Primus Yustisio, 'Manusia Millenium' di Senayan

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 11:45 WIB
Primus Yustisio, 'Manusia Millenium' di Senayan Selebriti Primus Yustisio duduk di kursi anggota DPR untuk ketiga kalinya. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Senyum Primus Yustisio pernah diidolakan gadis-gadis ketika ia keluar sebagai salah satu pemenang ajang cover boy sebuah majalah di pertengahan 1990-an. Seperti kebanyakan model saat itu, tak butuh waktu lama sampai ia lantas beralih ke layar televisi.

Primus cukup lama mondar-mandir di dunia sinetron, termasuk Cinta bersama Desy Ratnasari yang mengantarnya meraih penghargaan Bintang Sinetron Terfavorit Panasonic Awards pada 1999, serta Panji Manusia Millenium yang juga sempat populer.

Kiprah Primus berlanjut di beberapa iklan dan sempat muncul di sejumlah video musik milik Nafa Urbach, yakni Hati yang Kecewa, Hatiku Bagai di Sangkar Emas, Tiada Dusta di Hatiku, dan Bilakah. Pada 2011, ia serta dalam film Mestakung.


Di tahun 2002, Primus menjalin kasih dengan aktris Jihan Fahira. Hubungan ini berlanjut ke pernikahan dua tahun kemudian, hingga kini Primus dan Jihan memiliki empat orang anak. Setelah berkeluarga, pemeran Panji dalam Panji Manusia Millenium tersebut tiba-tiba banting setir ke politik, keputusan yang sempat membuat publik terkejut.
Primus Yustisio, 'Manusia Millenium' di SenayanPrimus Yustisio dan istri, Jihan Fahira. Jihan diketahui amat mendukung karier politik sang suami. (Foto: CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Langkah pertamanya adalah dengan mencalonkan diri sebagai Bupati Subang pada 2008. Upaya itu gagal. Namun Primus gigih berusaha, ia mencoba maju sebagai anggota DPR dari Partai Amanat Nasional (PAN) untuk Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat IX. Kali ini, ia mendapat hasil manis.

Primus semakin serius berpolitik. Tahun 2014, mantan Wakil Setjen DPP PAN itu kembali maju sebagai calon legislatif DPD Dapil Jawa Barat V. Perolehan 45,485 suara mengantarnya duduk di Gedung DPR untuk kedua kalinya di periode 2014-2019.

Di pencalonan ketiga kali, Primus kerap mendapat dukungan dari politikus Sandiaga Uno. Dalam unggahan Instagram yang kini sudah dihapus, sang istri Jihan Fahira beberapa kali menunjukkan 'kemesraan' Primus dan Sandiaga.

Jalan Primus tampak lancar di dunia politik. Ia yang kini mengubah penampilan dipastikan akan tetap duduk di kursi anggota DPR untuk lima tahun ke depan. Primus Yustisio mengajukan diri lagi sebagai caleg PAN untuk Dapil Bogor, Jawa Barat. Ia sempat harus 'bertarung' dengan politikus lain dari Golkas, PKS, sampai PDI Perjuangan.

Selasa (1/10), Primus kembali dilantik jadi wakil rakyat setelah berhasil mengumpulkan 86,983 suara.

[Gambas:Video CNN] (rea)