Music at Newsroom

Kolaborasi 'Tak Sengaja' Monica Karina dan Dipha Barus

Tim, CNN Indonesia | Kamis, 26/09/2019 16:52 WIB
Kolaborasi 'Tak Sengaja' Monica Karina dan Dipha Barus Monica Karina menyanyikan 'Money Honey' bersama Dipha Barus di Music at Newsroom CNNIndonesia.com. (Foto: CNN Indonesia/Daniela Dinda)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Monica Karina semakin sering bergaung dalam beberapa tahun belakangan ini. Pertama kali dikenal karena berkolaborasi dengan Dipha Barus melalui lagu Money Honey (Count Me In), ia sendiri tak menyangka dirinya akan menggeluti profesi sebagai penyanyi seperti sekarang. 

Wanita yang lahir pada 24 Agustus 1995 ini mengaku tidak pernah mempelajari musik secara profesional. Satu-satunya pelajaran musik yang pernah ia dapatkan adalah les piano klasik, itu pun karena perintah orang tua. Setelah beranjak dewasa, Monica malah lebih tertarik pada dunia film dan fotografi. Ia menunjukkan keseriusan dengan mengambil jurusan DKV berkonsentrasi di sinematografi Universitas Pelita Harapan.

Bergelut di jurusan sinematografi membuatnya berteman dengan banyak orang-orang artistik. Monica mengakui, mereka ini yang membuatnya lebih dekat dengan musik. Salah satu orang yang ia temui adalah Marcella Febrianne atau yang dikenal dengan nama Cindercella. Pertemanan keduanya kerap diisi dengan berkaraoke dan membuat video cover lagu untuk diunggah di Instagram.


Salah satu unggahan tersebut menarik perhatian Dipha Barus. Monica mengungkapkan, komunikasi terjalin melalui fitur pesan di Instagram. Mulanya, ia menduga ajakan kolaborasi Dipha hanya sebatas pencarian talenta belaka. Baru setelah bertemu muka dan berdiskusi, Monica menyadari Dipha memang serius. Tak lama, lagu Money Honey (Count Me In) dirilis.

[Gambas:Youtube]

Panggung pertama yang dijalani oleh Monica adalah konser The Chainsmokers. Dipha Barus yang didapuk sebagai aksi pembuka mengajak Monica untuk membawakan Money Honey. Di panggung itu juga, untuk pertama kalinya Monica bernyanyi di depan kedua orang tuanya.

Artis yang berada di bawah naungan Pon Your Tone itu mengungkap penyanyi RnB SZA sebagai panutannya. Selain itu nama-nama seperti Kehlani, Mahalia, dan Kali Uchis jadi inspirasi Monica dalam membuat lagu. Ia mengaku bahwa dalam lagu pertamanya, Skin To Skin, ia sangat terinspirasi oleh Kali Uchis. 
Dipha Barus bersama Monica Karina membawakan 'Money Honey' di Music at Newsroom yang bisa disaksikan secara live streaming pada Jumat (27/9), pukul 15.00 WIB. (Foto: CNN Indonesia/Daniela Dinda)
"Ketika menggarap Skin To Skin, saya sedang benar-benar terpengaruh oleh Kali Uchis. Mungkin itu sebabnya ia [Skin To Skin] terdengar berbeda dari lagu RnB lainnya," kata Monica ketika mengunjungi redaksi CNNIndonesia.com bersama Dipha Barus.

Meski saat ini Monica mengusung genre RnB, ia tak mau mengkotakkan dirinya sendiri pada satu genre saja. Ia masih menyimpan hasrat untuk mengeksplor suara dan kemampuan bernyanyi. 

Dari ruang redaksi CNNIndonesia.com, Dipha Barus dan Monica Karina bakal membawakan Money Honey untuk Music at Newsroom yang bisa disaksikan secara live streaming pada Jumat (27/9), pukul 15.00 WIB. 

[Gambas:Video CNN] (kir/rea)