REVIEW SINGLE

AKMU, 'How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love'

Tim | CNN Indonesia
Rabu, 25 Sep 2019 18:50 WIB
Duo kakak-beradik Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun yang tergabung dalam Akdong Musician merilis video musik terbaru dengan banyak warna biru dan kesedihan. Kakak-beradik Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun yang tergabung dalam Akdong Musician atau AKMU baru saja melepas video musik terbaru berjudul 'How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love' pada Rabu (25/9). (dok. YG Entertainment)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akdong Musician atau yang dikenal dengan AKMU merilis video musik terbaru bertajuk How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love pada Rabu (25/9) sore. Lagu tersebut sekaligus merupakan single hit dari album terbaru, Sailing.

How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love merupakan lagu pertama yang dirilis dalam album single Summer Episode yang dirilis pada Juli 2017, sebagai karya terakhir mereka sebelum Lee Chan-hyuk menjalani wajib militer.

Hal itu pula menyebabkan Sailing menjadi album pertama AKMU yang dirilis setelah Lee Chan-hyuk menyelesaikan wajib militer pada 29 Mei 2019.

How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love menceritakan tentang rasa sakit hati yang muncul karena mencintai orang yang tak lagi berada di sisi kita.

Jika sebagian besar lagu AKMU didominasi petikan senar gitar Chan-hyuk, How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love terdengar lebih banyak dihiasi dentingan tuts piano atau keyboard.

Layaknya video musik balada, beberapa unsur seperti hujan dan kesendirian dapat ditemukan dalam video terbaru AKMU.

Namun, AKMU bisa membuat adegan berlayar yang biasanya menjadi andalan untuk video musik beat cepat ala musim panas malah terlihat sedih dan sepi melalui alunan musik serta lirik dari How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love.

Tak hanya itu, Lee Chan-hyuk turut 'menuangkan' pengalaman menjadi Angkatan Laut saat wajib militer dalam video musik tersebut melalui kapal, lautan, serta warna biru laut di banyak adegan.

Pengalaman tersebut juga diungkapkan dalam lirik, "Cinta kita sedalam lautan yang harus menanti laut kering untuk kita berpisah."

Mendengarkan How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love berulang kali menimbulkan keinginan untuk membuat lagu yang ditulis Chan-hyuk saat menjalani wajib militernya itu menjadi lagu tema orisinal sebuah drama Korea.
AKMU, 'How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love'Kakak-beradik Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun merilis video musik untuk lagu balada terbaru Akdong Musician, Foto: Dok. YG Entertainment
Indahnya paduan dari perbedaan tingkatan nada suara Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun membuat pre-chorus hingga chorus How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love benar-benar terdengar seperti sebuah lagu tema drama.

Lee Chan-hyuk mengatakan How Can I Love The Heartbreak, You're The One I Love serta sembilan lagu lainnya ia tulis saat wamil dan tanpa gitar. Ia memulai dengan menulis lirik dan mencari melodi, lalu mengingatnya.

[Gambas:Youtube]

Sementara itu, satu lagu dari album Sailing, yang berjudul Farewell Greetings diaransemen oleh Lee Su-hyun.

Dalam konferensi pers yang dilansir MK Sports via Naver, Lee Su-hyun dan Lee Chan-hyuk menyatakan memilih untuk dikenal sebagai AKMU. Hal itu bukan tanpa pemikiran panjang.

Lee Su-hyun mengatakan dalam karakter tulisan China, 'Ak' berarti menyenangkan dan 'dong' berarti anak. Saat debut, Lee Chan-hyuk dan Lee Su-hyun berusia 18 tahun dan 15 tahun.

Sementara itu, Lee Shu-hyun menyadari dirinya dan saudara laki-lakinya itu kini telah beranjak dewasa.

"Jadi kami memilih untuk menghapus kata 'dong' dan ingin dikenal sebagai AKMU supaya tak membatasi musik kami di masa depan," kata Lee Su-hyun.

AKMU merupakan duo bersaudara yang debut dalam YG Entertainment pada April 2014 setelah memenangkan K-Pop Star 2.

(chri/rea)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER