cat merupakan salah satu lagu yang cukup sering ia bawakan. Misalnya dalam episode The One Where Eddie Moves In, Phoebe membuat rekaman profesional untuk lagu itu dan kemungkinan dengan tujuan komersial. Namun, suaranya kemudian digantikan oleh penyanyi yang lebih tua.

Kemudian dalam The One With Phoebe Ex-Partner, karakter yang dimainkan oleh bintang tamu Elizabeth Daily menggunakan lagu itu sebagai jingle untuk iklan pasir untuk kotoran kucing serta episode The One With Joey's Bag saat Phoebe bertemu ayahnya yang menghilang.

Ayah Phoebe mengungkapkan bahwa dia senang menyanyikan lagu pengantar tidur ketika Phoebe masih kecil, Sleepy Girl, yang memiliki melodi yang sama dengan Smelly Cat.
Cerita di Balik Lagu 'Smelly Cat' Andalan Phoebe 'Friends'Phoebe Buffay sering membawakan lagu-lagunya di Central Perk, tempatnya berkumpul bersama para sahabat. (Foto: NBC Universal, Warner Bros via Imdb)
Smelly Cat sejatinya ditulis oleh penulis naskah episode The One With The Baby On The Bus, Betsy Borns berdasarkan kehidupan pribadinya. Borns mengatakan bahwa lirik lagu Smelly Cat terinspirasi oleh anjing peliharaannya yang bau.

Bahkan, kepada Refinery29, Borns mengungkapkan bahwa semula lagu itu berjudul Smelly Dog.

"Anjing saya sangat bau, namanya Gouda, karena baunya seperti keju yang tidak enak," jelasnya.

Namun, karena penyesuaian dengan naskah, lagu itu kemudian diubah menjadi tentang kucing yang bau.

"Ditentukan bahwa cat itu lebih lucu," tambahnya.

Selain menyanyikan lagu itu di serial, Lisa Kudrow sendiri dilaporkan ikut berperan dalam proses penciptaan lagu itu. Dia disebut mengisi nada untuk lagu itu dengan bantuan dari Chrissie Hynde.

[Gambas:Youtube]
(agn/rea)