'Suzzanna' Akan Kembali di Film 'Ratu Ilmu Hitam'

Tim, CNN Indonesia | Senin, 30/09/2019 20:34 WIB
'Suzzanna' Akan Kembali di Film 'Ratu Ilmu Hitam' Sutradara Kimo Stamboel memastikan sosok yang dulu diperankan oleh Suzzanna akan kembali muncul dalam film 'Ratu Ilmu Hitam' versi 2019. (Dok. Rapi Films)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sutradara Kimo Stamboel memastikan sosok yang dulu diperankan oleh Suzzanna Martha Frederika van Osch akan kembali muncul dalam film Ratu Ilmu Hitam baru. Film ini merupakan produksi ulang dari film bertajuk sama yang dirilis 1981 silam.

"Bakalan ada lagi sosok yang dulu diperankan Suzzanna. Diperankan oleh salah satu aktris yang sudah diumumkan," kata Kimo saat jumpa media di kawasan Senayan, Jakarta Selatan, Senin (30/9)

Melansir situs Rapi Films, dalam Ratu Ilmu Hitam (1981) Suzzanna memerankan perempuan bernama Murni. Kohar, mantan Murni, menghasut warga desa bahwa Murni mengacaukan pernikahannya dengan ilmu hitam.


Warga percaya hingga akhirnya melempar Murni ke jurang. Beruntung ia ditolong oleh Gendon, dukun dari desa sebelah yang sebenarnya mengacaukan pesta pernikahan Kohar.

Apa yang dilakukan Gendon bukan tanpa sebab, ia ingin balas dendam kepada ayah Kohar bernama Sapri. Sapri merupakan orang yang mengalahkan Gendon saat pemilihan Lurah.

Murni akhirnya mengabdi kepada Gendon. Mereka bekerja sama untuk membalaskan dendam masing-masing yang pada akhirnya berdampak pada warga desa.

"Kalau dalam Ratu Ilmu Hitam yang sekarang, sosok yang diperankan Suzzanna porsinya cukup signifikan. Tapi tidak menjadi pusat cerita, tidak mengisahkan cerita bukan dari sudut pandang dia seperti versi 1981," kata Kimo.

'Suzzanna' Akan Kembali di Film 'Ratu Ilmu Hitam'

Pada Senin (30/9), Rapi Films telah merilis trailer perdana Ratu Ilmu Hitam. Dalam trailer terlihat banyak adegan sadis dan menegangkan, seperti membenturkan kepala hingga berdarah-darah sampai keluar kelabang dari mulut dan telinga.

Kimo menjelaskan bahwa akan ada sajian gore dalam film bergenre horor ini. Namun bila dibandingkan dengan versi lama, Ratu Ilmu Hitam yang dirilis 7 November mendatang ini kalah sadis.

"Versi 81 lebih gore, zaman dulu kan darah dan lain-lain gitu enggak direm. Kalau yang sekarang gue membuat gore sesuai kebutuhan. Joko Anwar menulis naskah, gore mengikuti cerita," kata Kimo.

Lebih lanjut, Kimo juga menampilkan beberapa adegan yang sangat ikonis di Ratu Ilmu Hitam versi 1981. Salah satunya tubuh tanpa kepala yang bisa dilihat dalam trailer.
'Suzzanna' Akan Kembali di Film 'Ratu Ilmu Hitam'Sutradara Kimo Stamboel. (CNN Indonesia/M Andika Putra)

Ratu Ilmu Hitam (1981) merupakan salah satu film horor legendaris Indonesia. Terlebih menampilkan Suzzanna sebagai pemeran utama yang dikenal sebagai aktris spesialis horor.

Pada 1982, Ratu Ilmu Hitam berhasil masuk lima nominasi Festival Film Indonesia. Lima nominasi tersebut adalah Pemeran Utama Wanita Terbaik, Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Tata Sinematografi Terbaik, Penyuntingan Terbaik dan Tata Artistik Terbaik.

Pada masa itu film yang disutradarai Lilik Sudjio ini sudah berhasil menarik perhatian internasional. Ratu Ilmu Hitam tayang di berbagai negara, salah duanya di Amerika Serikat dengan judul Queen of Black Magic dan di Prancis dengan judul Exorcisme Noir.

[Gambas:Youtube] (adp/end)