The 1975 Konsultasi soal Hijab ke Penonton Konser di Jakarta

Tim, CNN Indonesia | Selasa, 01/10/2019 16:52 WIB
Di sela konser di Jakarta, The 1975 mengungkapkan rencana untuk membuat merchandise berupa hijab. The 1975 mengungkapkan rencana untuk merilis merchandise berupa hijab kala menggelar konser di Jakarta untuk kedua kalinya, Minggu (29/9). (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
Jakarta, CNN Indonesia -- Band The 1975 kembali mengadakan konser di Jakarta pada Minggu (29/9) malam. Grup asal Inggris ini tampil selama satu jam setengah membawakan 23 lagu andalan dari tiga album yang telah dirilis, The 1975, I Like It When You Sleep, for You Are So Beautiful yet So Unaware of It, A Brief Inquiry into Online Relationships, serta satu lagu baru dari album yang akan datang, Notes on a Conditional Form.

Selain menghibur lewat musik, The 1975 banyak berinteraksi dengan penonton. Mulai dari kegembiraan mengadakan pertunjukan, hingga konsultasi soal merchandise yang akan dibuat.

Sang vokalis Matthew Healy atau juga dikenal Matty Healy mengungkapkan bahwa mereka sedang membuat merchandise berupa hijab. Dalam konser, ia menanyakan tentang penggunaan hijab itu sendiri.


"Kami sedang bekerja untuk membuat merchandise baru, boleh saya bertanya pada orang-orang yang mengenakan sesuatu (hijab) di kepala mereka? Saya melihat banyak dari kalian yang menggunakan scarf di kepala. Saya tak memahami tentang budaya atau semacamnya tentang itu," katanya.

"Apakah itu hanya bisa satu warna?" lanjut Matty bertanya dan dijawab, "Tidak," oleh penonton.

"Jadi itu bisa [warna] apa saja dan itu hanya berpaku pada bagaimana secara spesifik penggunaannya menutup kepala?" tanya Matty lagi dan diiyakan oleh penonton.
The 1975 kembali ke Jakarta untuk kedua kalinya pada Minggu (29/9) di GBK Senayan. (Foto: CNN Indonesia/Agniya Khoiri)
"Okay, that's sweet. Kami akan membuatnya menyenangkan dengan itu," ujar sang vokalis, disambut riuh penonton.

Sebelumnya, Matty sempat berkicau di Twitter tentang rencananya membuat merchandise berupa hijab. Dia mengaku ide pembuatan itu terinspirasi oleh pemilik akun @Serendipititty.

"The 1975 Hijabs coming through for the haram-bae's!! Currently working on them. Selection of pins also I'm hoping," kicaunya pada Agustus lalu.



Konser The 1975 di Jakarta merupakan yang kedua setelah menjadi penampil di Festival We The Fest pada 2016 lalu. Dalam konser kali ini, penampilan pencetak hit Chocolate itu dibuka oleh Barasuara yang menyanyikan lagu andalannya, Pikiran dan Perjalanan, Guna Manusia, Bahas Bahasa, serta Api dan Lentera.

Selain menampilkan pertunjukan musik, The 1975 juga mengajak penonton untuk sadar akan kondisi dunia saat ini yang sedang tak baik-baik saja. Dia menyoroti isu krisis iklim, politis, masalah kekerasan senjata, hingga permasalahan sosial di tengah gejolak masyarakat modern.

[Gambas:Video CNN] (agn/rea)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK