Mulan Jameela, Biduan Kafe yang Melenggang ke Senayan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 24/09/2019 00:29 WIB
Mulan Jameela, Biduan Kafe yang Melenggang ke Senayan Lolosnya Mulan Jameela ke Senayan sebagai wakil rakyat menuai protes dari rekan sesama caleg, juga warga Garut, daerah yang diwakili Mulan. (Detikcom/Palevi S)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyanyi Mulan Jameela diumumkan akan segera duduk di Senayan. Ia menggantikan dua caleg Partai Gerindra yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos menjadi anggota DPR RI periode 2019-2024.

Peristiwa itu bisa jadi menjadi babak baru bagi perempuan bernama Raden Terry Tantri Wulansari itu.

Mulan Jameela berasal dari Jawa Barat. Ia sebelumnya bernyanyi dari kafe-kafe di seputar Bandung sampai pada 2005, Maia Estianty yang saat itu masih berstatus sebagai istri Ahmad Dhani, mengajaknya bergabung dalam duo Ratu untuk menggantikan Pinkan Mambo. 


Bersama Ratu, Mulan sempat merilis dua album, yakni Ratu & Friends dan No. Satu pada 2005 dan 2006. Teman Tapi Mesra menjadi megahit.

Kesuksesan itu rupanya membuat Ratu lebih percaya diri untuk melepas album kedua yang memiliki sejumlah hit seperti Lelaki Buaya Darat, Semakin Hari Semakin Cinta, dan Dear Diary. Album No. Satu terjual hingga 500 ribu kopi di minggu pertama rilis, menempatkan Ratu sebagai grup wanita paling populer di Indonesia.

Kehidupan Mulan seketika menjadi santapan publik ketika media mengendus hubungan cinta segitiga antara Ahmad Dhani, Maia Estianty, dan Mulan. Hal ini bukan masalah sepele bagi masyarakat, terlebih karena Ahmad Dhani, pada masa itu, masih disegani sebagai seorang musisi bertangan dingin. Ia sudah menikah dan mempunyai tiga anak dari Maia Estianty, sehingga rumor ini menjadi salah satu cerita yang populer di era 2000-an.

Melalui berbagai drama termasuk perebutan anak, Ahmad Dhani dan Maia Estianty akhirnya benar-benar bercerai pada 2008. Dhani sendiri tidak pernah memberikan klarifikasi secara jelas tentang prahara rumah tangganya, sementara Mulan Jameela memilih bungkam. Dalam sepotong pengakuan Dhani, ia menyebut menikahi Mulan secara siri pada 2009.

Pada 2007, ia bergabung dengan Republik Cinta Management. Ia merilis album solo bertajuk Mulan Jameela pada 2008, melahirkan hit seperti Makhluk Tuhan Paling Sexy, Wonder Woman, sampai Jatuh Cinta Lagi.

Album itu tak terbilang gagal, Mulan bahkan sempat mendapat beberapa nominasi penghargaan. Tetapi masyarakat sudah memiliki penilaian tersendiri terhadap Mulan, sehingga kebanyakan yang ia lakukan hanya menghasilkan cibiran.

[Gambas:Youtube]

Mulan tak pernah lepas dari bayang-bayang Dhani, meskipun ia sendiri jarang melakukan hal yang mengundang perhatian, misalnya rilis lagu. Namanya selalu disebut dalam setiap kontroversi dalam kehidupan Dhani yang dalam beberapa tahun terakhir memutuskan untuk terjun ke politik.

Di awal 2019, Ahmad Dhani resmi menghuni LP Cipinang sebagai terpidana kasus pencemaran nama baik lewat ujaran 'idiot'. Mulan Jameela pun sempat menghadiri persidangan sang suami pada Maret lalu.
Mulan Jameela, Biduan Kafe yang Melenggang ke SenayanMulan Jameela saat mengunjungi Ahmad Dhani di Rutan Klas 1 Surabaya, Medaeng, Sidoarjo. (Foto: CNN Indonesia/Farid Miftah Rahman)
Kemudian secara mengejutkan, pada Pilkada April 2019 lalu Mulan Jameela mencalonkan diri menjadi anggota legislatif DPR RI dengan daerah pemilihan Kabupaten Garut dan Tasikmalaya, Jawa Barat dan mendapat urutan kelima dalam dapil. Tak diketahui latar belakang politik apa yang memicu percaya diri Mulan, karena dari penghitungan surat suara, ia gagal maju ke Senayan dengan raihan sekitar 24 ribu suara.

Bersama 13 orang kader Gerindra lainnya, Mulan Jameela mengajukan gugatan kepada Dewan Pimpinan Pusat Gerindra dan Dewan Pembina Partai Gerindra. Gugatan dimasukkan ke PN Jakarta Selatan terkait penetapan calon anggota legislatif terpilih. Lima orang kemudian mencabut gugatan, hingga menyisakan sembilan penggugat termasuk Mulan.

Jelang akhir Agustus lalu, Hakim PN Jaksel memutuskan mengabulkan gugatan tersebut. Keputusan itu bakal melancarkan jalan Mulan Jameela menuju Senayan, meski lantas terjadi kemelut dalam tubuh Gerindra sendiri.

Empat caleg yang sebelumnya dinyatakan terpilih dalam Pemilu 2019 menggugat partai pimpinan Prabowo Subianto itu karena menggantikan posisi mereka dengan meloloskan empat caleg lain, termasuk Mulan.

Tak hanya caleg Gerindra yang memprotes keputusan itu. Sejumlah warga Garut, kawasan yang diwakili Mulan Jameela, menyatakan tak setuju dengan Mulan yang menggantikan Ervin Luthfi.

"Saya selaku masyarakat Garut kecewa, KPU tidak konsisten," kata Koordinator Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut, Heri Rustiana, Minggu (22/9).

Heri tak sendiri. Di Twitter, warganet bercuit menyuarakan pandangan seperti yang dilakukan akun @Tegoeh60397310 dan @Yusuf91553749.





Namun akun @akshanbv memilih untuk bersikap netral. Menurutnya, mereka yang mengolok belum tentu lebih baik secara pribadi daripada Mulan Jameela.



Hingga saat ini, Mulan Jameela belum mengeluarkan pernyataan apapun terkait rencana 'petualangan' barunya nanti di Senayan. (rea)