Penjualan Tiket Konser EXO Kisruh, Promotor Buka Suara

CNN Indonesia | Rabu, 09/10/2019 16:11 WIB
Penjualan Tiket Konser EXO Kisruh, Promotor Buka Suara Para penggemar EXO murka karena ada kecurigaan penjualan tiket konser idola mereka 23 November mendatang berjalan curang, promotor pun buka suara. (Dok. SMTown via Youtube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Promotor konser EXO Planet #5 ExplOration di Jakarta November mendatang buka suara terkait kekisruhan tiket yang ludes terjual oleh para penggemar boyband tersebut, EXO-L.

Presiden direktur promotor Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh kemudian buka suara terkait tudingan kecurangan penjual tiket yang digaungkan para penggemar EXO di media sosial.

"Saya Hendra Noor Saleh, Presdir PT Dyandra Promosindo, sub holding DGE, promotor EXO. Serem juga baca komen netizen," tulis Saleh lewat akun @hendra_ns membalas kicauan penggemar.


Saleh melanjutkan, "Saya hanya mau share faktanya, jual tiket EXO hanya lewat blibli dan Tiket.com. Karena memang demikian kerjasama bisnisnya."



Tudingan ada indikasi kecurangan penjualan tiket konser EXO berhembus kencang dan menghebohkan penggemar setelah unggahan akun @ya_noh mengunggah sejumlah tangkapan layar.

Tangkapan layar percakapan itu berisi dialog dengan orang yang mengaku kenal dengan pihak promotor sehingga mudah mendapatkan tiket.

"Lagi ya, gila pantesan sold out dalam beberapa detik, sebelum di jual pun tiket udh sold out," tulis @ya_noh.



Saat berkicau, akun @ya_noh juga menyebut akun Dyandra Global Entertainment yang merupakan bagian dari Dyandra Promosido.

Selain itu, ada pula penggemar yang membuat utas tentang dugaan kecurangan penjualan tiket konser EXO.

"1. Pihak penyalur tiket yaitu blibli ngetweet gini dan di point ke 5 bisa dilihat kalo kita bner bner ga dikasih tau kita dapet seat no brp jadi kita bru tau pas penukaran wristband dong hahhahah" kata akun shiningyoonoh.



"2. Nepotisme dalam penjualan tiket. Dan yang lebih parahnya lagi para tukang jastip yang udh well known dikalangan EXO L mereka beli tiket lewat jalur belakang dong hahahhaah cba kalian itung deh dia awalnya bilang udh fix dpt 500 trs nambah slot lagi ini bru 1 jastip gmn yg lain," lanjutnya.







Serangkaian kicauan ini jelas membuat kesal para penggemar yang kemudian menarik perhatian Saleh dan memberikan penjelasan yang panjang lewat serangkaian kicauan.

"Fakta ke-2, hanya dalam tempo sekian menit, seluruh tiket di ticketing partner, sudah masuk basket belanja. Dan esok harinya jam 9:30, dinyatakan sold out. Sekali lagi, tidak ada campur tangan Dyandra lagi," tulis Saleh.



"Fakta ke-3, bahwa ada penjualan di secondary market, dengan harga sekian atau puluhan kali lipat, ya sebuah mekanisme pasar yang tidak bisa dikontrol promotor manapun di dunia."



Saleh melanjutkan, "Fakta ke-3: 100% hoax jika ada isu yg menyatalan, pihak promotor/vendor tiket ngasih jatah tiket ke akun2 gede yg bikin jastip dan mereka diprioritaskan. Sekali lagi, kami hanya berhubungan @bliblidotcom dan @TiketCom Tidak ada diskriminasi, semua free market. Siapa cepat dia dapat."



Enggan Berkomentar 

Sementara itu, pihak Tiket.com enggan memberikan komentar soal kekisruhan tiket konser EXO ini. Co-founder dan Chief Marketing Officer Tiket.com, Gaery Undarsa, hanya memberikan keterangan singkat.

"Detailnya aku kurang tahu, belum berani kasih komentar karena ada kerja sama juga dengan pihak promotor," kata Gaery kepada awak media di Jakarta Convention Center, Rabu (10/10).

Ia menjelaskan promotor maupun artis memiliki peraturan masing-masing. Kemudian ia menegaskan bahwa posisi perusahaannya saat ini hanya sebagai penjual tiket.

Konser bertajuk EXOPlanet #5- EXplOration- telah digelar di berbagai kota di seluruh dunia, seperti Seoul tanggal 19-21 Juli dan 26-28 Juli. Boyband asuhan SM Entertainment ini bakal singgah ke Jakarta pada 23 November 2019 mendatang.

Tiket sudah dijual sejak Selasa (1/10) pukul 16:30 WIB. Beberapa kelas ditawarkan bagi penggemar EXO atau EXO-L yang hendak melihat idola mereka lebih dekat.

Kelas termahal adalah E-X-O yang merupakan kawasan festival dan berada di depan panggung utama dijual seharga Rp3 juta.

Sementara itu, untuk kelas festival L dan A yang berada di belakang kelas E-X-O dijual seharga Rp2,5 juta. Kelas festival P dan N yang berada di sisi kiri dan kanan penonton kelas E dan O diberi harga Rp1,65 juta.

EXO Planet #5 EXplOration merupakan tur dunia kelima EXO sejak debut. Tur ini dimulai di KSPO Dome, Seoul pada 19 Juli. Boyband yang bernaung di SM Entertainment ini juga mengunjungi Hong Kong, Filipina, Singapura, Thailand, Taiwan, dan Jepang. (adp, din/end)