Berprestasi, BTS Tetap Ikut Wajib Militer

tim, CNN Indonesia | Senin, 23/09/2019 14:08 WIB
Berprestasi, BTS Tetap Ikut Wajib Militer Kementerian Pertahanan Korea memastikan para anggota boyband BTS tetap menjalani wajib militer meskipun sudah memiliki prestasi internasional. (Dok. Big Hit Entertainment via imdb.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seluruh member BTS dipastikan tetap menjalani wajib militer layaknya warga lelaki Korea Selatan pada umumnya. Hal tersebut dikonfirmasi Kementerian Pertahanan Korea Selatan beberapa waktu lalu.

"Kementerian Pertahanan saat ini sedang berdebat dengan pihak berwenang terkait meningkatkan program layanan alternatif wajib militer saat ini. Tapi belum ada yang diputuskan mengenai perubahan," ujar seorang pejabat Kementerian Pertahanan seperti dilansir The Hollywood Reporter.

Pernyataan itu diberikan terkait desakan para penggemar BTS atau yang disebut ARMY kepada pemerintah untuk memberikan pengecualian bagi idola mereka terkait wajib militer.


Desakan itu berdasarkan banyaknya prestasi dan penghargaan yang diraih BTS baik di Korea serta internasional melalui musik dalam beberapa tahun terakhir.

Boyband asuhan Big Hit Entertainment merupakan pelanggan setia puncak tangga lagu Billboard. BTS bahkan disebut-sebut 'menyusul' band legendaris The Beatles karena sama-sama menguasai tangga lagu Billboard tiga kali selama kurang dari satu tahun.

Boyband yang beranggotakan RM, Jin, Suga, J-Hope, Jimin, V dan Jungkook ini juga menjadi duta UNICEF dalam kampanye mencintai diri sendiri.

Namun, Kementerian Pertahanan menegaskan hal tersebut tak bisa membuat BTS 'bebas' dari wajib militer.

Sejak 1957, setiap warga laki-laki Korea Selatan berusia 18-28 tahun diwajibkan menjalani wajib militer sekitar dua tahun. Perempuan diizinkan bila ingin mendaftar secara sukarela.

Bila melihat umur personel BTS, Jin merupakan anggota pertama yang akan menjalani wajib militer. Vokalis sekaligus visual BTS ini lahir pada 4 Desember 1992 sehingga akan berusia 27 tahun tahun ini.

Hal itu akan berlanjut pada Suga (1993), J-Hope (1994), RM (1994), Jimin (1995), V (1995) dan Jungkook (1997).

[Gambas:Video CNN]

Dalam sebuah wawancara bersama CBS Sunday Morning pada April lalu, Jin mengatakan sebagai warga Korea sudah sewajarnya dirinya serta seluruh member BTS menjalani wajib militer.

"Ketika tugas memanggil, kami akan siap menjalaninya dengan baik," kata Jin.

Hal itu membuat ARMY menerima keputusan idolanya untuk menjalani wajib militer. Namun kali ini mereka meminta agar seluruh anggota BTS menjalani wajib militer bersama-sama sehingga tidak terpisah dan akan kembali lagi bersama. Permintaan itu bahkan menjadi sebuah petisi dalam change.org.

"Jika semua anggota masuk wajib militer bersama dan kembali dalam dua tahun. Itu akan mempersingkat waktu dan membantu karier mereka," ucap pembuat petisi yang kini sudah ditandatangani lebih dari 21 ribu orang tersebut. (chri/end)